Mobil Pedesaan AMMDes Bakal Jadi Proyek Mobil Listrik Nasional

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Belakangan ini ramai diberitakan bahwa Kementerian Perindustrian tengah terus mendorong pengembangan kendaraan pedesaan alias Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan, atau yang biasa disebut mobil pedesaan AMMDes.

Advertisement

Menariknya Om, baru-baru ini muncul wacana bahwa AMMDes pun tengah direncanakan ke arah proyek mobil listrik nasional.

Betul Om… AMMDes direncanakan bukan hanya untuk menjadi mobil bemesin bakar saja, namun juga untuk dijadikan sebagai program mobil listrik nasional. (Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin, Putu Juli Andika – DetikOto, 14/4/2019).

Tapi itu baru rencana Om… Sementara ini yang dikatakan telah memasuki tahap produksi sejak Maret 2019 kemarin baru AMMDes yang bermesin diesel konvensional saja… Sedangkan untuk mobil listrik nasional Indonesia, tahapannya baru menjadi guliran rencana. (Reiza Treistanto, Presiden Direktur PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI – produsen AMMDes – DetikOto, 14/4/2019).

Sementara itu, perkara mobil AMMDes Indonesia yang bermesin bakar konvensional, saat ini KMWI telah memiliki kapasitas produksi sebanyak 3000 unit/tahun, dan rencananya akan terus di tingkatkan hingga mencapai kapasitas 12.000 unit/tahun di tahun 2020 mendatang.

Advertisement

Target pemasaran AMMDes dibagi dalam dua cara, yaitu melalui jalur pemerintah, dan dengan penjualan langsung ke konsumen di pedesaan.

Pada jalur pemerintah, rencananya bulan ini KMWI akan mendaftarkan produk-produk tersebut ke dalam katalog elektronik alias e-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Sedangkan pada teknis penjualan langsung, KMWI telah memiliki PT Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD).

Target KMWI sebetulnya tidak muluk-muluk Om… Untuk tahap awal, mereka hanya menginginkan penjualan sebanyak 2 unit saja di setiap desa. Namun begitu, jumlah penjualannya akan menjadi banyak, mengingat ada 74.000 desa di Indonesia.

Artinya jika target itu tercapai, maka KMWI akan berhasil mengantongi 148.000 unit penjualan.

Yup… Jika melihat banyaknya jumlah desa yang ada di Indonesia, maka tampak gamblang tingginya potensi bagi kelangsungan hidup AMMDes.

Sebaliknya, bagi pedesaannya itu sendiri, AMMDes memiliki efek positif dalam hal mengurangi kesenjangan. Harapannya, AMMDes bisa menjadi salah satu faktor yang membuat masyarakat desa menjadi lebih sejahtera. (Mtb – Mobil pedesaan buatan Indonesia – Mobil pedesaan Kemenperin).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *