Meningkatkan Performa MX 135 dengan Cara Sederhana

Motorisblog.com – Om Bro…!! Seiring rilisnya Jupiter MX 150 dan MX King 150, versi 135cc pun dihentikan. Pamornya pun tampaknya mulai redup di kalangan umum… Tapi tidak demikian di kalangan penggemar setianya. Mereka tetap merawat, bahkan sebagian di antaranya ada yang berupaya meningkatkan performa MX 135 dengan caranya masing-masing.

Betul Om… Mesin 135cc berpendingin radiator ini konon mudah di oprek untuk dibuat lebih bedass performanya. Maka tak heran jika penggemar MX 135, utamanya yang suka modifikasi, tidak gampang puas dengan performa pabrikan.

Om Bro…!! Seperti kita sekalian tahu, cara mendongkrak performa mesin motor yang paling lazim dilakukan oleh kebanyakan orang ialah dengan melakukan bore up. Namun kita sekalian juga tahu bahwa cara bore up memiliki resiko tinggi jika terjadi kegagalan.yamaha new jupiter mx 135

Menurut salah satu mantan anggota Jupiter MX Club Indonesia Regional Bekasi, Budiono, ada cara yang lebih aman dalam rangka upgrade performa Jupiter MX 135, yaitu dengan mengganti busi, per & kampas kopling, noken as, dan knalpot. (Viva, 6/3/2019).

Busi menggunakan NGK G-Power Platinum seharga kurang dari Rp50.000. Tujuannya ialah supaya pembakaran lebih sempurna, sehingga power pun bertambah.

Selain mengganti busi, cara meningkatkan performa Jupiter MX 135 yang berikutnya ialah dengan mengganti per dan kampas kopling. Ada dua opsi yang bisa di aplikasikan, yakni menggunakan kampas kopling milik Honda GL untuk MX 135 lansiran 2009 ke atas, dan menggunakan milik Honda Karisma untuk MX 135 lansiran di bawah 2009.

Selain dua hal tersebut, noken as juga diganti pakai kepunyaan Vixion supaya bukaan klem dan RPM atas lebih tinggi. Kemudian pamungkasnya, ganti knalpot menggunakan model plong alias free flow.

Bisa juga memakai knalpot bobokan. Tapi untuk penggunaan knalpot bobokan, suaranya cenderung tidak halus.

Menurut Budi, cara ini sebetulnya tidak menghasilkan kenaikan performa yang signifikan, namun cukup mengangkat hingga 5% – 10% dibanding kondisi standar pabrikan. Dan yang terpenting adalah, cara ini relatif lebih aman dibanding melakukan ritual bore up alias memperbesar ukuran piston.

Demikianlah Om… Meskipun secara tampang Jupiter MX 135 identik dengan bebek, namun dia sering menjadi tambatan hati para penggemar motor bebek super lantaran mesinnya yang mudah di oprek. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: