honda monkey 2019 merah

Mengulik Fitur IMU Honda Monkey 2019 Indonesia

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Setelah beberapa kali ikut pameran, akhirnya PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi menjual Honda Monkey 2019 Indonesia. Menariknya,, motor mungil ini ternyata telah dilengkapi dengan fitur yang langka dan unik, yaitu Inertial Measurement Unit (IMU). Yaitu fitur yang sebelumnya hanya ada pada moge sport Honda CB1000R.

Advertisement

Lantas,, apa dan bagaimana sih cara kerja fitur IMU ini?? Kenapa motor kecil seperti Honda Monkey harus dibekali fitur selaiknya moge??

Nah,, itu pertanyaannya Om… Ketika Honda menjejali CB1000R dengan IMU,, langkah itu jelas menjadi keputusan yang patut. Secara CB1000R kan motor gede, tenaganya diluar takaran motor harian, jadi ya memang perlu diberikan fitur keamanan tambahan.

Lah kalo Honda Monkey,, apa perlunya fitur ini??

Begini jawabannya Om…

Secara bahasa yang sederhana, IMU adalah fitur yang mencegah ban belakang terangkat saat Om Bro melakukan hard breaking atawa rem mendadak. Teknis kerjanya, IMU di integrasikan dengan modulator Anti-lock Breaking System (ABS).

Secara detail, ketika terjadi rem mendadak, IMU akan mendeteksi kesejajaran sumbu X dan sumbu Y pada motor… Kemudian jika IMU mendeteksi adanya ketidaksejajaran yang berpotensi membuat ban belakang terangkat, maka sistem akan meneruskan laporan pada ECU. Lantas dari laporan IMU itulah nantinya ABS akan mengatur ketahanan bobot supaya ban belakang tidak jadi terangkat.

Advertisement

Begitu kira-kira teori kerjanya secara bahasa yang sederhana…

Sampai disini, pertanyaan di atas tadi belum terjawab. Yaitu pertanyaan bahwa, “kenapa motor mungil seperti Honda Monkey perlu dibekali fitur IMU??”. Bukankah ia tidak memiliki power besar seperti moge 1000cc yang berpotensi membuat motor terjungkal??

Jawabannya begini Om…

Karena desain rangka dan bodinya yang mungil, maka jelas ground clearance Honda Monkey ini jadi rendah…

Selain kolong yang rendah, jarak sumbu roda (wheelbase) Honda Monkey pun pendek.

Selanjutnya karena dua hal tersebut di atas, maka Honda Monkey jadi memiliki kemungkinan mengalami roda belakang terangkat saat terjadi hentakan gegara rem mendadak.

Begetoh Om…

Honda Monkey dijual di Indonesia secara impor utuh (CBU) dengan harga Rp65 juta (on the road (OTR) DKI Jakarta). Motor mungil ini menjadi motor bermesin kecil dari Honda yang pertama menggunakan fitur IMU pada sistem keamanannya. (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *