Mengulik Detail Honda Genio Motor 2019: Benar-benar Beda Pisan Om…

Motorisblog.com – Om Bro…!! Kenapa di atas Mtb buat judul dengan kata Honda Genio Motor?? Soale di masa lalu, nama ini pernah dipakai untuk mobil Om… Iya pun sudah pada tahu bahwa kali ini nama ‘Genio’ digunakan untuk motor, tapi Mtb kira sih tidak ada salahnya jika Mtb tegaskan lagi,, supaya Om Bro sekalian tidak keliru antara mobil dan motor jika melakukan pencarian di internet.

Om Bro…!! Bahasan perkara Honda Genio sudah beberapa kali Mtb tuliskan di blog ini. Tapi dari semua itu belum ada yang sedetail tulisan kali ini…

Yup… Sebelumnya Mtb sudah ceritakan bahwa rangka dan mesin Honda Genio berbeda dari Vario 110, Beat atau pun Scoopy. ,,yang secara singkat, kapasitas murni mesin Genio lebih besar,, yaitu 109,5cc. Sementara Vario 110, Beat dan Scoopy hanya 108,2cc.

Terus,, perbedaan seperti apa yang ada pada rangka Genio dibanding Vario 110, Beat dan Scoopy??

Nanti kita ulas bersama-sama…

Jadi begini Om… Ceritanya hari ini Mtb mendatangi Dealer Honda di Kota Banjar,, namanya Netral Jaya Motor. Maksud utama sih mau ambil buku service kepunyaan Beat CW yang Mtb boyong beberapa minggu lalu. ,,iya sambil dalam hati punya niatan “ngintip” barangkali sudah ada unit display Genio dan ADV 150 yang baru-baru ini menggemparkan dunia persilatan roda dua tanah air. Dan,, syukurlah sudah ada unit Genio yang (kata pegawai dealer) baru datang hari ini pisan ke Banjar.

Sayangnya belum ada unit display ADV 150…

Tapi ngga apa… Kita cekidot bahas Genio duluan yang sudah ada dan berhasil Mtb ciduk beberapa jepretan gambarnya.

Begini review versi Mtb…

1. Rangka

Berhubung secara data mesin sudah pernah Mtb bahas di artikel terpisah, maka fokus utama yang Mtb ulik kali ini adalah sektor rangka.

Om Bro… Asli dahi Mtb mengernyit saat mengintip kolong Genio…

Loh,, kenapa??

Karena disana ternyata hanya ada standar tengah tok doang… Sama sekali tidak ada sambungan arm,, tidak ada sambungan antara rangka dan mesin seperti skutik Honda pada umumnya.

standar tengah honda genio 2019

Terus ada dimana sambungannya??

Ternyata Mtb temukan di atas mesin Om… Di kolong spakbor. Ini unik Om… Jadi klaim AHM bahwa Genio menggunakan rangka baru itu ternyata memang benar-benar baru. Bukan hanya sekedar perbedaan kecil saja dibanding rangka Vario, Beat dan Scoopy. Perbedaannya gamblang pisan…

rangka mesin kolong honda genio 2019

Selanjutnya perkara sambungan arm, AHM tetap mempertahankan model dua sambungan seperti yang lain. Ini model dari sejak Vario 110 generasi pertama yang terbukti berhasil mereduksi getaran mesin dengan baik sehingga motor terasa smooth. Hanya saja bedanya,, pada rangka Genio ada sambungan mati di antara dua sambungan hidup yang dijejali karet peredam getar. Dan satu hal yang Mtb sayangkan, las-lasan pada sambungan mati tersebut tampak kasar finishingnya… Tampak kurang rapi gitu Om…

2. Desain

Desain Genio tampaknya memang sengaja dibuat simpe Om… Tidak terlalu memunculkan kesan mewah seperti Scoopy. Sederhana… Tapi sambungan antar bodi plastiknya cukup baik. Rapat… Tidak seperti Beat dan Spacy punya Mtb yang tampak kurang presisi sambungan bodi plastiknya.

honda genio 2019

Kesederhanaan lain tampak juga pada corak stripingnya yang tampak simple pisan. Ngga neko-neko… Patutnya AHM memang sengaja mendesain striping Genio seperti ini demi memperkuat kesan retro yang di usungnya.

3. Fan Cover (Cover Kipas Pendingin)

Detail bagian ini juga berbeda dari Beat dan Spacy. Bentuk lubangnya kecil-kecil sejajar.

knalpot fan cover honda genio 2019

Sebenarnya perkara fan cover ini tidak begitu penting sih… Fungsinya tetap sama dengan skutik-skutik lain,, tidak ada yang istimewa. Hanya penampakan detailnya saja yang berbeda.

4. Penampakan Area Mesin dan Kolong

Perkara ukuran fisik mesin sebenarnya masih sama dengan skutik 110cc Honda yang lain. Namun karena posisi sambungan rangka berada di atas mesin, maka penampakannya jadi lain… Bahwa kolong spakbor di atas mesin tampak lebih padat, sementara kolong di bawah mesin jadi lebih bersih. Patutnya membuat kolong motor jadi lebih mudah dicuci saat musim hujan.

5. Knalpot

Tampaknya ukuran lingkar tabung bagian belakang knalpot Genio rada lebih kecil dibanding Beat dan Spacy. Detail kecil seperti ini saja telah memperkuat bukti bahwa Genio memang membawa banyak pembeda dibanding skutik-skutik Honda yang lain.

6. Dek Lebih Lega

Kalo Mtb mengingat dek Spacy, Mtb suka sedih Om… Jadi,, Spacy dan Vario 125-150 itu memang di set untuk punya jok panjang dan lebar. Akibatnya ruang pijakan kaki pengendara jadi terpangkas,, jadi sempit. Bahkan lebih sempit dari Beat.

dek honda genio 2019

Sebaliknya, Genio memberi keleluasaan ruang gerak bagi kaki pengendara. Ruang deknya (jarak antara bodi depan dan bodi belakang) lebih lega dibanding Beat dan Vario.

7. Kunci Kontak dan Saklar-saklar

Meski di desain sederhana menggunakan shutter key dengan penutup manual,, tapi Genio sudah memberikan kepraktisan dalam hal membuka bagasi. Iya Om… Kunci pembuka jok Genio menyatu dengan kunci kontak. Jadi tinggal putar kunci ke arah ‘seat’, terus tekan saja tombol pembuka jok disamping lubang kunci tersebut.

stang honda genio 2019

Penempatan saklar-saklar tetap seperti biasa. Pada stang kanan ada tombol starter,, sedangkan di stang kiri ada sklar lampu jauh-dekat, tombol klakson dan saklar sein.

Satu yang menjadi perhatian Mtb disini bahwa tombol klakson Genio lebih mencuat Om,, lebih muncul. Jadi patutnya enak pisan di pencetnya saat Om Bro hendak membunyikan klakson.

8. Bagasi dan Console Box (Rak Depan)

Bagasinya standar lah ya Om… Cukup lega… Bentuk ruangnya rada mendatar,, tidak seperti Beat yang kecil tapi dalam.

bagasi honda genio 2019

Rak depannya Mtb suka Om… Raknya dalam… Lebih dalam dibanding rak Beat. Jadi patutnya rak Genio lebih aman untuk membawa sesuatu barang. Tidak takut barang terlempar jatuh saat Om Bro melalui jalanan buruk atau pun jika tanpa sengaja Om Bro menghajar lubang jalanan.

9. Stang dan Panelmeter

Stangnya dibuat semi retro. Ke sisi kiri-kanan telanjang dengan ikatan dudukan spion yang menempel di kedua sisi, tapi bagian tengahnya tercover panelmeter berbentuk bulat.

Sayangnya tadi unit display yang Mtb ciduk belum dipasang aki,, jadi Mtb tidak bisa nyalakan dan mengintip isi panelmeternya.

10. Desain Lampu Sein

Sein belakang menyatu pada bodi buritan, namun dengan penempatan terpisah dari lampu belakang (lampu rem). Demikian juga dengan sein depan,, penempatannya terpisah dari headlamp dan posisinya agak menjorok ke atas.

honda genio 2019

11. Spakbor

Model spakbornya di buat dengan aura retro,, yakni lebar, cembung dan simple tanpa lekuk-lekuk tajam.

12. Velg dan Ban

Sayangnya Ban Genio dibuat standar pisan Om… Ukurannya 80/90-14 (depan) dan 90/90-14 (belakang). Sama dengan Beat, Spacy dan Vario 110. Tidak dibuat lebar seperti Scoopy… Jadi aura retro-nya tampak kurang kental…

Hal yang menarik disini adalah bahwa pada velg Genio,, ada tulisan ‘For Tubeless’,, padahal ban Genio secara standar pabrikan masih menggunaka ban dalam. Ini artinya bahwa velg tersebut sudah sangat cocok jika sewaktu-waktu nanti Om Bro ingin beralih menggunakan ban tubeless.

honda genio 2019 velg khusus ban tubeless

13. Rem

Rem depan Genio mengunakan tipe cakram single piston dari merk Tekico… Tapi disini Mtb kehilangan satu fitur nih Om… Mtb pelototin dan jajalin bolak-balik,, sepertinya Genio tidak dibekali fitur pengunci rem belakang selaiknya skutik-skutik Honda yang lain. Disitu memang ada tuas seperti pengunci rem belakang,, tapi pas Mtb jajalin kok ya ngga ngunci?? Mtb sampai bertanya pada (semacam) SPG atau customer service disitu,, namun dia pun tidak bisa menjelaskannya…

Entah nih,, entah memang tidak ada pengunci rem belakang atau Mtb yang katro… Kalo ada dari Om Bro yang tahu, monggo di share di kolom komentar ya Om…

14. Socket Charger

Ada yang tidak lazim pada fitur ini… Mungkin sih Genio bukan satu-satunya,, tapi Mtb rasa kok ya ngga praktis socket charger dijejalkan pada ruang bagasi… Artinya selama HP di cas, jelas kita jadi tidak bisa menggunakannya. Lah wong adanya di dalam bagasi sih ya…??

Selain itu, meskipun pihak Honda telah menyatakan ‘aman’, tapi ko hati Mtb ragu yaa… Pasalnya,, posisi bagasi kan berada di atas mesin tuh Om… Jelas suhu dalam bagasi akan jadi panas saat kita berkendara. Jadi ya,, seberapa amankah HP kita saat di cas pada kondisi seperti itu??

Tapi selain itu sih posisi HP di cas dalam bagasi ada baiknya juga Om… Kita jadi fokus berkendara karena tidak bisa dengan mudah membuka chat atau SMS dan menerima panggilan telepon. Efek baiknya kita jadi tidak meningkatkan resiko kecelakaan dan resiko di tilang oleh polisi.

15. Detail / Fitur tambahan

Pada dudukan plat nomor depan, ada besi penyangganya. Jadi Om Bro tidak perlu memasang aksesoris tambahan demi mempercantik tampilan motor.

16. Push-pull Throttle

Model tali gasnya sudah pakai dua kabel Om… Dengan begini,, buka-tutup gas jadi lebih responsif. Berbeda dengan model satu kabel yang lama-kelamaan bisa nyangkut / macet saat kita menutup putaran gas tangan.

grip gas honda genio 2019

Iya Om… Dengan dua kabel seperti ini,, mau membuka atau pun menutup gas,, keduanya dilakukan menggunakan daya tarikan kabel ke throttle. Berbeda dengan model satu gas dimana penutupan gas hanya mengandalkan daya pegas dari per yang ada pada throttle. Karena itulah lama kelamaan ada resiko gas “mbandang” saat ditutup. Soale seiring usia,, per pada throttle pun akan mengalami penurunan daya pegas. Selain itu, seiring waktu kabel gas pun dapat mengalami korosi sehingga berpotensi membuat kabel gas menjadi seret dan tersangkut di dalam.

Honda Genio 2019 Spesifikasi

Tipe Mesin
. 4-Langkah, SOHC, eSP

Sistem Suplai Bahan Bakar
. PGM-FI (Programmed Fuel Injection)

Diameter × Langkah
. 47 × 63,1 mm

Tipe Transmisi
. Automatic, V-Matic

Rasio Kompresi
. 10:1

Daya Maksimum
. 6,6 kW (9 PS)/7.500 rpm

Torsi Maksimum
. 9,3 Nm (0,95 kgf.m)/5.500 rpm

Tipe Starter
. Elektrik dan Kick Starter

Tipe Kopling
. Automatic Centrifugal Clutch Dry Type

Tipe Rangka
. Underbone – eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame)

Tipe Suspensi Depan
. Telescopic

Tipe Suspensi Belakang
. Swing Arm dengan Suspensi Tunggal

Ukuran Ban
. Depan 80/90-14 M/C Tubeless
. Belakang 90/90-14 M/C Tubeless

Rem Depan
. Cakram Hidrolik Piston Tunggal

Rem Belakang
. Tromol

Sistem Pengereman
. Combi Brake System (CBS)

Dimensi
. Panjang 186,9 cm
. Lebar 69,2 cm
. Tinggi 106,1 cm

Tinggi Tempat Duduk
. 74 cm

Jarak Sumbu Roda
. 125,6 cm

Jarak Terendah ke Tanah
. 14,7 cm

Berat Kendaraan (Curb Weight)
. 89 kg (Tipe CBS)
. 90 kg (Tipe CBS-ISS)

Kapasitas Tangki Bahan Bakar
. 4,2 liter

Kapasitas Minyak Pelumas
. 0,65 liter pada penggantian periodik

Tipe Baterai (Aki)
. MF 12V-3Ah (Tipe CBS)
. MF 12V-5 Ah (Tipe CBS-ISS)

Sistem Pengapian
. Full Transisterized

Tipe Busi
. NGK MR9C-9N

Akselerasi
. 0-200 meter 12,4 detik

Top Speed
. 94 km/jam

Konsumsi Bahan Bakar
. 59,1 km/liter (metoda ECE R40 – ISS on) – (248 km/4,2 liter)

Standar Emisi
. Euro 3

Honda Genio 2019 Harga

Genio ditawarkan dalam dua tipe, yaitu tipe CBS dan tipe CBS-ISS.

Tipe CBS dibanderol Rp17,2 juta,, sedangkan tipe CBS-ISS di set pada harga Rp17,7 juta. Keduanya dengan status on the road (OTR) DKI Jakarta.

Honda Genio 2019 Warna

Genio disajikan dalam 11 pilihan warna. Untuk tipe CBS ada lima pilihan warna,, yaitu:
1. Smart White Blue
2. Smart Red
3. Smart Black
4. Smart Black Red
5. Smart Silver

Sedangkan untuk tipe CBS-ISS,, pilihan warnanya ada enam,, yaitu:
1. Trendy Black Red
2. Trendy White Blue
3. Trendy White Red
4. Trendy White
5. Trendy Black
6. Fabulous Matte Black
(Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: