Cara Menghindari Blind Spot Saat Berkendara

Motorisblog.com – Om Bro! Blind Spot adalah titik buta alias area yang tidak terlihat oleh pengemudi sehingga berpotensi menimbulkan resiko kecelakaan. Nah, untuk meminimalisir resiko kecelakaan tersebut, berikut ini cara menghindari Blind Spot saat berkendara.

Berkendara menggunakan sepeda motor memang menyenangkan karena lebih efisien, baik secara waktu maupun cost bahan bakar.

Ukuran body motor yang lebih kecil ketimbang mobil, membuatnya lebih lincah dan mudah untuk menyalip kendaraan lain. Namun dimensi yang kecil ini juga justru membuatnya beresiko tidak terlihat oleh pengemudi kendaraan lain yang lebih besar seperti Bus maupun Truk.

Apa yang Dimaksud dengan Blind Spot?

Seperti yang tadi sudah Mtb singgung, Blind Spot adalah “Titik Buta”. Artinya area yang tidak terlihat oleh pengemudi.

Jadi misale Om Bro mendapat pertanyaan tentang, “Apa itu blind spot Truk?”, maka artinya ialah area yang tidak terlihat oleh pengemudi truk. Seperti area belakang Truk, samping bawah pintu pengemudi, area depan bawah dan sebagainya.

Intinya area sekitar Truk yang terlalu dekat.

Nah, untuk menghindari resiko kecelakaan oleh kondisi seperti itu, kita harus memahami cara mengatasi Blind Spot, yaitu dengan menghindari Blind Spot area.

Cara Menghindari Blind Spot Saat Berkendara

  1. Pahami dan ketahui area blind spot kendaraan Om Bro dan kendaraan lain agar Om Bro dapat memprediksi bahaya
  2. Pastikan area blind spot kita secara visual dengan melihat ke kanan-kiri sebelum berubah arah atau lajur kendaraan
  3. Untuk kendaraan besar dapat memasang spion tambahan demi meminimasi area blind spot
  4. Fokuskan mata dan pendengaran saat berkendara untuk memaksimalkan kewaspadaan terhadap lalu lintas jalan
  5. Jangan mendengarkan musik dengan headset
  6. Jangan menggunakan knalpot bising
  7. Posisikan diri di luar area Blind Spot kendaraan lain
  8. Bunyikan klakson atau berikan lampu DIM untuk melakukan konfirmasi kepada pengguna jalan lain apabila Om Bro berada pada area Blind Spot kendaraan lain
  9. Segera keluar dari area Blind Spot
  10. Gunakan pelengkapan berkendara yang mudah terlihat, seperti helm berwarna terang, jaket berwarna terang dan lain-lain
  11. Selalu jaga jarak aman dengan kendaraan lain

Semakin besar suatu kendaraan, maka area titik butanya juga semakin luas. (Johanes Lucky, Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) – via Info Pers, 8/6/2021).

Hokeh. Demikianlah sekelumit sharing Mtb tentang cara berkendara motor yang baik saat harus menghindari Blind Spot. Semoga bermanfaat. (Mtb).

Tinggalkan komentar