Mendengarkan Musik Saat Berkendara Bisa Berakibat Fatal

Motorisblog.com – Om Bro…!! Meski mengasyikkan, mendengarkan musik saat berkendara dapat mengakibatkan kecelakaan,… …jika musiknya berlebihan. Entah dari temponya, atau pun dari volume suaranya.

Sebelum ini Mtb sudah pernah membahas perkara larangan mendengarkan musik saat berkendara menggunakan headset lantaran berpotensi membuyarkan konsentrasi. Utamanya jika lagu yang didengarkan bernada melow dan bahkan mengingatkan akan kenangan masa lalu Om Bro sekalian.

Pasal menggunakan headset saat berkendara ialah Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 Pasal 106, yaitu,

“setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya, dengan wajar dan penuh konsentrasi”.

So… dengerin musik di mobil jelas bisa membuyarkan konsentrasi.

Sama seperti musik mellow, …musik dengan tempo cepat juga dapat meningkatkan resiko kecelakaan.

Menurut Moneybarn, tempo musik yaang melebihi 120 ketukan permenit (2 ketukan perdetik) beresiko menimbulkan kecelakaan. Alasannya karena hasil penelitian mereka mengatakan bahwa musik yang cepat disertai volume yang keras akan membuat pengemudi menambah laju kendaraan dan cenderung melakukan pelanggaran lalu lintas.

Bahkan mereka sampai menyebutkan lagu-lagu cepat tersebut, diantaranya,

. Green Day – American Idiot
. Miley Cyrus – Party In The USA
. The Killers – Mr Brightside
. The Chainsmokers – Don’t Let Me Down
. Bruce Springsteen – Born to Run

Nah, itulah… musik dari ponsel atau pun radio yang di sambungkan ke sound system mobil memang bisa membantu mengusir bosan dan penat…. …utamanya ketika Om Bro terjebak kemacetan panjang. Namun harus Om Bro ingat agar jangan berlebihan supaya tidak menimbulkan kecelakaan. (Mtb – Mendengarkan musik saat berkendara).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *