busi ngk rekomendasi honda spacy fi

Memilih Busi yang Cocok untuk Harian Secara Online dari NGK

Motorisblog.com – Om Bro…!! Ada kalanya kita membeli kendaraan bekas karena suatu hal… Yang karenanya kita tidak memiliki buku pedoman pemilik yang mencakup informasi spesifikasi teknis kendaraan kita. Apalagi ditambah usia kendaraan yang sudah relatif tua, biasanya data-nya pun telah tidak ada lagi di situs resmi pabrikan, sehingga kita tidak tahu komponen pengantar pengapian apa yang seharusnya digunakan oleh mobil/motor tersebut. Karena itulah kali ini Mtb share cara memilih busi yang cocok untuk harian, yang sesuai dengan anjuran pabrikan kendaraan Om Bro masing-masing.

Cara ini sangat membantu lantaran mencakup juga pencarian busi yang cocok untuk mobil tua / motor tua… Jadi bukan hanya untuk kendaraan yang berusia muda saja. Nyatanya, saat Mtb jajal mencari busi untuk mobil Suzuki Carry lansiran tahun 1985 pun rekomendasinya muncul.

busi ngk rekomendasi suzuki 1000 1985

Om Bro…!! Banyak orang yang menganggap bahwa satu atau beberapa macam busi dapat digunakan untuk semua motor / mobil. Yang penting tampilan fisik dan ulirnya serupa. Padahal, akibat busi tidak cocok dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. (Sales and Marketing Manager PT NGK Busi Indonesia, Felix Ferdinand – Viva, 23/3/2019).

Betul Om… Salah satu tanda busi tidak cocok ialah konsumsi BBM yang menjadi lebih boros. Terjadinya karena setiap busi memiliki ulir dan dimensi berbeda. Bahkan perbedaan yang hanya 0,1 mm pun tetap tidak baik untuk pembakaran.

Iya sih sih mesin tetap dapat hidup meski busi motor tidak sesuai. Tapi pembakarannya tidak akan sempurna. Bisa saja bensin hasil pengabutan tidak terbakar habis, yang akhirnya akan menimbulkan kerak di ruang bakar. Jadi… Sebaiknya jangan memaksa memakai busi yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin.

Lalu, bagaimana cara untuk mencari busi yang sesuai spesifikasi…??

Cara yang pertama ialah dengan melihat di buku panduan manual (buku pedoman pemilik) kendaraan Om Bro masing-masing.

Jika sebelumnya Om Bro membeli kendaraan second sehingga tidak memiliki buku pedoman manualnya, Om Bro bisa mencari tahu data spesifikasinya melalui web resmi pabrikan kendaraan yang Om Bro miliki.

Namun jika karena usia kendaraan sudah relatif tua sehingga datanya sudah tidak ada lagi di web resmi, maka Om Bro bisa mencoba cara yang diberikan oleh NGK Busi Indonesia.

Betul Om… Jika Om Bro ingin menggunakan busi NGK pada kendaraan Om Bro, cari tahu saja busi yang direkomendasikan di web milik NGK. Berikut ini caranya:

Memilih Busi yang Cocok untuk Harian Secara Online dari NGK

1. Pertama buka browser ponsel / komputer / laptop. Kemudian masukkan alamat www.ngkbusi.com (Mtb jajal pakai browser Google Chrome versi Android di Samsung J2 Prime).

halaman web ngk busi

Setelah alamat web terbuka, selanjutnya pilih menu ‘Cari Part‘.

2. Akan muncul pilihan tombol ‘Mobil‘ dan ‘Motor‘. Silahkan Om Bro pilih, apakah busi mobil atau kah busi motor yang akan Om Bro cari. (Mtb jajal mencari busi motor Honda Spacy FI).

pilihan jenis kendaraan ngk busi

3. Pada halaman selanjutnya, sentuh / klik pada tombol menu dropdown ‘Pilih Produsen‘.

pilih merk kendaraan ngk busi

4. Akan muncul banyak merk yang telah terdata oleh web NGK. Silahkan Om Bro pilih salah satu merknya.

pilihan merk kendaraan ngk busi

5. Setelah merk dipilih, kemudian sentuh / klik pada tombol dropdown ‘Pilih Model‘.

pilih model kendaraan ngk busi

6. Akan muncul deretan model-model kendaraan dari merk yang telah Om Bro tentukan. Pilihlah salah satu model yang Om Bro kehendaki.

pilihan model kendaraan ngk busi

7. Setelah Om Bro memilih model kendaraannya, maka secara otomatis tampilah halaman akan memunculkan data ‘Busi Rekomendasi‘.

busi ngk rekomendasi honda spacy fi

Akan ada tiga macam rekomendasi busi yang muncul, yaitu busi standar (Nickel Alloy), NGK G-Power, dan NGK Iridium.

Demikianlah Om… Cara ini sangat membantu kita sebagai end user dalam memilih busi NGK yang cocok untuk kendaraan kita masing-masing.

Om Bro…!! Busi (spark plug) adalah komponen penting di dalam mesin bakar. Fungsinya sebagai pengantar pengapian mesin. Percikan apinya membakar bensin hasil kompresi piston.

Jenis busi harus sesuai dengan spesifikasi mesin… Karena jika tidak, posisi api akan kurang tepat lantaran dimensi yang tidak sesuai. Akibatnya, pembakaran mesin menjadi tidak sempurna. (Mtb – Akibat busi mobil tidak cocok – Busi tidak sesuai).

Spread the love

Tinggalkan komentar