Cara Membawa Barang di Motor Bebek, Matic dan Sport

Motorisblog.com – Om Bro! Untuk kemanan dan keselamatan berkendara, kita harus tahu cara membawa barang di motor bebek, matic atau sport.

Ada beberapa cara bawa barang pake motor. Metodenya berbeda-beda tergantung barang apa yang akan kita bawa dan jenis motor yang kita gunakan.

Cara Membawa Barang di Motor Bebek, Sport atau Matic

Pilih Motor yang Kuat Buat Angkut Barang

Yang paling kuat jelas motor kopling manual. Namun tidak ada halangan untuk Om Bro mengangkut barang menggunakan motor bebek maupun matic, asalkan beratnya sesuai dengan kapasitas beban motor matic maupun bebek yang akan Om Bro gunakan.

Pastikan Kondisi Motor Baik

Agar tidak merepotkan saat dalam perjalanan, pastikan motor Om Bro ada dalam kondisi prima. Jangan sampai saat membawa barang berat dan riskan seperti dispenser, telur, TV tabung, TV LED dan sebagainya, tiba-tiba motor mati mendadak atau tenaga ngempos sehingga tidak kuat nanjak.

Atur Posisi Barang dengan Baik

Atur posisi barang agar tidak mengganggu stang, siku maupun kaki Om Bro dan tidak mengganggu pengendara lain.

Jika barang yang akan Om Bro bawa tersebut berukuran besar, posisikan motor pada standar tengah saat mengikatnya. Agar posisi barang lebih tepat, tidak miring ke salah satu sisi dan Om Bro lebih mudah saat mengikatnya.

Gunakan Karet untuk Mengikat Barang

Agar ikatan kuat dan tidak mudah bergeser, gunakan tali pengikat yang lentur semisal tali berbahan karet. Utamanya jika Om Bro mengangkut barang terbuka tanpa kardus.

Perhatikan Dimensi dan Berat Barang

Sebaiknya jangan mengangkut barang berukuran besar yang melebihi lebar stang atau tinggi kepala pengendara. Karena barang besar dan berat seperti itu akan mengganggu keseimbangan manuver pengendara serta beresiko tersangkut ke kendaraan lain maupun portal jalan lingkungan.

Juga pastikan agar barang bawaan tidak menutupi lampu belakang alias lampu rem dan lampu sein, agar tidak mengganggu kewaspadaan pengendara lain di belakang kita.

Jika ukuran barangnya kecil dan Om Bro menggunakan motor matic, lebih baik masukkan barang ke dalam bagasi motor.

Jika sedikit agak besar, taruh barang pada dek depan atau gantungkan menggunakan kantong plastik atau tas khusus. Dengan begitu barang bawaan akan lebih mudah kita kontrol dari resiko jatuh selama dalam perjalanan.

Membawa Barang di Motor
Membawa Barang di Motor

Membuat Tempat Barang di Motor

Jika Om Bro menggunakan sepeda motor untuk rutin mengangkut barang, sebaiknya gunakan alat tambahan seperti backpack atau sadle bag atau semacamnya.

Jangan Sampai Overload

Hindari mengangkut banyak barang sambil membonceng orang. Karena kapasitas beban sepeda motor pada umumnya hanya sekira 120 kg – 130 kg saja, termasuk berat badan pengendara. Lebih dari itu, berkendara jadi tidak aman.

Jika memang barang bawaannya cukup banyak, lebih baik Om Bro bolak-balik untuk mengangkutnya dalam beberapa bagian.

Patuhi Peraturan Lalu Lintas

Tetap patuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas. Jangan lupa membawa helm, gunakan jaket, masker dan celana panjang. Baik itu Om Bro mengangkut barang menggunakan motor sport seperti Vixion, maupun menggunakan motor matic untuk bawa barang yang lebih ringan.

Dalam membawa barang menggunakan sepeda motor, kita harus memperhatikan keamanan dan keselamatan berkendara, baik bagi pengendara sendiri maupun bagi orang lain. (Yamaha Riding Academy (YRA) melalui Antonius Widiantoro, Manager Public Relation & YRA PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) – via Press Release, 30/6/2021).

(Mtb).

Tinggalkan komentar