Mau Kredit Mobil LCGC…?? Berikut Ini Besaran DP dan Angsurannya… (2019)

Motorisblog.com – Om Bro…!! Bagi kalangan ekonomi menengah, kredit mobil LCGC bisa menjadi pilihan ketika kita menginginkan kendaraan roda empat dalam kondisi baru.

Karena apa…??

Karena besaran angsurannya ada yang hanya Rp2 jutaan/bulan Om… Apa ngga ngiler tuh…?? Dengan nyicil Rp2 jutaan, Om Bro bisa mengangkut semua anggota keluarga tanpa kepanasan dan kehujanan.

Ah masa sih…??

Betul Om… Nih, Mtb punya simulasi kredit mobil LCGC secara singkat untuk Honda Brio Satya, Toyota Calya, Toyota Agya, dan Daihatsu Ayla. Kita mulai dari yang rada mahal dulu, nanti menurun ke yang paling murah…

Harga Kredit Mobil LCGC

Honda Brio Satya S Manual
. Harga Rp140 juta
. Uang Muka Rp32,555 juta
. Angsuran Rp3,3 juta/bulan × 5 tahun

Toyota Agya 1.0 G Manual
. Harga Rp136,15 juta
. Uang Muka Rp27,2 juta
. Angsuran Rp3,436 juta/bulan × 5 tahun

Toyota Calya 1.2 E STD Manual
. Harga Rp135,35 juta
. Uang Muka N/A
. Angsuran Rp3,417 juta/bulan × 5 tahun

Daihatsu Ayla 1.0 D Manual
. Harga Rp98,1 juta
. Uang Muka Rp20,22 juta
. Angsuran Rp2,2 juta/bulan × 5 tahun

Sumber:
Viva, 4/4/2019

Dari:
. Sales Honda Mobil (Nurul)
. Sales Toyota (Reza)
. Sales Daihatsu

Note:
Simulasi tersebut di atas di dapat dari area DKI Jakarta. Untuk wilayah lain bisa saja berbeda.

Om Bro…!! Meskipun lalu lintas di ibukota sudah sudah sedemikian macetnya, namun fakta dilapangan menunjukkan bahwa kemacetan tidak pernah menyurutkan niatan calon konsumen mobil. Mobil tetap menjadi keinginan banyak orang lantaran kapasitasnya yang muat lebih banyak orang dibanding sepeda motor.

Selain itu, mobil juga mampu melindungi pengendaranya dari panas dan hujan selama perjalanan.

Tapi pun begitu, tidak semua orang mampu membeli mobil… Entah secara kredit, apa lagi secara cash. Apa lagi jika bicara gaji UMK (Upah Minimum Kabupaten / Kota). Iya tentu, pekerja dan pengusaha kecil seperti Mtb tidaklah memenuhi syarat pengajuan kredit mobil.

Betul Om… Dari apa yang pernah Mtb alami saat kredit motor dulu, dan dari beberapa sumber yang Mtb ciduk tentang kredit mobil, syarat pengajuan kredit kendaraan ialah memiliki penghasilan sebesar tiga kali lipat dari nominal angsuran perbulan. Artinya jika kita hendak mengajukan kredit dengan angsuran Rp2 jutaan, maka penghasilan kita haruslah Rp6 jutaan perbulan.

Demikian jika kita hendak mengajukan kredit mobil dengan angsuran Rp3,5 jutaan, maka penghasilan kita haruslah sekira Rp10,5 juta/perbulan.

Begitu seterusnya…

Sedangkan jika kita bicara besaran UMK, di tahun ini yang tertinggi di wilayah Karawang pun hanya Rp4,2 jutaan. Apa lagi Jakarta yang malah hanya Rp3,95 jutaan…

Artinya, penghasilan kita yang hanya senominal UMK tentu tidak akan bisa digunakan untuk mengajukan kredit mobil, bahkan untuk unit Daihatsu Ayla sekali pun.

Tapi itu teori di atas kertas ya Om… Kenyataan dilapangan tidaklah seperti itu…

Iyaa… Kita tahu lah… Dengan beberapa cara akal-akalan, gaji UMK pun bisa mendapat kredit mobil. Yang penting asal nominal angsurannya masih di bawah nominal UMK. Tidak lebih…

Artinya, UMK DKI Jakarta dan sekitarnya dapat digunakan untuk mendapat fasilitas pembiayaan mobil. Apa lagi jika ada faktor lain yang mendukung, misale pejaminan, seperti jika Om Bro masih tinggal dengan orang tua, dan orang tua Om Bro siap menjadi penjamin dari kredit yang Om Bro ajukan.

Singkat cerita, itu teknis di lapangan. Tinggal pribadi Om Bro masing-masing… Tinggal pertimbangan Om Bro masing-masing… Seberapa urgent-kah kebutuhan Om Bro terhadap mobil…?? (Mtb).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *