uji tabrak crash test

Alasan Kenapa Material Bodi Mobil Jaman Now Tipis

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Sudah bukan rahasia lagi jika material bodi mobil jaman now tipis-tipis. Bahkan karena tipisnya, sudah sejak lama muncul istilah ‘mobil kaleng’ sebagai julukan bagi mereka yang punya body tipis.

Advertisement

Menurut daya nalar Mtb sendiri sih perkara bahan body mobil yang kini tipis-tipis masih ada kemiripan dengan dunia persilatan motor, dimana motor-motor jaman now lebih memperkaya fitur-fitur kekinian… yang jika menggunakan bahan material super, maka sudah barang tentu harga jualnya pun bakal menjulang tinggi.

Lah iya… untuk mengimbangi supaya harga tidak melejit, maka dikurangilah kualitas materialnya demi menekan cost produksi.

Seperti itu pula lah kira-kira yang terjadi pada bahan plat untuk body mobil… Hingga akhirnya muncul istilah ‘mobil kaleng’ bagi mobil-mobil dari brand Jepang. Terlebih sejak bertambah ketatnya persaingan bisnis otomotif roda empat yang dimulai dari mobil-mobil Low MPV hingga LCGC…

Alasan Material Bodi Mobil Jaman Now Tipis-tipis

Namun ternyata, ada suatu dasar yang menyebutkan bahwa tipisnya plat bodi mobil tidak serta-merta berarti mobil tidak aman. Bahkan ada suatu kelebihan khusus yang justru membuat plat tipis menjadi lebih baik ketimbang plat tebal. Misalnya saja pada crumple zone, dimana memang mengharuskan penggunaan plat tipis guna menyerap benturan ketika mobil menabrak atau pun bertabrakan.

Yang pada intinya bertujuan untuk memperkecil fatalitas akibat efek tabrakan, baik bagi pengemudi atau pun bagi korban yang tertabrak. Itulah mengapa banyak terjadi mobil yang begitu mudahnya ringsek di bagian crumple zone ketika terjadi tabrakan.

Bayangkan jika crumple zone dibangun menggunakan plat tebal,… memang si mobil tampak ngga ringsek, tapi resiko cidera parah justru lebih besar bagi pengemudi dan korban tertabrak. (Rokky Irvayandi, Executive Coordinator Domestic Marketing Division ADM – detikOto, 16/11/2018).

Advertisement

Selain untuk mengurangi fatalitas kecelakaan, bahan plat tipis juga punya bobot lebih ringan sehingga menguntungkan dalam hal penghematan bahan bakar dan rasio power terhadap bobot kendaraan.

Pamungkasnya… Mtb menyimpulkan bahwa perkembangan teknologi jaman now berbanding keinginan konsumen memang menuntut adanya mobil-mobil dengan harga terjangkau yang disertai fitur-fitur kekinian… termasuk pula fitur-fitur safety…

Contoh kecilnya sederhana saja… Om Bro bisa flash back ke masa lalu dimana airbag hanya terdapat pada mobil-mobil mewah tok doang. Nah… di jaman now, airbag juga sudah terdapat pada LCGC yang notabene mobil hemat. So… bagaimana pabrikan bisa memproduksi mobil berfitur lengkap dengan harga tetap terjangkau…??

Lah iya… salah satunya harus menekan cost produksi dengan mengurangi ketebalan plat bodi.

Jujur saja Mtb belum begitu banyak tahu tentang dunia persilatan mobil… tapi mungkin saja diluaran sana ada mobil-mobil premium dengan plat tebal yang punya crumple zone tetap aman. Namun pasti banderolnya pun tidaklah murah…

Pamungkasnya pisan… moggo dikoreksi jika ada yang salah dari isi tulisan ini. Mohon maklum saja lantaran Mtb masihlah sangat baru dalam bahasan otomotif roda empat. (Mtb).

Fungsi Grill Mobil: Bukan Sekedar Make Up

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *