kawasaki w175 2018

Masalah pada Kawasaki W175: 66 Unit Recall di Vietnam, Indonesia Aman

Motorisblog.com – Om Bro…!! Ada kabar yang menyebutkan bahwa ada masalah pada Kawasaki W175 yang membuat motor bergenre klasik itu harus ditarik kembali alias recall di Vietnam. Ngerinya,, musabab recall tersebut lantaran masalah di sektor mesin.

Betul Om… Diciduk dari media Zing.vn,, sekurang-kurangnya ada 66 unit Kawasaki W175 lansiran tahun 2018 yang di recall di Vietnam sejak 5 Agustus 2019. Musababnya ialah lantaran ada noise tidak normal di bagian kiri mesin saat motor melaju.

Bukan hanya noise saja,, pada kasus yang paling buruk, cam chain W175 Vietnam bisa slip sehingga menimbulkan kerusakan camshifting dan mesin.

Lah… Kenapa bisa sampai terjadi seperti itu??

Konon Kawasaki dianggap tidak menangani thermostat crankshaft dengan standar yang sesuai dengan persyaratan teknis saat proses produksi. Karenanya,, lama-kelamaan mur dapat menjadi longgar sehingga camchain slip dan mengarah pada defleksi camshaft.

Untuk menanggulangi masalah itu,, pihak Kawasaki akan memperbaiki atau pun mengganti komponen yang terkena dampak ketidak-normalan tersebut.

Untuk proses perbaikan itu sendiri membutuhkan waktu yang lumayan lama Om… Kabarnya hingga 6 jam waktu pengerjaan.

Sebagai tindak lanjut dari masalah W175 serta untuk memastikan keamanan dan memenuhi hak konsumen, pihak Register Vietnam menyarankan pada para pemilik W175 untuk segera membawa unit motor miliknya ke bengkel resmi Kawasaki guna diperiksa.

Lantas,, bagaimana dengan W175 di Indonesia?? Mengingat W175 yang dijual di Vietnam pun merupakan hasil produksi Kawasaki Indonesia…!!??

Sejauh pantauan Mtb, hingga saat ini pihak KMI mengatakan bahwa W175 versi pasar Indonesia dipastikan aman dari recall. (Michael C Tanadhi, Head & Sales Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) – DetikOto, 9/8/2019).

Bagaimana bisa aman??

Karena ternyata ada sedikit perbedaan spesifikasi antara W175 yang dijual di Vietnam dengan yang dijual di Indonesia Om…

Apa perbedaannya??

Begini… W175 yang di jual di Vietnam itu, distribusinya melalui Thailand. Nah,, saat transit di Thailand itulah unit W175 mendapat penambahan device, yaitu alat yang mencegah supaya bensin tidak berceceran ketika motor terjatuh. Tujuannya ialah untuk meminimalisir bahaya akibat bensin yang tertumpah tersebut.

Apa bahayanya??

Lah kalo ada percikan bunga api,, bisa meleduk Om…

Begetoh ceritanya… Yo wis,, pamungkasnya ya bersyukur aja karena W175 di Indonesia aman dari masalah. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: