Manfaat Rem ABS Pada Motor, Jumlah Kecelakaan Berkurang 27%

Motorisblog.com – Manfaat rem ABS pada motor – Om Bro…!! Menurut sebuah riset yang diselenggarakan oleh Bosch dan Universitas Indonesia, 72% kecelakaan lalu lintas di Indonesia melibatkan sepeda motor. Dan menurut riset itu, jumlahnya dapat ditekan hingga 27% apabila semua motor di Indonesia telah dilengkapi dengan teknologi Anti-lock Breaking System (ABS). (Managing Director Bosch Indonesia, Andrew Powell – DetikOto, 31/3/2019).

Yup… Begitulah salah satu kegunaan rem ABS pada motor. Karena dengan ABS, roda tidak akan mengunci meski Om Bro melakukan pengereman secara mendadak. Dengan begitu, motor akan tetap dapat dikendalikan sehingga tidak mudah tergelincir.

Keuntungan rem ABS adalah adanya sistem elektronik yang akan mendeteksi kecenderungan roda terkunci. Dia akan secara otomatis mengurangi tekanan rem dan memperkuatnya kembali secara berkala dalam bentuk denyutan yang rapat dan sangat cepat. Dengan demikian, roda pun tidak akan terkunci dari putarannya…

Keuntungan penggunaan rem ABS adalah kendaraan dapat tetap terkendali pada berbagai kondisi jalan dengan daya cengkeram yang berbeda-beda.

Betul Om… Kelebihan rem ABS motor adalah, kendaraan akan berhenti dengan aman tanpa terjadi sliding akibat roda terkunci.

Om Bro…!! Konon menurut riwayat yang Mtb ciduk dari beberapa sumber, teknologi ABS telah lebih dari 40 tahun berkontribusi di dunia persilatan otomotif.

Awalnya rem ABS hanya disematkan pada kendaraan roda empat saja…

Pada mobil, sistem ABS bermanfaat untuk menghindari flat spots yang diakibatkan oleh roda terkunci, yang dapat menyebabkan kendaraan tergelincir.

Pada perkembangannya, dunia persilatan otomotif menilai bahwa kendaraan roda dua pun membutuhkan teknologi ABS. Hal itu didasari atas tingginya angka kecelakaan yang melibatkan sepeda motor, sehingga pabrikan mengaplikasikan ABS sebagai salah satu upaya untuk mengurangi jumlah kecelakaan tersebut. (Mtb).

Tinggalkan komentar