Kunci Remote Vario 150 Hilang? Begini Cara Menanganinya…

Motorisblog.com – Kunci remote Vario 150 hilang – Om Bro…!! Semakin maju teknologi, maka semakin mahal pula harga yang harus dibayar. Seperti pula fitur keyless yang belakangan ini sangat populer dikalangan motor mid-end dan premium.

Om Bro… Tidak seperti kunci kontak konvensional yang jika hilang, kita bisa membuat duplikatnya atau mengganti dengan satu set part KW seharga puluhan ribu rupiah saja… remote keyless harus ditebus seharga ratusan ribu, bahkan jika menggati satu set bisa jutaan rupiah. Nah… hal inilah yang menjadi resiko bagi pengguna motor berfitur keyless semisal Suzuki GSX-R150, Honda All New PCX lokal atau pun Honda All New Vario 150.

Tapi jangan khawatir… resiko kunci remote Vario 150 hilang (dan motor lain dengan fitur serupa) tidaklah sedemikian menakutkannya. Pabrikan pun sudah mengantisipasi resiko tersebut dengan fungsi-fungsi tertentu.

Yang paling penting… para maling dibuat mumet dengan kunci keamanan model baru ini…

Om Bro…!! Seperti yang kita tahu, Honda Vario 150 Terbaru 2018 sudah dilengkapi dengan fitur keyless yang dinamakan Honda Smart Key. Kunci kontak menggunakan remote yang terintegrasi dengan answer Back system dan anti theft alarm.

Smart key sistem Vario diadopsi dari Honda PCX yang sudah lebih dulu menggunakannya. Tapi tidak sama persis…

Remote Honda PCX

Remote PCX menggunakan tiga tombol, sementara remote Vario hanya dua tombol. Jadi, ada satu tombol yang fungsinya diintegrasikan dengan tombol lainnya sehingga jadi lebih simple.

Bagaimana jika kunci remote Vario 150 hilang?

AHM memberikan dua remot pada saat pembelian Vario 150 / PCX. Nah… salah satunya itu yang harus disimpan baik-baik dirumah, sebagai cadangan.

Itu sederhananya…

Tapi yang dikhawatirkan adalah, bagaimana jika si remote hilang dalam perjalanan alias jatuh dijalan?

Sistem keamanan dari Vario dan PCX akan memblokir akses mesin sehingga mesin tidak dapat dihidupkan pada kondisi remote jauh dari motor. Jadi… apakah pada saat remote jatuh, itu mesin akan mati secara otomatis, atau, tetap hidup tapi tidak bisa di matikan?

Nah… ini yang akan kita bahas secara detail disini…

Om Bro… Dari beberapa sumber yang Mtb dapat, ketika remote jatuh dijalan, itu mesin akan tetap hidup.

Tapi…

…akan ada indikator peringatan pada panelmeter yang memberitahukan bahwa sensor remote di luar jangkauan. Jadi, seketika indikator tersebut menyala, sebisa mungkin temukan remotenya.

Bagaimana jika remote tidak bisa ditemukan?

Coba miscall, barangkali ada disekitar situ.

Wkwkwkwk…!! Ini remote, uuyyy…!! Bukan hape…

Om Bro jangan matikan mesin. Jika remote tidak bisa ditemukan, putar balik motor, pulang, ambil remote cadangannya. Karena kalau mesin dimatikan, maka Om Bro malah bakalan repot lantaran mesin tidak akan bisa hidup tanpa remotnya.

Disinilah sistem keamanan keyless Vario / PCX bekerja dengan sangat baik…

…tanpa remote, mesin tidak akan menyala mesik Om Bro jumper, di runut kabel-kabelnya bahkan pun di obrak-abrik kelistrikannya.

Tetap tidak akan bisa hidup itu mesin…

Kenapa?

Karena ada kode khusus yang terintegrasi antara remote dan ECU. Keduanya terhubung dan menjadi kunci hidup dan matinya ECU, yakni ketika sensor remote dalam jangkauan yang hanya satu meter radiusnya.

So… remote harus mendekati motor untuk dapat menghidupkan pengapian.

Jadi, disini sistem scurity-nya pakai komputasi… Jika pun akan dibobol, maka (kemungkinan) yang bisa membobolnya adalah hacker yang sekaligus ahli kelistrikan juga.

Tidak akan bisa dibobol oleh orang yang hanya jago kelistrikan tanpa keahlian hacking.

Begitu kira-kira…

Lantas, bagaimana jika (misalnya) kedua remote hilang (atau rusak)?

Bisa… Om Bro derek motornya, bawa ke AHASS dengan membawa kode khusus yang diberikan pada saat pembelian si motor. Disini AHASS akan memberikan remote baru dengan program yang disesuaikan dengan kode motor Om Bro sekalian.

Bagaimana jika remotenya hilang lagi dua-duanya?

Buset, dah… kebangetan amat, ilang mulu…? Wkwkwkwk…!!

Tapi jika pun iya, Om Bro bisa membeli remote baru dengan kode yang sama hingga 4 kali. Berarti 8 remote. Lebih dari itu, Om Bro harus mengganti perangkat tersebut satu set yang (menurut Lek Iwanbnaran) harganya mencapai Rp5 jutaan.

Itu satu set…

Kalau hanya remotenya, Mtb tidak mendapat informasi yang akurat. Hanya saja, ada sumber yang menyebutkan bahwa remote keyless Suzuki GSX-R150 harganya Rp700 ribuan… (Mtb – Kunci remote Vario 150 hilang).

4 tanggapan untuk “Kunci Remote Vario 150 Hilang? Begini Cara Menanganinya…

  • 20 Desember 2018 pada 20:25
    Permalink

    Jika remote vario 150 2018 hilang ,dan tidak ada barcode nya..
    Apakah masih mau ahas memberikan remote baru tampa di ketahui kode barcode nya..
    Atau beli remote satu set

    Balas
    • 20 Desember 2018 pada 20:48
      Permalink

      Sejauh yang saya tau, kalo ngga ada barcode maka bengkel ngga bisa kasih remote baru. Bukan ngga mau, tapi karena ngga tau programnya.

      Tanpa kode tersebut, bengkel ngga tau seperti apa program remote yang hilang. Kode itu yang mensinkronkan antara remote dengan ECU keyless.

      Ibarat belanja di minimarket/supermarket, kalo mau beli produk A ya barcode yang di scan harus produk A.

      Ketika yang di scan oleh kasir adalah produk B, maka data yang keluar pun akan beda dengan produk A. Ngga sinkron.

      Itu standar dasarnya. Untuk lebih jelasnya, coba tanyakan langsung ke AHASS.

      Balas
  • 27 Desember 2018 pada 19:43
    Permalink

    Bos, brsn smartkey Vario sy kan ilang, sy sdh berusaha blk ke tempat yg sy rasa ilang nya disitu, tanpa mematikan mesin, tp gak ketemu.. trz sy plg aja, toh sy msh pny smartkey cadangan di rumah.
    Yang jd pertanyaan sy, apakah bs kode smartkey cadangan sy dirubah, soalnya antisipasi aja, takutnya kalo smartkey sy yg hlg, ditemukan org yg kemungkinan nanti pny niat jahat.
    Terima kasih πŸ™πŸ™

    Balas
    • 27 Desember 2018 pada 20:03
      Permalink

      Sejauh yang saya tau, kode remote tidak bisa di ubah, kecuali ganti satu set. Tapi kalo ganti satu set harganya mahal banget. Bisa sampe 5 jutaan.

      Kalau soal resiko pencurian, saya rasa hilangnya remote sama dengan kunci kontak biasa yang hilang. Artinya, seseorang yang menemukan kunci kontak atau pun remote keyless itu tidak tahu unit motornya yang mana.

      Balas

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: