pertamax campur premium untuk motor injeksi

Kualitas BBM Pertamina Tidak Sesuai dengan Harganya??

Motorisblog.com – Om Bro…!! Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) mengatakan bahwa kualitas BBM Pertamina menjadi yang paling rendah, namun harganya justru menjadi yang paling tinggi. (Ahmad Safrudin, Direktur Eksekutif KPBB – Kompas, 21/8/2019).

Betul Om… KPBB mengatakan bahwa pemerintah Indonesia harus melakukan reformulasi bahan bakar produksi Pertamina. Hal itu berkaitan dengan harga BBM Pertamina 2019 untuk jenis Premium yang dianggap terlalu mahal dibanding negara-negara lain. Misale saja Malaysia, dimana disana harga bensin setara Pertamax Turbo yang berstandar Euro 4 dijual hanya seharga RM2,1,, atau setara dengan Rp7 ribuan saja… (asumsi kurs Rp3.400/Ringgit Malaysia).

Sementara disini, kisaran harga Rp7 ribuan hanya dapat bahan bakar Premium – Pertalite yang hanya berstandar Euro 1 dengan RON 88-90.

Iya Om… Kabarnya, Malaysia, Australia dan Amerika telah menetapkan bahan bakar RON 95 yang berstandar Euro 4 dan Euro 6 sebagai batas minimal… Sementara di negara-negara Uni Eropa, India, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam, standar minimal oktannya adalah 91.

Terus,, apa sih perbedaan antara BBM RON 91-95 dengan RON 88-90??

Konon katanya Om,, bensin kita yang punya RON 88 dan 90 (Premium dan Pertalite) punya kandungan belerang hingga 500 ppm (500 particle per million)… Sementara di negara-negara lain di atas, kandungan belerangnya hanya di antara 10 ppm hingga 150 ppm saja.

Dengan kata lain, BBM di negara-negara lain di atas jauh lebih bersih dibanding Premium dan Pertalite yang ada di Indonesia.

Dari hasil riset yang demikian itu, KPBB menganggap bahwa Pemerintah Indonesia tidak transparan dalam menetapkan harga BBM bersubsidi. Bahkan KPBB merasa ada indikasi bahwa subsidi BBM tidaklah untuk rakyat, melainkan untuk memperbesar profit margin PT Pertamina atau bahkan memperkaya mereka yang terlibat perdagangan BBM. (Mtb).

Makasih udah singgah... Jika bermanfaat, monggo di share ke sosmed Om Bro masing-masing...

Tinggalkan komentar