Motor bekas

Kredit Motor Murah Tanpa DP Tidak Tersedia di Semua Leasing

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Jika dulu-dulu kredit motor murah tanpa DP hanya menjadi wacana dan pemanis strategi marketing saja, nantinya hal itu bisa menjadi kenyataan… …kenyataan yang benar-benar real, tanpa rekayasa, …tanpa tipu daya marketing. Bukan hanya judul DP nol persen tapi ada syarat & ketentuan ini-itu.

Advertisement

Yup… Baru-baru ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) disebut-sebut akan mengijinkan kebijakan uang muka nol persen bagi pembelian kendaraan bermotor.

Tapi tentu saja tidak semua leasing punya fasilitas DP nol persen tersebut. Hanya perusahaan-perusahaan pembiayaan yang punya kualitas bagus saja yang bisa… …yaitu leasing yang punya tingkat Non Performing Finance (NPF) lebih kecil atau sama dengan 1%… serta kondisi keuangan perusahaannya sehat.

…pasalnya, tidak semua kredit bisa berjalan dengan lancar…

Nah,… atas dasar ketentuan tersebut, maka bagi konsumennya pun, tidak semua dari Om Bro sekalian bisa mendapatkan kredit motor tanpa DP.

Kenapa…??

Karena leasing pun tentu akan melihat dengan teliti akan latar belakang konsumennya…

Lah iya… Mtb pernah sharing dengan orang yang memang tidak punya itikad baik… dia sengaja mengajukan kredit motor dengan uang muka yang sangat rendah, untuk kemudian angsuran tiap bulannya tidak dibayarkan.

Hingga pada akhirnya si motor di tarik kembali oleh leasing setelah 3 bulan menunggak angsuran.

Ketika Mtb tanya, dia dengan seakan tanpa beban mengatakan, “biarin aja… itung-itung sewa motor sekian ratus ribu untuk 3 bulan. Lumayan jadi punya transportasi lebaran…”

Lahh… bener-bener tuh orang.

Dan sialnya, orang-orang seperti ini jika sudah di blacklist oleh BI checking biasanya tidak akan merasa malu meminjam nama orang lain (misalnya teman atau saudara) untuk mengulang kembali perbuatannya.

Itu yang masih pakai DP lho ya… bagaimana jika sampai DP nol…?? Dan Mtb yakin, kondisi kredit macet seperti kisah di atas itu bukan hanya satu-dua kasus.

Maka dari itu,… leasing yang punya fasilitas DP nol persen pun pastinya tidak akan bisa meluluskan semua pengajuan. Pastinya akan selektif… Meskipun secara potensi laba usaha, semakin kecil uang muka, maka semakin besar pula bunga kreditnya.

Advertisement

Pertimbangan lain yang juga harus diperhitungkan matang-matang oleh leasing dan konsumen adalah bahwa sifat kendaraan bermotor itu bertolak belakang dengan properti.

Lah iya… kalau rumah (dan tanah) semakin lama makin mahal… tidak ada depresiasi… …sementara kendaraan…?? Jangankan hitungan bulan atau bahkan tahun… lah wong asal sudah keluar dari dealer saja statusnya sudah second dan harga jualnya sudah anjlok. Jadi, dalam hal kredit kendaraan, adanya kedit macet benar-benar sangat merugikan semua pihak.

Bahkan efek dari banyaknya kredit macet pun dapat berimbas pada blacklist-nya suatu wilayah tertentu dalam dunia persilatan kredit. Lah iya… Mtb termasuk yang menjadi salah satu korban backlist leasing akibat perbuatan yang dilakukan oleh orang lain di wilayah Mtb.

Om Bro…!! Sekedar informasi tambahan,… sebelum berdengungnya wacana DP nol persen, sebelumnya OJK telah mengeluarkan surat edaran No.47/SEOJK.05/2016 yang mengatur besaran uang muka pembiayaan kendaraan bermotor bagi perusahaan pembiayaan syariah maupun konvensional sebesar 5%-25%.

Nah, angka 5% saja Mtb kira sudah terlalu kecil sehingga sering menimbulkan kredit macet. Apa lagi jika jadi 0%…??

Iya lah… Mtb ngga munafik. Mtb juga bakalan bergairah pisan kalo di kasih kredit tanpa uang muka. Tapi buat apa, jika pada akhirnya bakal menimbulkan masalah dalam jangka panjang…??

Pamungkasnya… Kita kembalikan saja pada mereka-mereka yang berwenang. Jika pun pada akhirnya wacana tersebut terealisasikan, semoga saja mereka pemerintah dan para leasing sudah punya langkah antisipasi yang tepat dalam menangani kredit macet. (Mtb – Kredit motor murah tanpa DP).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *