Kontes Safety Riding Honda Indonesia digelar dalam Bentuk Video Pendek

Motorisblog.com – Om Bro…!! PT AHM menggelar kembali acara kontes safety riding Honda Indonesia… Kali ini, kontesnya dikemas dalam bentuk video pendek yang di upload ke channel Youtube dan IGTV masing-masing peserta dengan syarat tertentu.

Yup… Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) bekerja sama dengan Astra Motor Jawa Tengah, menggelar kompetisi video pendek tentang ‘Keselamatan Berkendara’ bagi siswa SLTA dan Mahasiswa. Kompetisi ini dibuat dengan tujuan agar mereka para peserta nantinya dapat menularkan kesadaran keselamatan berkendara pada masyarakat secara luas, khususnya di Jawa Tengah.

Dalam pembukaan kontes, YAHM membekali 250 orang generasi muda Solo dengan materi safety riding Honda yang dijadikan sebagai bahan kontes. Lokasi pembukaan kontes diadakan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta (24/10/2019).

Kompetisi safety riding Astra Honda Motor melalui film pendek ini merupakan upaya berkesinambungan YAHM dalam menyebarkan kesadaran aman berkendara di kalangan generasi muda. Dalam kompetisi ini, para peserta ditantang membuat film pendek berdurasi 3-5 menit yang isinya memberi pesan kepedulian terhadap perilaku taat berkendara di jalan raya.

Tahun ini, YAHM mengangkat tema besar berdasarkan kearifan lokan dengan tajuk ‘Alon-Alon Waton Move On’. Menarik Om… Tajuknya terdiri dari perpaduan antara Bahasa Jawa dengan Bahasa Inggris, yang dapat diartikan sebagai ‘Biar pelan asal selamat’. Yang maksudnya lagi ialah supaya para pemotor selalu waspada saat berkendara.

Dengan tema ini, para peserta didorong untuk melibatkan kearifan lokal dalam video pendek yang mereka buat. Selanjutnya, film pendek yang sudah diproduksi tersebut wajib di upload ke channel Youtube dan IGTV masing-masing peserta. Tentunya dengan mencantumkan @sahabat1hati serta diberi hastag:

#cari_aman
#roadsafetycampaign
#shortmoviecontest
#sahabat1hati
#yayasanahm
#iainsurakarta
#alonalonwatonmoveon

Dari hasil kompetisi ini, daftar pemenang diumumkan di IAIN Surakarta pada 28 November 2019.

Meski diadakan di Solo, lomba film pendek tentang keselamatan berkendara ini berskala nasional. Pesertanya berasal siswa setingkat SLTA dan mahasiswa perguruan tinggi.

Untuk para pemenang, YAHM menyediakan hadiah senilai jutaan rupiah…

Dipilihnya generasi muda pada ajang Short Movie Contest Keselamatan berkendara ini adalah karena generasi muda dinilai memiliki peran besar dalam menyebar luaskan pesan-pesan positif ke masyarakat. Generasi muda dapat memberi dampak besar pada perubahan ke arah yang lebih baik lantaran bahasa, cara berfikir dan metode video yang mereka buat pun sesuai ciri khas kekinian.

Selain gaya kekinian generasi muda, faktor kearifan lokal pun punya nilai besar untuk diteladani. Karena itulah YAHM terus menggali nilai-nilai kearifan lokal dari berbagai daerah untuk menyebarkan kampanye keselamatan berkendara. (Ahmad Muhibbudin, Wakil Ketua Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) – via press release (25/10/2019)).

Pada kompetisi ini, para peserta juga berkesempatan untuk memahami lebih dalam tentang keselamatan berkendara… Baik itu secara teori atau pun dalam praktek sehari-hari secara langsung.

Sebelum kontes dimulai, para peserta terlebih dahulu diberi penjelasan secara komprehensif mengenai tehnik berkendara motor yang aman dan nyaman. Mereka juga berkesempatan untuk mencoba praktek langsung dengan riding gear lengkap dalam berkendara motor yang baik dan benar.

ahm short movie contest 2019 penyuluhan safety riding

Bukan hanya itu, para peserta juga dapat mencoba alat simulasi berteknologi canggih milik Honda Riding Trainer (HRT). Dengan alat ini, peserta dapat merasakan sensasi berkendara menggunakan berbagai jenis kendaraan di berbagai kondisi jalan.

ahm short movie contest 2019 simulator honda riding trainer hrt

Masih ada lagi, para peserta juga diberi pengetahuan tentang cara membuat video singkat yang kreatif dan kuat secara pesan. Semua ilmu tersebut diberikan oleh Hananta Kusuma Wardhana… Yaitu seorang yang sukses membuat video untuk Asia Society Museum New York.

ahm short movie contest 2019 pengarahan cara membuat film pendek

Selain Hananta Kusuma, sesi pembukaan kontes juga dihadiri oleh Dimas Dwi… Yaitu seorang yang karya videonya tentang Gamelan Indonesia, pernah masuk nominasi video terbaik dalam program yang diadakan oleh UNESCO.

Pamungkasnya, pembukaan Short Movie Contest Keselamatan Berkendara juga dihadiri oleh Prof. Dr. Usman MAg (Wakil Rektor IAIN Surakarta) dan Dr. Toto Suharto M. Ag (Dekan Fakultas Adab dan Bahasa IAIN Surakarta). (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: