Konsumsi Xmax 250, Ternyata Tidak Jauh Berbeda dengan Maxi 150cc

Motorisblog.com – Konsumsi Xmax 250. Om Bro…!! Pertarungan dikelas maxi skutik 250cc tengah memanas setelah rilisnya Honda Forza 250 diajang pameran GIIAS 2018 lalu. Banyak bikers yang berbondong-bondong mencari informasi dan berbagai review untuk Forza dan Xmax, salah satunya adalah dalam urusan konsumsi BBM.

Sebenarnya, kalau sudah bicara perkara motor premium, mestinya urusan konsumsi bahan bakar sudah tidak lagi menjadi bahan pertimbangan.

Lah, orang, udah bisa beli motor mahal ko masa iya masih ngitung konsumsi bensin? Betul?

Tapi untuk sekedar tahu, ngga masalah. Karena ternyata, konsumsi Xmax 250 tidak jauh berbeda dengan maxi skutik 150cc.

What…??? Ko bisa…? Padahal kubikasi mesinnya beda jauh… Padahal bobot kedaraannya beda jauh…

Ulasan berikut ini hasil review dari Wak Haji tmcblog yang menguji konsumsi Xmax 250 sekaligus menempuh perjalanan menuju dan pulang dari lokasi GIIAS 2018.

Wak Haji menggunakan Yamaha Xmax lansiran 2017 dengan patokan pada MID yang tersedia di unit motor. Tentunya setelah semua variabel yang dibutuhkan, direset ke posisi nol kembali, diantaranya trip meter, average fuel consumption meter dan average speed.

Perjalanan dimulai pada jam 10 pagi dari Bogor melalui rute Selabenda, Ciseeng, Gunung Sindur, Puspitek, Sepong dan sampai lokasi GIIAS 2018. Sementara pada perjalanan pulang, rute yang Wak Haji ambil, lebih jauh sekira 3 km dibanding rute berangkat, yaitu dari lokasi GIIAS, Serpong, Puspitek, Gunung Sindur, Parung, Salabenda dan pada jam 22 sampailah di Bogor.

Dari perjalanan tersebut, MID Yamaha Xmax 250 menunjukkan hasil berikut ini,

. Kecepatan rata-rata 39 km/jam
. Total jarak tempuh 89,2 km
. Konsumsi BBM rata-rata 39 km/liter

So… Terbilang irit untuk ukuran mesin 250cc. Coba Om Bro cari, di blog ini Mtb ada review konsumsi Aerox 155, Nmax 155, bahkan Lexi 125. Hasilnya tidak terpaut jauh, bahkan seimbang. Padahal kelas mesinnya beda jauh (secara kubikasi).

Nah… untuk angka konsumsi yang hampir sama, Xmax 250 tentu memiliki segudang kelebihan dibanding Aerox, Nmax dan Lexi, terutama dalam hal kenyamanan yang (mungkin) hanya bisa ditandingi oleh motor yang sekelas, semisal Honda Forza 250 atau pun Suzuki Burgman 200. Tapi ya… tentu setimpal dengan harganya yang jauh di atas Nmax, Aerox dan Lexi. (Mtb – Konsumsi Xmax 250).

Tinggalkan Komentar