daihatsu grand new xenia 2019

Konsumsi Xenia 1300 Justru Lebih Boros dari varian 1500…??

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Secara teori dasar kebanyakan, mesin yang lebih kecil akan lebih irit dibanding mesin yang lebih besar. Namun dalam kondisi tertentu, keadaan bisa terbalik. Seperti pula konsumsi Xenia 1300 yang dalam kondisi tertentu justru bisa lebih boros dibanding varian 1.5L yang lebih besar.

Advertisement

Iya Om… Ini bukan hasil pengujian Mtb sendiri, tapi lebih pada keterangan dari pihak Daihatsu. Jadi jika ada dari Om Bro yang punya pengalaman dengan Xenia, monggo ditambahkan pada kolom komentar. Barangkali bermanfaat bagi Om Bro pembaca yang lain.

Lanjut…

Menurut keterangan dari Head Product Improvement Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi (Kompas, 16/2/2019), secara default angka konsumsi Xenia 1.3 tidak jauh berbeda dengan versi 1.5, meskipun kapasitas mesinnya beda.

Konsumsi BBM Xenia 1.3 pada penggunaan dalam kota lebih irit dibanding versi 1.5. Namun untuk perjalanan ke luar kota (perjalanan jauh), versi 1.3 justru di katakan lebih boros dibanding versi 1.5.

Kenapa bisa begitu…??

Karena pada perjalanan jauh, utamanya jika melalui tol panjang, mesin 1.5 jelas lebih mumpuni dalam kecepatan konstan. Sedangkan untuk varian mesin 1.3, dia lebih berat pada putaran atas sehingga konsumsi bahan bakarnya pun jadi lebih boros.

Advertisement

Masih menurut Bambang, konsumsi BBM Xenia 1.5 di dalam kota dengan lalu lintas stop & go berada di kisaran 10 km/liter – 11 km/liter. Sedangkan pada perjalanan jauh, kisaran konsumsinya antara 15 km/liter – 16 km/liter. Berbanding terbalik dengan varian mesin 1.3, dimana pada perjalanan jauh justru konsumsinya amat boros. Yakni hingga 9 km/liter – 10 km/liter.

…itu menurut klaim dari pihak Daihatsu…

Sementara itu sumber ‘Kompas’ menyebutkan angka yang berbeda. Menurutnya, konsumsi Xenia matic 1.5 saat menjelajah perbukitan Sibolga, mencatat angka rata-rata 11,4 km/liter. Hasil itu dicapai dengan AC yang terus menyala. Artinya, angka konsumsi tersebut masih bisa lebih hemat jika AC tidak di panteng pisan.

Sekedar catatan, selain hanya perkara kapasitas mesin, cara berkendara dan kesesuaian jenis bahan bakar dengan rasio kompresi mesin pun turut berpengaruh pada angka konsumsi. Karena RON bahan bakar yang sesuai dengan rasio kompresi mesin akan menghasilkan pembakaran yang sempurna.

Om Bro…!! Pada update versi 2019, Xenia yang diberi nama Grand New Xenia telah memberikan pilihan mesin 2NR-VE Dual VVT-i yang berkapasitas 1.500cc. Mesin tersebut jelas memberikan power yang lebih mumpuni dibanding 1NR-VE 1.300cc. (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *