Beranda » Review » Kisah Restorasi Yamaha Nouvo yang Membuat Haru…

Kisah Restorasi Yamaha Nouvo yang Membuat Haru…

Motorisblog.com – Om Bro…!! Seperti yang kita ketahui bersama, Nouvo dan RX King ialah salah dua dari sekian motor lawas yang punya banyak penggemar. Maka tak aneh jika kita mendengar kisah restorasi Yamaha Nouvo yang sudah tak layak menjadi bugar kembali.

Seperti pula kali ini… ada suatu cerita restorasi Nouvo yang Mtb rasa cukup mengharukan.

Om Bro…!! Seperti pada umumnya, penggemar motor klasik biasanya cenderung berkumpul dalam suatu wadah komunitas. Tujuannya untuk dapat saling bertukar pengalaman seputar perawatan lantaran motor yang mereka tunggangi telah semakin minim persediaan suku cadangnya di jaringan bengkel resmi.

Selain sebagai tempat berbagi pengalaman, komunitas juga sebagai wadah silaturahmi dan ajang mengadakan berbagai kegiatan positif, …misale bakti sosial, acara touring bersama, dan lain-lain. Nah… begitu pula dengan komunitas pengguna yang menamakan dirinya ‘Forum Nouvo Indonesia’…

Baru-baru ini, Forum Nouvo Indonesia baru saja menyelesaikan salah satu proyek sosial mereka yang berupa bantuan restorasi sebuah unit Nouvo menjadi tampak seperti baru lagi. Unit tersebut ialah milik Supriyadi, seorang bapak pekerja ladang asal Flores yang tinggal di Lombok.

Kisah berawal ketika komunitas Forum Nouvo Indonesia tengah memberikan donasi pada korban bencana Lombok… Saat itu salah satu member komunitas bertemu Supriyadi dan melihat Yamaha milik bapak tersebut dengan kondisi yang amat memprihatinkan.

Dari situ mulailah diketahui bahwa unit Nouvo itu merupakan motor yang membawa banyak kenangan Supriyadi bersama mendiang istrinya.

Supriyadi pernah berniat menjual tunggangannya itu, namun anak-anaknya mencegah niatan Supriyadi atas alasan kenangan sang ibu. Akhirnya Supriyadi pun mewariskan motor tersebut pada salah satu anaknya.

Mendengar kisah itu, anggota komunitas mulai mengunggahnya ke forum, …dan tak disangka, ternyata banyak anggota forum yang tergugah untuk membantu merestorasi unit Nouvo milik Supriyadi.

Maka dimulailah proyeknya…

Pekerjaan restorasi dilakukan di Lombok dengan spare part yang di kirim dari Jakarta setelah sebelumnya dikumpulkan dari berbagai wilayah di Indonesia. Hampir 2 minggu proyek berjalan, …hingga akhirnya selesai, dan pada 11 Desember 2018 lalu, unit telah diserahkan kembali pada Supriyadi. (Kompas, 23/12/2018).

Begitulah akhir kisahnya…

Nouvo ialah motor matic pertama dari Yamaha Indonesia yang dirilis pada tahun 2002. Mesinnya berjenis SOHC dengan kubikasi 113cc.

Selain hanya pertama dari Yamaha, Nouvo juga menjadi motor matic pertama dari brand Jepang yang berkembang biak di Indonesia.

Penjualan Nouvo memang tidak berhasil, …bahkan dia harus discontinue pada tahun 2008. Namun… kegagalan Nouvo di pasaran dapat ditebus oleh suksesnya Mio series di kemudian hari, khususnya di tahun 2008, 2009 dan 2010.

Kesuksesan penjualan Mio bukan hanya menjadi sukses Yamaha, tetapi sekaligus juga menjadi tanda dimulainya era kejayaan motor skutik di Indonesia yang masih terus berlangsung hingga saat ini. (Mtb – Restorasi Yamaha Nouvo).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *