cara pesan go send

Kirim Paket dengan Gojek (Cara Menggunakan Gosend)

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro/Sista sekalian! Zaman semakin canggih. Pilihan transportasi online pun semakin beragam. Lebih dari itu, pilihan jasa ekspedisi atau kurir pun semakin beragam. Nah, kali ini Mtb akan share salah satunya, yakni cara kirim paket dengan Gojek, alias cara menggunakan jasa kurir Gojek, atau lebih spesifiknya ialah cara pesan Go Send.

Advertisement

Iya Om. Selain layanan ojek dan pesan antar makanan, salah satu layanan yang disediakan oleh platform Gojek ialah ‘Go Send‘. Yaitu jasa pengiriman paket / barang dalam satu kota atau pun antar kota, selama masih dalam jangkauan layanan Gojek dan tidak melebihi jarak maksimum pemesanan.

Yo wis lah. Tidak ada muqadimah panjang-panjang. Kita langsung cekidot saja ke langkah-langkahnya.

Cara Kirim Paket dengan Gojek

Langkah pertama yang harus Om/Sist lakukan jelas harus mengunduh (download) aplikasi pemesanan Gojek, dan telah mendaftarkan data-data Om/Sist sekalian pada aplikasi.

Intinya Mtb tidak akan bahas soal cara download dan mendaftar Gojek disini. Mtb asumsikan Om/Sist sudah memiliki akun pelanggan Gojek dan tinggal langsung melakukan pemesanan.

Cekidot.

  • Pada halaman utama aplikasi, pilih menu ‘Go Send

Halaman awal aplikasi Gojek

  • Pada halaman selanjutnya, Om/Sist akan diminta untuk mengisi alamat tujuan pengirimana paket / barang

Ada dua metode yang bisa Om/Sist gunakan. Pertama ialah dengan mengetikkan langsung lokasi tujuannya, dan yang kedua ialah dengan menetukan titik pin langsung pada map (peta).

cara pesan go send

Untuk cara yang kedua, Om/Sist harus benar-benar hafal / faham lokasi / jalanan yang dituju. Karena jika tidak, maka Om/Sist bisa salah menentukan titik pin sehingga berpotensi membuat driver tersesat.

Dan jika itu terjadi, maka sudah barang tentu waktu pengirimannya justru akan jadi lebih lama.

Akan lebih mudah jika Om/Sist mengetikkan lokasi yang dituju. Itu pun Om/Sist harus memasukkan nama tempat yang sudah ada di maps (peta) Google. Misalnya saja nama sekolah, kantor, toko, minimarket, dan sebagainya.

Jadi nanti si penerima harus bersedia menemui driver di lokasi antar jika alamat penerima tidak terdaftar pada Google Maps.

  • Setelah Om/Sist mengetikkan lokasi tujuan, selanjutnya di bawah kolom pengetikan akan muncul saran lokasi yang mirip dengan kalimat yang Om/Sist ketikkan

Maka Om/Sist pilih salah satunya yang paling tepat / paling dekat dengan alamat tujuan.

  • Setelah lokasi tujuan terpilih, selanjutnya Om/Sist disarankan untuk memberi keterangan tambahan pada kolom ‘Detail Lokasi‘, ‘Deskripsi Paket‘, dan ‘No.Telepon Penerima

Isi ‘Detail Lokasi‘ dengan keterangan yang diperlukan, misalnya patokan tempatnya, atau alamat lengkap semisal RT/RW, Kelurahan, dan sebagainya.

cara pesan go send

  • Isi juga detail paketnya; apa isi paketnya

Terus isi juga ‘No.Telepon Penerima‘ untuk memudahkan driver dan mempercepat waktu pengiriman.

cara pesan go send

  • Setelah lengkap, Om/Sist klik pada tombol ‘Lanjut

Dan terakhir Om/Sist akan melihat tampilan alamat pengirim (lokasi pengambilan (penjemputan) paket/barang).

cara pesan go send

Lokasi pengambilan barang masuknya otomatis dari deteksi GPS di HP Om/Sist sekalian. Jadi biasanya bisa saja alamat yang muncul akan tidak presisi / tidak detail. So, isi keterangan pada kolom ‘Detail Lokasi‘ untuk mempermudah driver dan mempercepat perjalanan driver menuju lokasi pengambilan paket.

  • Di bagian bawah alamat pengambilan barang, akan muncul nama dan nomor telepon pemesan

Nama dan nomor telepon tersebut muncul secara otomatis sesuai dengan data yang Om/Sist daftarkan pada aplikasi pemesanan Gojek. So, pastikan nomor telepon yang terdaftar tersebut selalu aktif demi mempermudah komunikasi dengan driver.

  • Selesai, klik tombol ‘Lanjut‘, dan tunggu driver Gojek / Go Send datang mengambil paket/barang yang hendak Om/Sist kirim.

(Mtb – Kirim paket dengan Gojek).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *