Kepanjangan CB, CBR, GSX dan RR, Kebanyakan Orang Tidak Tahu Artinya

Motorisblog.com – Kepanjangan CB, CBR, GSX dan RR. Om Bro…!! Jujur Mtb merasa malu kalau mau menyatakan diri sebagai blogger otomotif. Untunglah Mtb tidak merasa sebagai blogger, jadi tidak begitu merasa malu. Wkwkwkwk…!! Mtb hanyalah seorang yang suka membaca dan menulis hal-hal yang berkaitan dengan motor…

Mtb patut merasa malu karena sebagai seorang yang suka dengan informasi motor, ternyata Mtb tidak tahu arti alias kepanjangan CB, CBR, GSX dan RR yang selama ini tersemat pada motor-motor Honda dan Suzuki. Dan lagi entah kok selama ini Mtb tidak merasa penasaran dan mencari tahu akan arti dari label-label tersebut. Mtb baru tahu ketika kemarin membaca informasi dari detikOto…

Berita dari detikOto yang bersumber dari Ride Apart menyebutkan, bahwa singkatan-singkatan tersebut ialah frasa yang menunjukkan tujuan atau inspirasi motor-motor bersangkutan. Kalau ibarat nama orang, Mtb suka mendengar istilah, “nama adalah do’a”. Artinya mungkin si pabrikan motor pun memiliki harapan bahwa produk-produknya tersebut dapat sukses seperti nama dan tujuannya. Jadi dalam konteks ini tidak berlaku istilah, “apa lah arti sebuah nama”. Karena ungkapan seperti itu hanya umum di gunakan pada saat Om Bro tengah PDKT dengan si do’i. Wkwkwk…!!

Kok nggak nyambung ya…?? Hokeh… kita sambungkan lagi saja ke TKP…

Menurut informasi dari detikOto tersebut di atas, nama GSX-R adalah singkatan dari “Grand Sport eXperimental-Racing”. Sementara label CB pada motor Honda memiliki kepanjangan sebagai “City Bike”.

Sedikit tambahan untuk CBR adalah “City Bike Racing”. Sementara tambahan RR pada beberapa tipe memiliki indikasi bahwa motor tersebut adalah sporty dan race-oriented.

Itu untuk motor Honda…

Arti lain terdapat pada motor Italia, Ducati, dimana RR memiliki makna “race replica” atau “race ready”. Jadi beda ya untuk Honda dan Ducati dalam hal label RR. (Mtb – Kepanjangan CB, CBR, GSX dan RR).

4 Thoughts to “Kepanjangan CB, CBR, GSX dan RR, Kebanyakan Orang Tidak Tahu Artinya”

  1. Dadan

    Jadi tau nih kepanjangannya CBR 😁

    1. Sodik Hanifan

      Ho’oh. Kita sama-sama baru tau, Om Bro…

  2. Thanks min, krn saya skrng jd tau nih

    1. Sodik Hanifan

      Sama-sama. Thanks juga udah mampir di blog sederhana ini.

Tinggalkan Komentar