Kenapa Shell Lebih Mahal dari Pertamina?? Begini Penjelasannya…

Motorisblog.com – Om Bro…!! Dulu dalam hati Mtb pernah muncul pertanyaan, kenapa Shell lebih mahal dari Pertamina?? Padahal oktan-nya sama… Kelasnya sama… Sedangkan subsidi pun tidak ada untuk kelas oktan 90 ke atas…

Iya Om… Di dunia persilatan bahan bakar, meski Pertamina dominan, namun ia bukanlah satu-satunya. Ada beberapa perusahaan swasta yang juga terjun ke bisnis SPBU, salah satunya ialah Shell.

Nah, kembali lagi ke pertanyaan, kenapa Shell lebih mahal dari Pertamina??

Kita ambil contoh Petamina Pertalite RON 90, saat ini harganya Rp7.650/liter. Sedangkan Shell Regular yang juga RON 90 harganya Rp9.900/liter

Di tingkat RON 92, Pertamax dari Pertamina dibanderol Rp9.850/liter. Sementara Shell Super Rp10.450/liter.

Jika pun ada sebagian orang yang merasa performa mesin jadi lebih ngangkat ketika menggunakan bahan bakar Shell, Mtb pun merasa demikian. Itu pengalaman jaman old, saat Mtb masih tinggal di ibu kota.

Tapi pun begitu, Mtb tidak berani mengambil kesimpulan sekarang. Soale Mtb tidak yakin apakah feel itu real atau hanya sugesti saja?? Soale Mtb tidak menggunakan alat ukur apa-apa selain hanya feeling.

Setelah itu, sekarang Mtb tinggal dikampung dimana tidak ada SPBU Shell. Jadi Mtb tidak bisa mengulang pembuktian seperti di atas.

Faktanya, pihak Shell sendiri tidak mengatakan bahwa lebih mahalnya bensin Shell disebabkan oleh kelebihan performanya. Namun lebih pada faktor lain yang hubungannya dengan harga minyak mentah dunia dan biaya distribusi dari kilang utama menuju ke Indonesia. (Ratna Anggraini, Fuel Marketing Manager Shell Indonesia – Viva, 28/6/2019).

Iya Om… Ratna mengatakan bahwa penetapan harga jual bahan bakar Shell telah sesuai dengan fluktuasi minyak dunia.

Faktor lain yang membuat harga BBM Shell lebih mahal ialah proses distribusinya…

Betul Om… BBM Shell dikirim dari kilang utama di Singapura, terus dibawa ke terminal Shell di Tanjung Priok, Jakarta, untuk kemudian didistribusikan ke SPBU-SPBU Shell yang ada… (Mtb).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *