Kenapa Service Pertama Mobil Baru Harus Sebelum 1.000 km atau Satu Bulan??

Motorisblog.com – Om Bro…!! Ada yang tahu kenapa service pertama mobil baru tidak boleh lebih dari 1.000 km atau satu bulan?? Bahkan bukan hanya mobil, motor pun sama demikian…

Om Bro…!! Mtb sih yakin sebagian dari Om Bro sudah tahu alasannya. Tapi pun begitu, tidak tertutup kemungkinan ada sebagian dari Om Bro yang lain yang belum tahu alasannya secara gamblang dan detail.

Jadi begini Om… Menurut informasi dari web Auto2000, manfaat service pertama sebelum 1.000 km atau satu bulan ialah untuk memastikan bahwa kondisi mobil telah dan tetap sesuai standar pabrikan. Juga untuk memastikan bahwa setiap komponen berfungsi secara optimal setelah hampir sebulan pemakaian.

Betul Om… Meskipun teknologi dunia persilatan mobil jaman now sudah canggih, celah kesalahan dan tingkat presisi telah semakin akurat, namun tetap saja komponen dalam mesin membutuhkan beberapa waktu untuk beradaptasi. Utamanya bagi komponen-komponen yang bergerak di dalam mesin… Mereka butuh waktu hingga akhirnya terjadi kerjasama yang baik antar komponen sehingga potensi kerusakan dapat tereduksi seminimal mungkin.

Selain untuk memastikan kondisi mesin, servis 1.000 km atau satu bulan juga diperlukan untuk pemeriksaan komponen mekanikal dan elektronik yang ada. Perlunya ialah untuk memastikan bahwa tidak ada error atau kerusakan di sektor kelistrikan.

Manfaat lain yang bisa Om Bro dapat dari servis pertama, Om Bro bisa berkonsultasi dengan mekanik bengkel resmi perkara mobil baru yang Om Bro miliki. Dengan demikian, Om Bro dapat meminimalisir resiko kerusakan komponen mobil akibat dari kesalahan pemakaian.

Apa pentingnya??

Yang pertama ialah karena garansi dari dealer tidak berlaku untuk kerusakan yang ditimbulkan oleh kesalahan pemakaian. Yang kedua, dengan servis pertama, mekanik bengkel resmi bisa mendeteksi sejak dini jika ada gejala kerusakan kecil. Utamanya jika ada gejala kerusakan yang terjadi karena kesalahan dalam proses produksi.

Jika gejala kerusakan telah terdeteksi sejak dini, maka Om Bro akan terhindar dari resiko kerusakan yang lebih besar. Dan yang lebih penting lagi adalah bahwa garansi (warranty) mobil Om Bro jadi tidak hangus gegara tidak melakukan servis pertama.

Betul Om… Sebuah kerusakan kecil pun jika di abaikan dapat menjalar sehingga menimbulkan kerusakan yang lebih besar.

Bisa begitu??

Bisa Om… Maka itulah dealer menganjurkan pada kita untuk merawat mobil secara berkala. Karena dengan servis rutin / servis berkala di bengkel resmi, seluruh komponen yang bergerak di mobil akan diperiksa secara detail. Diantara komponen yang diperiksa ialah:

. Sistem kemudi
. Sistem keamanan
. Fungsi kelistrikan
. Pendingin kabin / Air Conditioner (AC)
. Head unit
. Bodi
. Pintu
. Lampu-lampu
. Wiper
. Oli mesin
. Tegangan van belt
. Volume air radiator
. Minyak rem
. Mesin
. Transmisi
. Kopling
. Sasis
. Suspensi
. Rem

Dan lain-lain…

Hal baiknya ialah jika ada dari komponen-komponen di atas yang mengalami kerusakan, Om Bro dapat mengajukan klaim garansi untuk penggantian komponen yang rusak secara gratis. Dengan catatan bahwa kerusakannya bukan disebabkan oleh kesalahan pemakaian. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: