Kenapa Knalpot Motor di Sebelah Kanan? Ini Alasannya

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro! Mtb pernah membaca pertanyaan tentang alasan kenapa knalpot motor di sebelah kanan. Dan ternyata jawannya bukanlah karena faktor mekanis tertentu, tapi lebih pada faktor keamanan yang dapat kita jelaskan secara logis.

Advertisement

Alasan Kenapa Knalpot Motor di Sebelah Kanan

Alasan knalpot di sebelah kanan ialah merupakan penyeimbang akan kebiasaan kebanyakan orang yang naik dan turun motor dari sisi kiri. Karena itulah knalpot ada pada sisi kanan, yaitu untuk mengurangi resiko kaki pengendara dan pembonceng menyentuh knalpot yang panas.

Riwayat

Konon dahulunya sepeda motor pertama kali produksi masih dengan menggunakan pedal seperti sepeda onthel. Ketika itu posisi knalpot ada pada bagian bawah lantaran keterbatasan tempat.

Seiring waktu, teknologi mesin motor semakin maju dan tidak lagi membutuhkan pedal kayuh. Konstruksi sepeda motor semakin rapi dengan rantai penggerak atau CVT Box terpasang pada sisi kiri, sedangkan knalpot berada menempati sisi kanan.

Knalpot All New Honda Vario 150 2018

Pembagian ruang yang sedemikian rupa membuat keseimbangan berat menjadi optimal sehingga pengendalian motor menjadi baik.

Pada beberapa model motor yang menggunakan silinder lebih dari satu, kebutuhan knalpotnya pun lebih dari satu. Sebagian dari mereka ada yang menggunakan dua knalpot pada dua sisi (kiri-kanan) seperti misalnya Honda CB200 klasik. Namun sebagian model yang lain lebih banyak yang memasang dua knalpotnya pada sisi kanan semua, bahkan ada juga yang ujung pembuangannya menyatu.

Advertisement

Ada pula model tertentu yang menempatkan sistem pembuangan sisa pembakaran tersebut pada bagian bawah jok, misale pada motor off-road dan motor sport lainnya.

Jadi kesimpulannya, tidak ada alasan khusus yang berhubungan dengan mekanisme motor. Pemosisian knalpot pada sisi kanan ialah lebih karena sisi perilaku manusia, yaitu bahwa kebanyakan orang naik dan turun motor dari dan ke arah kiri. Jarang pisan ada orang yang naik-turun motor dari sebelah kanan. Bahkan orang kidal pun tidak menunjukkan sikap yang berlawanan. Ia tetap dari kiri.

Maka itulah knalpot motor mendapat posisi sebelah kanan, supaya tidak banyak orang yang kakinya menyentuh panasnya knalpot.

Itu pun kadang masih saja ada orang yang betisnya “tercium” meski posisi knalpot sudah menempati sebelah kanan.

So, alasan knalpot ada menempati sisi kanan ialah untuk keamanan. Bukan karena alasan teknis lainnya. (Mtb).

Penyebab Knalpot Motor Nembak Saat Lepas Gas

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *