Kenapa Helm Full Face Lebih Aman…?? Begini Penjelasan Komprehensif-nya…

Motorisblog.com – Om Bro…!! Semakin luas bagian kepala yang terlindungi, maka semakin kecil pula tingkat resiko cedera yang dapat ditimbulkan sebagai akibat dari kecelakaan lalu lintas. Itulah kenapa helm full face lebih aman dibanding helm half-face.

Betul Om… Dilihat secara kasat mata saja, kita sudah dapat menyimpulkan bahwa helm full-face relatif lebih aman dibanding helm half-face. Lebih dari itu, ada penjelasan secara komprehensif perkara kenapa helm full face lebih aman dibanding model half-face.

Yup… Disimpulkan dari penelitian yang dilakukan pada tahun 1980 oleh Dietmar Otte, didapat hasil analisa yang menunjukkan bahwa 36% impact akibat kecelakaan roda dua, beresiko menghantam dan melukai bagian dagu. Sementara 10%-nya beresiko menghantam area wajah, yakni bagian mata dan hidung.

Selain hasil penelitian tersebut, produsen helm ternama, Arai, pun pernah mengatakan alasan kenapa bentuk helm-helm mereka tampak nyentrik… Tidak membulat seperti yang lain…

harga helm arai murah

Menurut Arai, helm bulat lebih mudah dan lebih cepat meluncur saat terjadi kecelakaan… Dan jika helm lebih cepat meluncur, maka akan lebih banyak terjadi gesekan yang dapat meningkatkan resiko cedera. Sementara bentuk helm yang membulat, banyak-nya ada pada helm-helm half-face. (DetikOto, 12/10/2019).

Iya tentu bukan hanya model helm-nya saja yang berpengaruh. Bahan pembuat helm-nya juga sangat besar peranannya dalam perlindungan kepala. Helm-helm kenamaan seperti Arai, Shoei, AGV, Schuberth dan lain-lain, tentu tidak serampangan dalam menciptakan produk. Mereka tentunya membuat helm dengan teknologi penyerap energi canggih dan melalui tahap pengujian yang ketat.

Dengan kata lain, secara keseluruhan, hampir bisa disimpulkan bahwa kualitas interior helm full-face, lebih baik dibanding helm half-face.

Begetoh Om… Jadi, ada banyak alasan kenapa helm full face lebih aman dibanding helm model half-face. Tapi pun begitu, tak dapat dipungkiri bahwa kebanyakan orang merasa lebih nyaman menggunakan helm half-face ketimbang helm full-face. Ya, ngga salah juga sih Om… Yang penting asal si helm, minimalnya berstandar nasional Indonesia (SNI). (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: