Kelebihan Outlander PHEV: Bisa Suplai Listrik Rumah Selama 9 Jam, Bahkan Lebih

Motorisblog.com – Om Bro…!! Bukan hanya minim emisi, ada kelebihan Outlander PHEV yang lain yang lebih hebat… Yaitu bahwa ia bisa dimanfaatkan menjadi genset alias generator atau pun power bank berukuran besar saat listik rumah mati.

Betul Om… Salah satu kelebihan Outlander 2019 ialah bahwa ia dapat menolong kita pada saat aliran listrik mati. Mobil berteknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle ( PHEV) ini bisa difungsikan sebagai generator set alias genset. Output power yang dihasilkannya pun cukup besar Om,, yakni hingga 1.500 Watt pada kondisi baterai penuh. (Irwansyah Siregar, Head of Technical Service & CS Support Section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) – Kompas, 4/8/2019).

Iya sih daya segitu tidak akan mampu untuk mencukupi semua kebutuhan listrik rumah mewah yang cukup besar… Namun dalam kondisi darurat, kita bisa memilah beberapa perangkat rumah tangga yang benar-benar penting untuk dinyalakan, misale kulkas, beberapa lampu, kipas angin, charging ponsel dan lain-lain.

Kita asumsikan saja umpamane untuk menghidupkan lampu rumah 36 Watt, setrika 300 Watt, AC 375 Watt, kulkas 300-400 Watt… Dan lain-lain sehingga totalnya menjadi 400 Watt, maka output power dari baterai Outlander PHEV masih cukup mampu untuk menyuplainya Om…

Tapi ya karena ini judulnya darurat, jadi tetap sebaiknya Om Bro jangan menggunakan daya secara berlebihan… Jadi jika Om Bro misale butuh daya lebih dari 1.500 Watt, sebaiknya nyalakan alat-alat tersebut secara bergantian.

Terus, berapa lama baterai Outlander mampu menyuplai listrik untuk daya 1.400 Watt??

mitsubishi outlander phev

Menurut Irwan, baterai lithium-ion yang berkapasitas 13,8 kWh ini mampu menyuplai daya selama 9 jam lebih.

Menariknya lagi Om,, untuk dapat menyuplai daya listrik, mesin mobil tidak harus menyala. Yang penting asalkan baterai sudah on.

Selanjutnya setelah daya listrik tersambung, baterai akan terus bekerja hingga sisa daya baterai sekira 20%. Setelah itu mesin mobil akan menyala secara otomatis untuk mengisi ulang daya baterai…

Begitu seterusnya hingga bensin habis…

Untuk menghubungkan daya listrik dari mobil ke rumah, pada bagasi mobil telah disediakan port (colokan). Hebatnya lagi, output listrik dari port tersebut telah disesuaikan dengan kebutuhan listrik rumah tangga. Artinya Om Bro tinggal colok, tanpa perlu menggunakan alat converter untuk menyesuaikan tegangannya.

Mitsubishi secara resmi memperkenalkan Outlander PHEV untuk pasar Indonesia pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 beberapa waktu lalu. Outlander PHEV membawa teknologi mesin rendah emisi, juga mengusung fitur hebat dan unik yang dapat difungsikan layaknya powerbank. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: