yamaha freego

Kelebihan Nitrogen untuk Ban Motor: Lebih Tahan Panas, Ban Lebih Awet

Motorisblog.com – Om Bro…!! Nitrogen untuk ban motor memiliki manfaat yang sangat baik. Ban jadi lebih awet lantaran suhu dan tekanan ban lebih stabil, meski di bawah cuaca panas.

Betul Om… Nitrogen mengandung molekul positif yang mampu menurunkan kecepatan kenaikan temperatur (membantu melawan heat build up). Karenanya nitrogen sangat bermanfaat saat Om Bro berkendara di bawah terik cuaca panas. (Panji Ardiansyah, Technical Support PT Multistrada Arah Sarana (produsen ban Achilles) – Kompas, 18/6/2019).

Iya Om… Cuaca yang panas bakal membuat angin di dalam ban memuai. Akibatnya tekanan ban menjadi lebih keras.

Pada kondisi seperti itu, nitrogen lebih mampu menahan kenaikan suhu dalam ban dibanding angin kompresor biasa. Dengan menggunakan nitrogen, tekanan ban jadi lebih stabil dan tidak mudah kempes. Yang pamungkasnya, ban jadi lebih awet.

Saat ini sarana untuk pengisian nitrogen ban sudah sangat mudah dijangkau. Yup… Sekarang kios pengisian nitrogen ban sudah banyak tersedia di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) alias pom bensin. Mtb sudah lama menggunakan nitrogen untuk angin ban. Dan terbukti tekanan angin jadi lebih stabil dan tidak mudah kempes. (Mtb – Nitrogen untuk ban dalam).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: