Kelebihan Helm Flat Visor, Tanpa Distorsi dan Goresan

Motorisblog.com – Kelebihan helm flat visor. Om Bro…!! Tidak hanya motornya saja yang semakin hari semakin banyak varian, helm yang menjadi perangkat wajib biker juga semakin lengkap pilihannya. Salah satunya adalah jenis helm fullface berkaca datar alias flat visor.

Karena popularitas helm flat visor, bahkan kadang ada ada juga biker yang helmnya model kaca konvensional cembung pun diganti menggunakan flat visor. Penggantian dilakukan dengan memodifikasi ratchet aka pengunci visor di sisi kiri-kanan agar bisa mengaplikasikan flat visor di helm konvensional.

Lantas, apa sih elebihan helm flat visor?

kelebihan helm flat visor
Helm flat visor

Salcomo Eato dari komunitas Belajar Helm kepada detikOto mengatakan, keunggulan flat visor dapat dirasakan dalam segi visibilitas untuk pengendara. Dengan flat visor, pandangan Om Bro jadi seperti melihat biasa. Seperti melihat dengan mata biasa tanpa terhalang kaca. Pandangan clear, tidak ada distorsi yang ditimbulkan dari kaca helm.

Berbeda dengan kaca cembung yang menimbulkan distorsi. Kadang memunculkan efek berbayang saat terkena sorot lampu dari pengendara lain dari arah berlawanan.

Keunggulan lain dari flat visor adalah, bisa dilapisi dengan tear off secara maksimal.

Tear off adalah lapisan khusus pada visor aka kaca helm yang berfungsi untuk melindungi visor/kaca helm agar tidak tergores oleh benturan objek-objek kecil. Efek positifnya, visibilitas pengendara menjadi tetap bersih tanpa terhalang goresan di kaca.

Sebenarnya helm dengan kaca cembung pun bisa dilapisi dengan tear off. Namun begitu, hasilnya tidak akan maksimal seperti pada flat visor.

Sebelum populer di pasaran, flat visor sudah umum digunakan di arena balapan seperti MotoGP. Hal itu untuk mendukung pandangan pembalap supaya balapannya lebih maksimal. (Mtb – Kelebihan helm flat visor).

Tinggalkan Komentar