Kelebihan Ban Tubeless Motor Matic, Hampir 5 Tahun Tidak Pernah Bocor

Motorisblog.com - Kelebihan ban tubeless motor matic. Om Bro...!! Banyak spekulasi dan pandangan yang berkembang dikalangan bikers perkara penggunaan ban tubeless untuk motor matic. Ada sebagian yang merasa cocok dengan ban tubeless, namun tidak kurang juga orang yang tidak menyukainya. Masing-masing punya alasan untuk suka atau tidak suka pada ban tubeless.

Karena adanya dua pemikiran yang berbeda, maka banyak juga kalangan yang mengangkatnya ke dunia maya dengan tema bahasan kelebihan ban tubeless motor matic. Termasuk Mtb sendiri juga beberapa bulan yang lalu sudah pernah membahasnya di blog ini. Pada artikel tersebut, Mtb sudah ceritakan bagaimana Mtb menggunakan ban tubeless sejak saat motor baru 3 hari dikirim dari dealer.

Jika Om Bro penasaran, silahkan Om Bro searching pada kotak pencarian di blog ini.

Pada artikel tersebut Mtb juga membantah pandangan yang menganggap bahwa penggunaan ban tubeless pada motor matic tidaklah baik. Padahal kalau Om Bro mau berfikit pakai logika sederhana, begini.... "Jika ban tubeless memang tidak baik, maka tidak mungkin pabrikan akan mengaplikasikan ban tubeless pada produk-produk teranyarnya. Iya... sekarang ini kan sudah lumrah motor pabrikan menggunakan ban tubeless. Betul?

Kembali ke perdebatan...

Poin yang paling Mtb soroti dari pandangan itu adalah perkara tidak aman dan tidak nyamannya penggunaan ban tubeless, terutama jika digunakan pada jalanan rusak. Alasannya karena ban tubeless harus selalu keras untuk menjaga tekanan angin agar tidak bocor melalui pinggiran velg. Sedangkan pada tube type (ban biasa), kita bisa mengurangi tekanan angin agar perjalanan di jalan rusak tidak terasa terlalu abrug-abrugan.

Wakakakka...!! Apaan ya? Mtb bingung mentranslatenya kedalam bahasa Indonesia. Ya pokoknya begitulah... Lanjut...

Bagi Mtb, pandangan itu sangatlah keliru. Masalahnya, soal tekanan angin ban itu sudah ada standar anjurannya dari pabrikan. Coba deh Om Bro lihat pada buku panduan manual motor Om Bro masing-masing. Meskipun motor Om Bro tidak menggunakan ban tubeless dari pabriknya, tapi anjuran tekanan anginnya tetap keras.

Kemudian soal feel keras dijalanan rusak, asli hal itu lebih dipengaruhi oleh kemampuan suspensi ketimbang oleh tekanan angin ban. Jadi, meskipun tekanan angin bannya kencang tapi kalau suspensi motor Om Bro empuk, tetap perjalanan Om Bro di jalan rusak tida akan terlalu menimbulkan goncangan.

Kebetulan Mtb punyanya Honda Spacy... Om Bro tahu lah... Meskipun low end dan kurang disukai masyarakat (golongan tertentu), suspensi Honda kelas skutik dan bebek kan lembut dan nyaman sekali. Jadi tidak ada masalah meskipun Mtb pakai ban tubeless di jalanan rusak.

Kemudian, jika Om Bro berpendapat bahwa lebih baik mengurangi tekanan angin ban, sejatinya Om Bro justru memiliki dua kerugian sekaligus. Pertama, dengan tekanan angin yang rendah, maka pengendalian motor menjadi limbung. Resikonya ya jadi berpotensi terjadi kecelakaan akibat pengendaraan yang tidak stabil.

Kedua... membiasakan mengurangi tekanan angin justru membuat ban lebih cepat rusak dibagian samping. Jadi lebih cepat retak.

Resiko lain dalam jangka panjang juga dapat mengakibatkankerusakan bearing (laher) roda dan komstir. Hal itu dimungkinkan karena dengan laju motor yang limbung, maka bearing dan komstir jadi menahan beban dan goncangan yang lebih berat.

Itu mengenai perdebatan penggunaan ban tubeless. Singkatnya, kecuali untuk motor offroad, tidak ada masalah atau pun hal yang melarang penggunaan ban tubeless.

KELEBIHAN BAN TUBELESS MOTOR MATIC

Sekarang kita bahas perkara kelebihan ban tubeless motor matic...

Salah satu yang pernah jadi bahan obrolan Mtb dengan teman adalah soal harga ban tubeless yang cenderung lebih mahal dibanding ban biasa. Tapi ada hal yang kadang orang lupa, Om Bro... Dia tidak hitung harga ban biasa dengan ban dalamnya sekaligus. Padahal jika dijumlahkan harga ban luar dan ban dalamnya, itu selisihnya hanya akan ada sedikit. Hampir seimbang lah harganya dengan ban tubeless.

Kemudian kalau dijelaskan secara rinci, memang ada banyak pandangan mengenai kekurangan dan kelebihan ban tubeless motor matic. Tapi hal yang paling menonjol dari keunggulan ban tubeless adalah perkara ketahanannya terhadap kebocoran. Yang intinya, ban tubeless tidak akan langsung gembos ketika tertusuk benda tajam. Sangat berbeda dengan ban biasa yang rentan kebocoran.

Jika hal ini dihubungkan juga dengan soal harga ban, maka jatohnya ban biasa bisa menjadi lebih mahal kalau sering kena sial kebocoran.

Lantas... apakah benar bahwa ban tubeless lebih tahan bocor?

Disini Mtb berani bilang BENAR! Mtb sudah membuktikannya sendiri selama bertahun-tahun.

Mtb adalah pengguna ban tube type alias ban biasa selama rentang waktu 2008 - 2013. Kemudian, sejak akhir tahun 2013 hingga sekarang Mtb selalu menggunakan ban tubeless.

Pada masa Mtb masih menggunakan ban biasa, itu entah sudah berapa kali Mtb mengalami yang namanya dorong motor gegara ban bocor. Tapi sejak menggunakan ban tubeless, sudah hampir 5 tahun ini Mtb tidak pernah lagi mendorong motr karena bocor ban. Bahkan, menambal ban bocor pun Mtb baru sekali karena paku yang menancap di ban cukup besar.

Teknisnya sederhana... Cukup pakai ban tubeless dan cairan anti bocor. Sudah itu saja. Alhamdulillah... selama hampir 5 tahun ini baik-baik saja. Jika pun ada benda-benda tajam yang menancap tapi kecil, itu Mtb suka abaikan saja sampai si ban itu botak gundul dan masuk masa ganti ban. Itu si ban tidak lantas jadi kempes karena di dalamnya sudah ada cairan anti bocor.

Nah, untuk yang terakhir kemari ini pun ban motor Mtb tidak gembos meski tertusuk baut skrup dengan kepala mur 8 mm. Batang skrup ada lah sekira diameter 3 mm. Itu setelah lebih dari 24 jam pun tekanan angin tidak berkurang. Jadi benar-benar rapat ini kerjasamanya ban tubeless dengan cairan anti bocor tersebut.

kelebihan ban tubeless motor maticTapi... meskipun tidak gembos, Mtb tambal saja kebocoran tersebut ke tukang tambal tubeless karena benda tajamnya cukup besar dan menonjol. Khawatirnya kalau dibiarkan nanti tercongkel lepas hingga jadi gembos.

kelebihan ban tubeless motor matic

Nah, tuh, Om Bro...!! Penting itu cairan anti bocor. Banyak merk yang beredar... ada MTR, M One dan lain sebagainya lah. Om Bro tinggal pilih saja. Banyak tersedia di bengkel-bengkel atau toko-toko ban semisal Planet Ban, Super Ban dan lain-lain. Hampir 5 tahun lho, Mtb baru sekali nambal ban. Itu pun kalau Mtb antepin bisa saja sih baut skrup tersebut menempel sampai waktunya ganti ban. Tapi terlalu ekstrim kali ya, Om Bro...? (Mtb - Kelebihan ban tubeless motor matic).

Related Post

Rem Tangan Mobil, Jangan Gunakan Pada Saat Lalu Li... Motorisblog.com - Rem tangan mobil. Om Bro...!! Mtb memang tidak mahir mengemudikan mobil. Tapi dalam hal rem tangan, ada kebetulan Mtb selalu melakuk...
4 Tahun Honda Spacy FI Tetap Perkasa, Meski 2,5 Ta... Motorisweb.com - Spacy FI Tetap Perkasa. Perkara ketahanan mesin, saya rasa semua merk motor Jepang yang ada di Indonesia relatif awet dan bandel (ter...
Tenaga Motor Matic Ngedrop Tidak Melulu Masalah Me... Motorisblog.com - Tenaga Motor Matic Ngedrop. Setiap kendaraan, baik mobil atau pun motor, entah yang bertransmisi manual atau pun otomatis, pada saat...
Penyebab Motor Matic Injeksi Mati Mendadak dan Car... Motorisweb.com - Motor Matic Injeksi Mati Mendadak. Cara yang paling mudah tapi paling berat untuk mengatasi motor mogok adalah, "dorong motor sampai ...
Modifikasi Kecil Honda Spacy Agar Tidak Mentok Pol... Motorisblog.com - Honda Spacy Agar Tidak Mentok Polisi Tidur. "Braakk...!!", suara dari kolong motor skutik saya saat melewati polisi tidur. Dulu sa...
Mio S Tubeless Ban Lebar 125cc Blue Core; Spesifik... Motorisweb.com - Mio S Tubeless Ban Lebar. Om Bro... Mtw telat sehari nih... Ketinggalan informasi dari PT.Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)...

Leave a Reply