Kelebihan Ban Radial dan Bias untuk Motor

Motorisblog.com – Om Bro…!! Mari membahas sekilas kelebihan ban radial dan bias untuk penggunaan pada sepeda motor… Ini penting Om… Supaya kita tidak hanya sekedar ikut-ikutan. Yaa, setidaknya bagi Om Bro sekalian yang menggunakan, Om Bro jadi tahu manfaat yang di dapat dari harga yang lebih mahal.

Yup… Bener pisan Om… Harga ban radial motor memang relatif lebih mahal dibanding ban bias. Nih, sedikit contohnya:

ban irc rmc810 radial

Harga IRC RMC810 ZR
. 120/60 ZR17 M/C 55W T/L Rp1.050.000
. 120/70 ZR17 M/C 58W T/L Rp1.120.000
. 160/60 ZR17 M/C 69W T/L Rp1.490.000
. 180/55 ZR17 M/C 73W T/L Rp1.550.000
. 190/50 ZR17 M/C 73W T/L Rp1.610.000

Harga FDR Blaze RS/Blaze RX
. 120/65-17 Rp620.000
. 140/60-17 Rp730.000

ban radial fdr blaze rx blaze rs

Kelebihan Ban Radial Motor

Om Bro…!! Belakangan ini, kelas motor sport 250cc ke atas telah banyak menggunakan ban dengan konstruksi radial. Namun dari contoh list harga di atas, tampak jelas bahwa harga ban radial relatif lebih mahal dibanding ban bias.

So… Apa sih kelebihan ban radial motor dibanding ban bias??

Yang jelas lebih bagus Om… Kontruksinya lebih ringan tapi lebih kokoh. Untuk motor jenis sport, penggunaan ban radial punya efek besar yang baik untuk mendukung performa, kecepatan, dan daya tahan dalam menahan beban yang lebih berat dibanding motor bebek/matic harian. (Technical Service & Developement Departemen Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (produsen ban FDR), Jimmy Handoyo – Kompas, 9/5/2019).

Ban radial (khususnya IRC) dibuat dari bahan aramid. Konstruksinya memiliki serat nylon yang disusun secara radial. Jadi, dengan bahan dan kostruksi tersebut, dinding ban bisa lebih tipis, tapi sudutnya lebih lentur, sehingga amat baik untuk handling motor sport. (Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk., Dodiyanto – Kompas, 9/5/2019).

Motor sport besar dengan kecepatan tinggi, tentu butuh ban yang stabil…

Ban jenis radial diklaim dapat mereduksi panas akibat gesekan ban dengan permukaan jalan.

Motor sport 250cc ke atas memiliki bobot yang lebih berat dibanding skutik dan bebek. Karenanya, daya tekan motor ke ban pun lebih besar. Maka itulah dibutuhkan ban yang memiliki konstruksi lebih kuat.

Selain itu, motor sport pun butuh ban yang ringan untuk mendukung performanya. Karena jika bobot ban terlalu berat, maka akselerasi motor pun jadi terhambat.

Nah, untuk semua kebutuhan itu, ban radial jawabannya…

Jadi begitulah Om… Kelebihan ban radial dibanding ban bias.

Lantas, apa kelebihan ban bias dibanding ban radial??

Singkat saja Om… Kelebihan ban bias ialah banderolnya yang lebih murah… Lebih terjangkau untuk semua kalangan pemotor.

Nah, terus… Di atas kan fokus bahasan penggunaan ban radial hanya pada motor model sport saja… Lantas, apakah ban radial cocok digunakan pada motor bebek atawa motor matic harian??

Perkara cocok atau ngga cocok, Mtb kira sih kembali pada individunya masing-masing ya Om… Secara logika, yang namanya produk bagus, pastinya cocok-cocok saja di aplikasikan pada motor apa pun, selama ada ukuran yang cocok. Hanya saja, mungkin sih rada mubadzir aja ya Om, kalo motor harian pakai ban mahal.

Tapi ya lagi… Kembali pada individunya masing-masing. Kalau Om Bro minat… Pengen jajal… Ada duitnya… Ada yang pas ukuran bannya… Yaa monggo saja.

Mtb sendiri pun dulu pernah seperti itu… Disaat sebagian orang masing menganggap tabu pada penggunaan ban tubeless di motor skutik entry level… Mtb pakai saja. Meski kata sebagian orang, katanya ngga nyaman lah, ngga cocok lah… Bla bla bla… Nyatanya Mtb nyaman-nyaman saja pakai ban tubeless… Malah enak pisan Om… Ngga pernah dorong motor gegara ban bocor.

Terus kalau melihat tren skutik sekarang, justru mereka malah sudah banyak yang pakai ban tubeless sedari pabriknya.

Begitu pun dengan ban radial…

Saat ini sepertinya ukuran dan peruntukan ban radial memang masih fokus ke motor sport. Tapi beberapa tahun ke depan, bukan mustahil jika penggunaan ban radial pun menjadi hal lumrah pada motor harian.

Tapi memang untuk saat ini sepertinya masih belum lumrah. Dan pada dasarnya memang belum perlu. Pasalnya, motor bebek dan skutik harian memang tidak memiliki dan tidak membutuhkan performa sekencang motor sport. Rata-rata jarak tempuhnya pun tidak sejauh motor model touring. Kebanyakan hanya sebagai alat transportasi harian selama 1-2-3 jam saja setiap harinya…

Om Bro… Saat ini telah ada beberapa merek yang merilis ban radial untuk motor. Salah duanya ialah IRC Radial RMC810 ZR dan FDR Blaze RS/Blaze RX.

Bicara FDR Blaze, Mtb mendapati ada ukuran yang unik Om… Yaitu 120/65-R17 dan 150/55. Rasionya unik Om… Tidak seperti angka umum yang biasanya menggunakan angka puluhan di belakang garis miring (/), misale 120/60 atawa 120/70…

Yup… Rasio ukuran ban FDR Blaze rada kayak meniru gaya ban moge, seperti 180/55 atawa 190/55. Jadi tampilan bannya tampak ceper Om…

Lantas, apa bedanya FDR Blaze RX dengan Blaze RS??

Beda peruntukannya Om… Konon Blaze RX dibuat cocok dengan motor sport touring / street / naked. Sementara Blaze RS cocok untuk motor sport fairing. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: