Kecelakaan Motor: Jangan Menahan Motor Saat Terjatuh

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro! Siapapun pasti ingin selalu selamat saat berkendara, apapun kendaraan yang Om Bro gunakannya. Nah, jika Om Bro mengalami kecelakaan motor, berikut ini kiat’nya.

Advertisement

Tapi namanya manusia tidak tahu apa yang akan terjadi pada, bahkan setelah kita ekstra hati-hati sekalipun, resiko kecelakaan tetap masih ada.

Mtb ingat-ingat lupa. Mtb pernah baca melalui buku pedoman pemilik motor Honda, tepatnya Honda Astrea Star milik paman Mtb pada awal dekade 1990-an. Pada buku tersebut tertulis peringatan bahwa, “Mengendarai sepeda motor adalah 17 kali lebih berbahaya ketimbang mobil”.

Kecelakaan Yamaha Xeon

Mtb juga ingat dulu pernah terpeleset dan jatuh dari motor, lalu karena tidak tahu, Mtb menahan si motor agar tidak roboh. Maklum motor pinjaman, jadi Mtb takut kena marah pemiliknya.

Advertisement

Untung saja saat itu Mtb melaju perlahan, terpeleset karena jalanan tanah yang licin akibat hujan.

Sekap Saat Mengalami Kecelakaan Motor

Belakangan Mtb baru tahu bahwa menahan motor saat terjatuh adalah tindakan yang salah. Demikian menutut pebalap motor Indonesia, Doni Tata Pradita kepada DetikOto.

Menurut Doni, seorang pemotor jangan melawan atau menahan motornya apabila ia terpeleset. Karena bila menahan berat sepeda motor malah kemungkinan cederanya akan lebih parah, bahkan berpotensi menyebabkan cidera tulang.

Jadi sebisa mungkin lepaskan saja, ikuti arusnya mau jatuh ke mana.

Dan hal penting yang perlu kita ingat, selalu gunakan kelengkapan berkendara sepeda motor, yaitu sepatu, jaket, helm dan sarung tangan. (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *