Beranda » Serba-serbi » 7 Resiko Jika Melebihi Kapasitas Muatan Mobil Pick Up

7 Resiko Jika Melebihi Kapasitas Muatan Mobil Pick Up

New Suzuki Carry Pick Up

Motorisblog.com – Om Bro! Mengangkut barang sebaiknya harus sesuai dengan kapasitas muatan mobil pick up. Karena jika berlebihan, akan ada konsekuensi yang dapat membahayakan keselamatan.

Sejauh ini mobil pick up masih menjadi salah satu moda angkutan penunjang kegiatan perekonomian masyarakat Indonesia. Baik untuk menjual makanan atau minuman hingga jasa angkut barang.

Banyak peluang usaha dengan menjadikan mobil pick up sebagai alternatif kendaraan komersial.

Namun seperti yang sudah Mtb singgung, sebaiknya tetap jangan melampaui batas muatan yang menjadi anjuran pabrikan.

Meskipun mampu mengangkut barang dalam jumlah besar, penggunaan mobil pick up sebaiknya tetap sesuai dengan rekomendasi pabrikan, sehingga tidak menimbulkan dampak buruk bagi keamanan dan keselamatan. (Hariadi, Asst. To Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales, via suzuki.co.id, 25/6/2021).

Resiko Jika Melebihi Kapasitas Muatan Mobil Pick Up

Membahayakan Keseimbangan

Ketika jumlah muatan tidak sesuai dengan aturan mobil barang, maka kendaraan bisa kehilangan keseimbangan dan sulit bermanuver sehingga berisiko menyebabkan kecelakaan.

Performa Ngedrop

Saat jumlah muatan melebihi kapasitas bak mobil pick up apalagi sampai melebihi panjang mobil, maka mesin akan bekerja lebih berat.

Jika kondisi seperti itu terus menerus terjadi, dalam jangka panjang akan menurunkan performa mesin dan kendaraan secara keseluruhan.

Boros Bahan Bakar

Tak hanya efek jangka panjang, muatan melebihi kapasitas beban juga akan menimbulkan efek buruk jangka pendek yang langsung terasa, yaitu konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Akibatnya biaya bahan bakar pun bakal lebih besar.

Suspensi Tidak Bekerja dengan Baik

Suspensi merupakan tumpuan utama kendaraan.

Jika beban terlalu berat atau berlebihan, hal itu pasti akan mengurangi kinerja suspensi sehingga mobil jadi kurang optimal.

Rem Tidak Maksimal

Dalam kondisi suspensi tidak optimal, maka kemampuan rem dalam menghentikan laju kendaraan pun jadi tidak maksimal.

Ban Cepat Habis

Jika muatan berlebih, bagian ban yang bersinggungan langsung dengan permukaan jalan akan jadi lebih lebar. Akibatnya ban cepat aus dan habis.

Beresiko Pecah Ban

Efek buruk jangka pendeknya, ada resiko pecah ban akibat peningkatan suhu dalam kondisi kelebihan muatan.

Hingga saat ini ada dua model mobil pick up yang paling populer, yaitu Daihatsu Grand Max dan Suzuki Carry 1.5 Pick Up.

New Suzuki Carry Pick Up

Menurut sumber resmi Suzuki, Carry mendominasi pasar pick up sebesar 51.6% secara Wholesales (dari pabrik ke dealer) dan 52.9% pasar retail (dari dealer ke konsumen) selama periode Januari hingga Mei 2021. (Mtb).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *