Kapasitas Beban Motor Matic: Pahami Batasan Maksimalnya

Motorisblog.com – Om Bro! Biasanya pemudik sering tidak memperhatikan atau mengabaikan kapasitas beban motor matic. Padahal kondisi kelebihan muatan sangatlah berbahaya bagi keamanan dan keselamatan.

Betul Om. Biasanya pemudik sering mengangkut banyak barang bawaan menggunakan sepeda motor.

Tak hanya pemudik saja. Selain pemudik pun kadang ada yang berlaku seperti itu. Padahal selain berbahaya bagi keselamatan, kelebihan muatan juga membuat motor lebih mudah rusak. Misale saja kerusakan laher atau bearing roda, komstir, ban hingga komponen dalam mesin.

Lantas, berapakah daya angkut maksimal motor skutik yang seharusnya?

Kapasitas Beban Motor Matic

Dari berbagai sumber yang Mtb ciduk, kapasitas beban motor matic adalah maksimal 120-125 kg saja. Berat tersebut adalah gabungan dari berat badan pengendara, pembonceng dan barang bawaan.

Sementara untuk tipe bebek dan sport sedikit lebih tinggi.

Jika Om Bro memaksa membawa beban lebih berat dari 125 kg, maka kinerja mesin akan terganggu karena mesin harus bekerja lebih keras dalam perjalanannya.

Efek yang paling cepat terasa akibat dari beban berlebih adalah jarak pengereman yang menjadi lebih panjang serta kampas rem jadi lebih cepat habis.

Hal lain yang sangat terasa adalah konsumsi bahan bakar yang pastinya jadi lebih boros.

Kemudian pada bagian shockbreaker juga akan jadi lebih pendek usia pakainya.

Pada bagian roda, bearing dan ban pun jadi lebih cepat minta ganti.

Belum habis sampai situ, beban berlebih pada motor matic juga membuat perangkat dalam area CVT Box jadi cepat rusak. Akibatnya suara motor jadi kasar dan pada tingkat yang lebih parah bisa membuat tenaga motor ngedrop, tarikan lambat hingga tidak kuat nanjak.

Secara dasar, putaran mesin motor matik lebih tinggi dari motor manual. Jadi dalam pemakaian normal pun komponen mesin motor matic cenderung lebih cepat rusak ketimbang motor manual. Utamanya dalam hal keausan piston alias seher dan dinding silinder.

Itu dalam kondisi normal ya Om. Apalagi jika si motor matic sering mengangkut beban melebihi kapasitas normal. (Mtb).

Tinggalkan komentar