Lubang pengisian oli gear honda vario

Kapan Waktu Ganti Oli Gardan Motor Matic??

Motorisblog.com – Om Bro…!! Perkara waktu ganti oli gardan motor matic, sebenarnya sudah gamblang di buku petunjuk manual (buku pedoman pemilik) motor masing-masing. Tapi ternyata tidak semua pemilik mau meluangkan waktu untuk membaca buku panduan motornya sendiri. Terbukti kadang Mtb masih suka mendengar pertanyaan mengenai hal itu…

Jadi, kapan waktu ganti oli gardan motor matic yang seharusnya??

Jawabannya ialah setiap dua kali pergantian oli mesin…

Berapa kilometer sekali?? Atau berapa bulan sekali??

Tiap pabrikan punya standar masing-masing Om… Contohnya untuk produk skutik entry level Honda, anjuran penggantian oli mesinnya ialah setiap kelipatan 4.000 km. Maka anjuran penggantian oli gardannya ialah setiap 8.000 km sekali.

Selain patokan jarak tempuh, Honda juga memberi catatan 4.000 km atau 4 bulan dan 8.000 km atau 8 bulan. Artinya, jika motor Om Bro jarang pisan dipakai, maka setelah 4 bulan harus ganti oli mesin. Meskipun selama 4 bulan itu jarak tempuh motor Om Bro tidak mencapai 4.000 km. Artinya lagi, setelah 8 bulan Om Bro harus mengganti oli transmisi (oli gardan) meski jarak tempuhnya tidak mencapai 8.000 km.

Itu gambaran untuk produk skutik entry level Honda yang Mtb dapat dari buku panduan manualnya. Sementara untuk Yamaha dan Suzuki, anjuran penggantian oli mesinnya ialah setiap 3.000 km. Jadi jika berpatokan pada rumus 1:2 di atas, maka anjuran penggantian oli gardannya ialah setiap 6.000 km sekali.

Om Bro…!! Motor bertransmisi otomatis memang sekarang menjadi pilihan terlaris masyarakat Indonesia. Karenanya pabrikan pun tertarik menggelontorkan banyak pilihan motor jenis skutik. Mulai dari motor harian (entry level) yang bermesin 110-125cc hingga model premium bongsor bermesin 150-250cc.

Nah, tak ada bedanya dengan motor bertransmisi manual, motor matic pun harus dirawat. Termasuk salah satunya ialah penggantian oli mesin secara berkala.

Selebihnya lantaran motor matic menggunakan sistem transmisi yang terpisah dari mesin, maka kita pun harus mengganti oli transmisinya secara berkala. Tidak seperti motor manual yang sistem transmisinya menyatu dengan mesin.

Yup… Motor manual hanya menggunakan satu oli saja, yaitu oli mesin. Tidak seperti motor matic yang menggunakan dua oli sekaligus, yaitu oli mesin dan oli gardan (oli transmisi).

Penggunaan dua oli pada motor matic terjadi karena sistem transmisinya memang terpisah dari mesin. Tidak seperti motor manual yang sistem transmisinya menyatu dengan mesin, sehingga olinya hanya satu saja, yaitu oli mesin.

Kalo motor matic kan lain, sistem transmisinya terpisah dari mesin. Makanya olinya pun terpisah. Ada oli mesin dan oli transmisi. Tidak seperti motor manual yang sistem transmisinya menyatu dengan mesin…

Wakakakakak…!! Di pikir-pikir ko ngga kelar-kelar ini tulisan ya…?? Rupanya pas Mtb tengok lagi ke atas, tulisannya muter-muter itu lagi-itu lagi… Wkwkwkwk…!! Pantesan ngga kelar-kelar… Hadeuuhh…!! (Mtb).

Makasih udah singgah... Jika bermanfaat, monggo di share ke sosmed Om Bro masing-masing...

4 komentar untuk “Kapan Waktu Ganti Oli Gardan Motor Matic??”

    1. Masalah sih ngga. Malah bagus… Cuma kayaknya mubadzir aja,, anjuran 6000-8000 km,, jadi kalo tiap 2000 km kayaknya keseringan. Padahal kalo dibuat tiap 4000 km juga masih bagus.

      Tapi ngga apa-apa. Dengan begitu berarti oli gearnya bagus terus Om… Ngga pernah telat ganti.

  1. aku sih di 4000km aja min, atau dua kali pas ganti federal oil buat motor matic ane. terbukti ampuh di km segitu, bikin mesin makin juos

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *