Yamaha Nmax

Solusi Masalah Kanvas Rem Nmax Cepat Habis

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro! Ada tips menarik dari Mang Kobay (kobayogas.com). Mtb sebut manarik karena tips ini menjadi salah satu alternatif solusi dari beberapa keluhan yang menyebutkan bahwa kanvas rem Nmax cepat habis.

Advertisement

Bukan hanya kampasnya saja, bahkan piringan (cakram)nya pun konon cepat terkikis.

Sebenarnya mungkin tidak semua penunggang Yamaha Nmax mengalami masalah ini, yakni borosnya kampas rem dan piringan cakram.

Piringan / cakram jadi bergelombang akibat mendapat pengikisan terlalu dini.

Seperti pula Mang Kobay sendiri yang tidak mengalami hal itu pada Nmax miliknya setelah selama 3 tahun. Namun memang Mang Kobay juga mengakui bahwa Nmax miliknya jarang beroperasi. So, odometernya pun masih rendah pada saat ia menceritakan pengalaman tersebut tahun 2018 lalu.

Sementara itu orang-orang yang mengalami masalah ini adalah pemilik Nmax yang jarak tempuhnya jauh atau mobilitasnya tinggi, misale saja driver ojek online atau biker yang suka turing.

Secara normal, logikanya dengan mobilitas tinggi ya jelas kanvas rem Nmax cepat habis. Tapi kali ini masalahnya, keluhan yang muncul adalah karena durasinya yang tidak wajar.

Pada umumnya, kanvas rem dapat bertahan selama 8-9 bulan bahkan bisa setahun. Namun pada kasus ini, kampas rem Nmax habis hanya dalam waktu 4-5 bulan saja.

Selain itu piringan cakram’nya pun turut terkikis.

Solusi Masalah Kanvas Rem Nmax Cepat Habis

Mang Kobay menyebutkan bahwa mengenai alternatif untuk perangkat rem Yamaha Nmax adalah dengan mengganti kaliper rem (kepala babi) Nmax menggunakan milik Honda CBR150R.

Konon Om Bro bisa menerapkan cara ini pada semua varian Yamaha Nmax 2019 atau sebelumnya, baik itu versi ABS ataupun non ABS.

Informasi ini Mang Kobay dapatkan dari bengkel spesialis skutik ‘Lentera Motor’ Penggilingan, Jakarta Timur.

Mengganti kaliper set Yamaha Nmax menggunakan part Honda CBR150R

Informasi yang Mang Kobay berikan melalui blognya tersebut bersumber dari Mang Dora dan Bedul ‘Lentera Motor’.

Menurut Mang Dora, kepala babi (kaliper set) serta kampas rem milik Honda CBR 150R lebih awet dan tidak mudah mengikis piringan cakram.

Advertisement

Selain hanya lebih awet, Mang Dora juga mengklaim bahwa respon dan feeling rem Nmax jadi lebih baik dengan kaliper set Honda CBR150R. Rem lebih pakem dan konsisten, meskipun menurut Mang Kobay, efek pakemnya tidak signifikan.

Set rem CBR150R pada unit Nmax
Kaliper Set Honda CBR150R Terpasang pada Unit Yamaha NMax 155

Kembali Mang Dora mengklaim bahwa keawetan kanvas dan disc brake CBR150R pada Nmax sudah terbukti selama setahun, yakni sejak Juli 2017 masih awet dan belum ganti kampas rem hingga Juli 2018.

Mang Dora mengganti kaliper set Nmax dengan milik CBR150R sekaligus juga dengan kanvas remnya Honda yang adalah buatan KPP.

Kelemahan mengganti kepala babi Nmax menggunakan part Honda CBR150R/CB150R

Namun sayangnya, pemasangan kaliper set Honda CBR150R pada unit Nmax tidak bisa terjadi secara plug and play. Ada sedikit ubahan, yakni menggeser dudukan dengan memasang bracket buatan Lentera Motor.

Apakah aman?

Mang Dora menklaim bahwa unit Nmax miliknya sudah kemana-mana. Sudah touring dan menempuh perjalanan mudik ke Tasikmalaya.

Weleh, orang Tasik. Tetangga kabupaten sama Mtb yang dari Ciamis.

Biaya mengganti kepala babi Nmax menggunakan part Honda CBR150R

Menurut garapan Mang Dora, ada dua pilihan:

  1. Jika menggunakan part aftermarket, biayanya sekira Rp500 ribuan, sudah termasuk bracket dan ongkos pasang
  2. Jika menggunakan part original Nissin CBR150R (atau punya CB150R), biayanya berkisar Rp900 ribuan untuk dua set (depan dan belakang)

Itu harga pada tahun 2018. Sekarang mungkin sudah ada kenaikan.

Namun jika Om Bro lebih memilih produk aftermarket, ada merk Elig atau TDR yanh bisa menjadi alternatif lain.

Mang Kobay menambahkan, untuk kanvas rem, merk TDR lebih pakem. (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *