Honda c70 1979

Jumlah Produksi Motor Honda Sejak 1948 Hingga 2019

Motorisblog.com – Om Bro…!! Sebagai raksasa otomotif roda dua, tidak mengherankan jika jumlah produksi motor Honda selama 71 tahun berhasil mencatat angka 400 juta unit. Karena memang produk dari brand sayap mengepak ini sangat diterima dengan baik oleh berbagai lapisan masyarakat di dunia.

Di Indonesia misalnya… jumlah penjualan sepeda motor Honda selalu menguasai lebih dari 70% market share dalam beberapa tahun terakhir ini.

Sekilas Sejarah Motor Honda

honda s90
Honda S90

Menurut Wikipedia, Honda berdiri pada 24 September 1948 dan merilis motor pertamanya pada tahun 1949. Kemudian sejak tahun 1959 Honda sudah menjadi produsen sepeda motor terbesar di Dunia.

Untuk pasar Indonesia, brand asal Jepang ini memulai kiprahnya pada tahun 1971.

Menurut laman Motoroids, hingga akhir tahun 2019 lalu Honda telah memiliki 35 fasilitas produksi yang tersebar di 21 negara di seluruh dunia.

Dengan semua fasilitas itu, Honda merakit dan memasarkan produk-produknya… baik secara domestik atau pun ekspor ke negara lain.

Jumlah Produksi Motor Honda Sejak 1948 Hingga 2019

honda c70 1979

Honda memproduksi beragam model sepeda motor, mobil dan jenis mesin lainnya…

Pada lini produksi sepeda motor, ada beragam model yang dilahirkan… mulai dari skuter matik (skutik), model cub (bebek) model sport hingga motor gede (moge). Kapasitas mesinnya pun beragam, dari 50cc hingga 1800cc.

Secara global, Honda mencapai produksi motor ke-100 juta unit pada 1997… kemudian menembus angka 300 juta unit pada 17 tahun kemudian, yaitu pada tahun 2014.

Lima tahun kemudian (tahun 2019), Honda menambah 100 juta unit lagi catatan produksinya hingga menjadi 400 juta unit.

Strategi Produk Honda

Keberhasilan Honda menjadi industri sepeda motor terbesar tidak lepas dari suksesnya strategi yang mereka terapkan selama ini.

Salah satu strategi sukses Honda ialah dengan melakukan analisa pasar secara tepat… dan membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan di negara yang bersangkutan. Itulah sebabnya banyak pabrik Honda di banyak negara… karena setiap rancangan motor baru Honda selalu memperhatikan fungsi dan fitur yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Karena itu juga seringkali beberapa model motor Honda yang dibuat di sebuah negara tertentu, dia tidak hadir di negara lainnya.

Kenapa harus demikian?? Kenapa harus di beda-beda??

Karena selera masyarakat di tiap negara bisa berbeda.

Salah dua contoh misale Honda New Megapro 150 dan Yamaha Byson… konon model desain seperti kedua motor tersebut digemari di India sana. Tapi faktanya di Indonesia, New Megapro dan Byson tidak mendapat sambutan yang baik.

Nah… Selain Megapro, Honda cukup banyak belajar untuk menyesuaikan desain, fitur dan sebagainya dengan selera masyarakat Indonesia. Itulah mengapa di Indonesia, Honda selalu mendapat pangsa pasar paling besar.

Sejarah Motor Honda di Indonesia, Diakui atau Tidak, Desainnya Semakin Bagus!!

Melihat perkembangan motor Honda di tanah air, Mtb kira strategi yang sama pun diterapkan di negara-negara lain. Itulah mengapa Honda sukses menjadi pabrikan motor terbesar di seluruh dunia persilatan roda dua.

10 Besar Motor Terlaris di Indonesia Tahun 2010 – 2017

Penjualan Motor Honda vs Yamaha vs Suzuki 2005 – 2019

Data AISI Penjualan Motor 1996 – 2019: Ada Pasang Surut

Strategi Yamaha dan Honda: Licik Tapi Cerdas dalam Pencitraan

(Mtb).

Makasih udah singgah... Jika bermanfaat, monggo di share ke sosmed Om Bro masing-masing...

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *