Jumlah Kendaraan Bermotor di Indonesia 162,3 Juta Unit, Lebih dari Separuh Populasi Manusianya…

Motorisblog.com – Om Bro…!! Jumlah kendaraan bermotor di Indonesia, khususnya roda dua, telah menjadi salah satu yang terbesar di dunia. Maka pantas lah jika sekarang kita merasa suhu udara semakin panas… Karena tingkat polusinya pun pastinya amat tinggi.

Tapi mau bagaimana lagi Om…?? Mtb sendiri lebih memilih kredit motor ketimbang harus naik angkutan umum. Repot Om… Transportasi massal di Indonesia mah, Om Bro tahu sendiri lah ya… Di perkampungan, angkutan umum tidak menjangkau ke pelosok-pelosok bagian dalam… Sehingga tentu lebih praktis, efektif dan efisien ketika kita memiliki kendaraan sendiri.

Sedangkan di kota-kota besar, macetnya parah pisan kan Om…??

Mtb ingat pisan jaman masih tinggal di Jakarta… dulu… Perjalanan angkutan umum dari Tosari menuju Sunter membutuhkan waktu hampir 2 jam. Sedangkan menggunakan motor, waktu tempuhnya hanya 30-40 menit… Lah… Gimana Mtb ngga prefer naik motor, coba…??

Orang lain pun tentu berfikiran sama Om… Kebanyakan orang lebih suka memiliki kendaraan sendiri ketimbang menumpang angkutan umum. Maka itulah jumlah kendaraan pribadi semakin tahun semakin membengkak.

Apalagi di jaman now, fasilitas pembiayaan (kredit) kendaraan dibuat semakin mudah. Ya sudahlah… makin banyak orang yang memilih punya kendaraan sendiri…

Om Bro…!! Menurut Vice President Corporate Development PT Pertamina Lubricants, Mohamad Zuchri, jumlah kendaraan roda dua di Indonesia saat ini telah mencapai 137,7 juta unit. Sedangkan menurut data Badan Pusat Statistik, jumlah kepemilikan mobil di Indonesia telah mencapai 24,6 juta unit, yang terdiri dari 15,8 juta unit mobil penumpang, dan 8,8 juta bus + truk. (Viva, 11/3/2019).

Artinya apa…??

Artinya ialah… bahwa jumlah kendaraan pribadi di Indonesia telah melampaui setengah dari populasi penduduknya yang saat ini berada di kisaran 260 juta jiwa.

Sejauh ini, peningkatan jumlah kendaraan di Indonesia terjadi pada tahun 2011 lalu yang mencapai 7 jutaan unit. Sedangkan penambahan jumlah kendaraan di Indonesia 2018 ada di angka 6,3 jutaan unit. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: