Jumlah Anggota Gaikindo Berkurang Satu: KIA Keluar dari Keanggotaan

Motorisblog.com – Om Bro…!! Jumlah anggota Gaikindo berkurang satu pasca keluarnya KIA sejak tahun 2018 lalu. Iya Om… Sejak terakhir di tahun 2017, KIA tidak lagi tampil di lantai pameran GIIAS, bahkan tidak lagi menjadi anggota Gaikindo. (Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo – Liputan6, 6/7/2019).

Tidak hadir di GIIAS 2018, KIA pun dipastikan tidak hadir lagi pada gelaran GIIAS tahun ini, 2019. Brand asal Korea Selatan tersebut tengah berbenah diri untuk masuk ke dalam pelukan grup Indomobil.

Betul Om… Sepertinya KIA tengah mengalami turbulensi dan membutuhkan strategi baru agar performa pasarnya bisa lebih baik lagi di Indonesia.

kia sportage 2018

Perkara akuisisi KIA oleh grup Indomobil, Bambang Subijanto (Direktur Utama PT Indomobil Sukses International) memberikan konfirmasi atas berita tersebut. Menurut Bambang, kabar itu ialah benar adanya. Antara KIA dengan Indomobil memang tengah membangun perusahaan joint venture yang nantinya akan dinamakan sebagai ‘Kreta Indo Arta’. (Liputan6, 6/7/2019).

Tapi pun demikian, saat ini perizinan dan kesepakatan bisnisnya belum rampung.

Om Bro…!! Secara global sebenarnya KIA punya produk-produk yang mumpuni. Dia pun sudah punya akar nama yang cukup kuat… Namun faktanya ada faktor lain yang membuat KIA masih belum cukup kuat di Indonesia. Tentunya selain perkara image brand Jepang yang sudah terlanjur mendarah daging di pikiran konsumen Indonesia.

KIA masih sempat eksis hingga tahun 2017 di bursa pameran Gaikindo. Bahkan di ajang IIMS 2017, Kia Mobil Indonesia masih sempat merilis hatchback KIA Rio terbaru kala itu.

kia stinger 2019

Yaahh… Begitulah faktanya… Bagi Om Bro sekalian pecinta produk-produk KIA, berharap saja merka akan kembali ke Gaikindo dan GIIAS usai proses akuisisi oleh Indomobil nanti. Dan semoga nanti sedan ganteng nan sporty KIA Stinger yang telah beredar di pasar global dapat pula masuk ke Indonesia. (Mtb)

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: