Jaman Now Tidak Perlu Lagi Memanaskan Mobil Sebelum Jalan??

Motorisblog.com – Om Bro…!! Fenomena memanaskan mobil sebelum jalan masih menjadi pro kontra. Sebagian tetap bilang harus… Sebagian yang lain mengatakan bahwa hal itu tidak perlu lagi dijaman now ini.

Iya Om… Dulu kebiasaan memanaskan mesin mobil memang harus dilakukan sebelum mobil dikendarai. Bahkan terkadang hingga bermenit-menit lamanya. Namun teknologi dunia persilatan mobil jaman now mengatakan bahwa cara itu tidak perlu lagi dilakukan.

Dahulu, material mesin dan kemampuan pelumasan belum dapat membuat oli menempel pada dinding komponen dalam mesin. Karenanya, jika tidak dilakukan pemanasan, maka bagian dalam mesin akan tidak terlumasi dengan baik. Akhirnya mesin berisiko mengalami kerusakan dini.

Berbeda dengan kondisi dulu, sekarang pemanasan mesin tidak perlu lagi dilakukan. Sekarang sistem pelumasan mesin mobil sudah bagus. Oli pelumas tidak semua turun ke penampungan bawah, meski mobil lepas di parkir. (Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi – Kompas, 3/6/2019).

Namun bukan berarti pemanasan mesin lantas dilarang. Tetap ada masa dimana mesin mobil harus dipanaskan.

Menurut Head Product Improvement / EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi, waktu yang ideal untuk memanaskan mobil ialah jika lampu indikator oli pada odometer menyala. Artinya, pemanasan tidak perlu dilakukan jika lampu indikatornya telah padam. (Kompas, 3/6/2019). (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: