jakarta macet hari ini

Jakarta Macet Parah Hari Ini… Tidak Seperti Eropa dan Amerika yang Teratur

Advertisement

Motorisblog.com – Jakarta macet parah hari ini… Iya… tiap hari juga macet di Jakarta mah. Bukan cuma di Jakarta tapi dikota-kota besar lain seperti Surabaya dan Bandung. Dan yang menjengkelkan, macetnya kota-kota di Indonesia pasti selalu disertai dengan kesemrawutan. Banyak orang yang tidak sabaran, menerobos lampu merah, naik ke trotoar, selap-selip dan sebagainya yang pada akhirnya justru membuat kemacetan menjadi semakin parah.

Advertisement

Lain halnya dengan di Eropa dan Amerika…

Menurut salah satu aktor Indonesia yang gemar berkendara didalam dan luar negeri, Bucek Deep, di Eropa pun ada yang namanya macet, tapi disana teratur.

Bagi Mtb sendiri sih… penuturan Bucek Deep ini masih kurang jelas ya… Eropa itu kan benua. Dia luas. Jadi tepatnya dimana itu…? Tapi ya sudahlah. Sekedar tahu saja.

 

Ini maaf lho ya, Om Bro / Sista… Bukan maksud Mtb tidak bangga dengan tanah kelahiran sendiri, Indonesia. Tapi kalau mencontoh hal baik kan nggak ada salahnya toh? Dari mana pun kebaikan itu datangnya.

Kabarnya, dibeberapa negara Eropa dan Amerika, jalanan ada 3 jalur. Semua punya jalur masing-masing sehingga tidak ada motor yang selap-selip disegala sisi. Tapi tentunya hal tersebut pun musti dibarengi dengan kesadaran kita semua selaku pengguna jalan. Soale percuma saja dibuat jalur khusus kalau nyatanya tetap dilanggar. Buktinya, jalur busway pun di hajar kendaraan lain di Indonesia mah. Betul?

Tapi mudah-mudahan kedepan ada perbaikan. Contoh yang sedang dalam tahap sosialisasi sekarang seperti penerapan jalur khusus sepeda motor di Jl.MH.Thamrin, Jakarta Pusat. Itu hal bagus sekali sebagai permulaan penataan lalu lintas yang lebih rapi.

Advertisement

Oke… kembali ke Eropa…

Karena di Eropa sana jalanannya sudah teratur dan para pengendaranya pun taat, maka ketika jam macet, kendaraan akan tetap terurai. Setiap detik tetap melaju meski perlahan. Tidak seperti di Indonesia yang ketika macet, maka pengguna jalan (terutama pemotor) akan saling berebut agar bisa maju duluan. Padahal, dengan cara itu kemacetan justru bertambah parah. Ada kalanya diperempatan jalan bisa sampai mengunci tanpa gerak sedikitpun. Itulah parahnya Jakarta.

Bahkan…

…itu belum seberapa, Om Bro.

Bahkan suara klakson pun sangat jarang terdengar. Hampir tidak pernah terdengar. Jadi kalau sampai terdengar suara klakson, maka itu artinya ada sesuatu yang terjadi dijalanan. Entah ada orang yang marah karena sesuatu, atau pun hal lainnya. Jadi disana para pengendaranya tertib. Tidak main salip-salipan seenaknya. Jarang terjadi saling mendahului antar kendaraan.

Bandingkan dengan di Indonesia yang suara klakson pasti sangat berisik disaat jam padat.

Nah… begitu kata Bucek Deep. Kalau Mtb sendiri sih, jangankan ke Eropa,.. lah wong keluar pulau Jawa saja belum pernah. Hehehehe…!!

Trus kenapa Mtb sok tahu nulis artikel tentang lalu lintas di Eropa?

Yaaa… sharing dari hasil membaca ditempat lain kan boleh kan? (Jakarta macet parah hari ini). Sumber: detik.com

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *