Intercom Helm adalah Alat Komunikasi di Helm Motor dan juga…

Motorisblog.com – Om Bro…!! Aslinya Mtb bingung mau bikin judul tulisan ini… Maka jadilah judul yang ngga jelas. Wkwkwwk… Asal aja, Mtb gabungkan dua kalimat dari sumber berbeda sehingga menjadi satu kalimat, intercom helm adalah alat komunikasi di helm motor…

Inti dan maksudnya sih Mtb hanya pengen sedikit cerita gegara berita viral beberapa hari lalu, tentang seorang driver ojek online yang memberikan fasilitas intercom helm untuk penumpangnya.

Dalam istilah yang gampang, intercom helm adalah alat komunikasi yang digunakan oleh pemotor untuk berkomunikasi dengan orang lain. Misale antara pengendara dan boncenger, atau pun dengan teman pemotor yang lain yang tengah berkendara beriringan. Dengan alat ini, seorang pemotor tidak harus berteriak di kebisingan jalan untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain.

intercom helm motor

Intercom helm sebenarnya sudah umum di kalangan bikers. Utamanya bagi bikers yang gemar touring.

Koneksi intercom biasanya menggunakan Bluetooth. Pemasangannya di bagian luar dan dalam helm.

Di bagian luar di pasang alat kendalinya, sementara di bagian dalam dipasang speaker (headset) pada telinga kiri-kanan dan microphone di bagian mulut.

Selain hanya sebagai alat komunikasi, intercom helm juga dapat terhubung dengan perangkat multimedia lainnya. Misale IPOD, MP3 Player dan GPS Navigator. Jadi judulnya bisa dipakai untuk mendengarkan musik dan fungsi navigasi juga Om…

Perkara harga bervariasi tergantung kualitas dan kemampuannya. Yang hanya bisa terhubung untuk dua helm berkisar Rp400-700 ribuan dari produk China. Sedangkan untuk communication system yang bisa terhubung hingga belasan helm, banderolnya bisa di atas Rp1 juta dari brand terkenal, misale ‘Sena’ atau ‘Packtalk’. (Yusuf, SIAM Motor Otista Raya, Jakarta Timur – DetikOto, 7/7/2019).

Selain hanya jumlah koneksi, ada hal lain juga yang membedakan antara intercom yang mahal dengan yang lebih murah. Diantaranya ialah kelengkapan fitur, kualitas suara, juga maksimum jarak untuk dapat terhubungnya satu perangkat dengan perangkat yang lain. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: