insentif grab tidak masuk

Insentif Grab Tidak Masuk? Ketahui Penyebab dan Cara Penanganannya

Motorisblog.com – Insentif Grab tidak masuk. Om Bro…!! Sakit rasanya kalau setelah seharian, bahkan sampai malam kita kerja, eh tahu-tahu besok harinya insentif dari Grab tidak cair. Serasa sia-sia pekerjaan kita, mengingat nominal argo dari konsumen tidaklah seberapa sehingga dengan sendirinya kita, driver grab, bergantung pada insentif sebagai sumber pendapatan utama.

Jika Om Bro baca kode etik Grab driver, disana ada banyak sekali aturan-aturan yang dapat menyebabkan insentif Grab tidak masuk. Namun begitu, setiap kali ada pelanggaran yang terjadi, Grab hanya akan memberitahukannya pada Om Bro dengan kalimat global, misalnya “perjalanan tidak sah”, “indikasi kecurangan” atau kalimat-kalimat lain yang serupa. Intinya, Om Bro tidak mendapatkan penjelasan secara detail mengenai poin apa yang kita langgar. Namun, pada kasus tertentu, kita bisa mendapatkan informasi lebih rinci dengan cara menghubungi Customer Service Grab.

CONTOH KASUS INSENTIF GRAB TIDAK MASUK

Mtb sendiri sejak pertama bergabung dengan Grab sudah mengalami 3 kali sanksi lock insentif.

. Insentif hangus karena salah titik

Jika tidak salah ingat, kejadiannya tanggal 24 Desember 2017.

Saat itu Mtb menerima pesanan dengan lokasi jemput dan lokasi antar yang sangat jauh berbeda antara map order di aplikasi dengan posisi penumpang secara real. Hal itu terjadi karena si Ibu pemesan berada di lokasi dengan signal internet yang buruk. Sulit untuk menentukan lokasi jemput dan lokasi antar. Sementara untuk menentukan lokasi langsung melalui peta, si Ibunya juga belum tahu caranya. Jadi ya sudah, proses pemesanan dilakukan dengan lokasi sesuai apa yang dapat di deteksi oleh sistem Grab.

Nah, karena Mtb masih baru sebagai mitra Grab, Mtb belum tahu aturan mainnya. Mtb jalankan saja pekerjaan tersebut dengan sewajarnya. Mtb tekan mulai di lokasi penumpang menunggu dan menekan tombol selesai tepat setelah penumpang turun. Intinya, Mtb menekan tombol mulai dan selesai di lokasi yang jauh dari titik jemput / antar menurut map order.

Dan akibatnya, esok harinya insentif Grab tidak masuk serta Mtb di hukum keluar dari zona insentif selama satu hari.

Pengecualian:

Tapi Mtb juga pernah di kemudian hari mendapatkan pesanan dari penumpang dengan lokasi antar yang salah. Tapi saat itu insentif Mtb tetap cair. Caranya, saat pekerjaan selesai, dalam penilaian perjalanan, pilih emoticon merah (sedih) dan berikan keterangan lengkap. Saat itu Mtb pilih pilihan “perselisihan rute” dan “penumpang mengganti lokasi tujuan” dengan Mtb tambahkan keterangan, “lokasi antar jauh dari lokasi terpesan di aplikasi”.

. Insentif hangus karena penumpang yang sama dalam satu hari

Hanya selang satu hari setelah masalah di atas, Mtb mendapat masalah baru lagi. Judule Mtb lagi apes deh pokoknya.

Di hari itu Mtb mendapatkan pesanan dari penumpang yang sama. Dan esok harinya Mtb dikeluarkan dari zona insentif selama 3 hari.

Sebenarnya dalam hal ini, kode etik yang Mtb langgar adalah larangan akan penumpang langganan. Namun, Mtb sendiri saat itu tidak tahu seperti apa definisi / kriteria penumpang langganan dalam penilaian Grab.

Pengecualian:

Tapi Mtb juga pernah mengantarkan penumpang yang sama dalam satu hari dan insentif Mtb tetap cair esok harinya.

Pada dasarnya, dua kali order dari konsumen yang sama dalam satu hari tidak jadi masalah asalkan ada selang driver lain antara pesanan pertama dan pesanan kedua.

Kita pakai contoh,

* order pertama dengan tujuan dari rumah ke mall, masuk ke driver A

* order kedua dengan tujuan dari mall ke taman kota, masuk ke driver B

* order ketiga dengan tujuan dari taman kota ke rumah, kembali masuk ke driver A

Dalam kasus seperti itu, perjalanan driver A akan di anggap sah dan tidak melanggar kode etik. Setidaknya seperti itu yang pernah Mtb alami.

. Insentif Grab tidak masuk karena lupa memulai perjalanan

Sebelumnya Mtb pernah lupa menekan tombol mulai, sehingga “mulai” dan “selesai” Mtb lakukan di lokasi tujuan, yakni saat penumpang turun.

Saat itu Mtb tidak mendapatkan hukuman apa pun karena Mtb masih sangat baru sebagai mitra Grab bike. Jadi masih bulan madu lah ya… masih banyak di maklum.

Tapi, saat hal itu terjadi lagi, Mtb mendapat teguran dari Grab dan Mtb dikeluarkan dari zona insentif selama 5 hari.

Pengecualian:

Tapi Mtb pernah juga mendapatkan order dengan lokas terbalik. Jadi, si Ibu konsumen justru menunggu jemputan di lokasi tujuan.

Karena sudah terlanjur, Mtb jadi meyelesaikan pekerjaan tersebut dengan rute dari lokasi tujuan ke lokasi jemput. Tapi setelah selesai perjalanan, Mtb berikan ulasan pada emoticon merah bahwa konsumen melakukan pemesanan dengan lokasi terbalik. Maka, Alhamdulillah… esok harinya insentif Mtb tetap cair.

TAMPILAN BARU PERUBAHAN STATUS SYARAT INSENTIF

Mtb pertama kali mengalami ini pada tanggal 13 Mei 2018.

Biasanya, pada tampilan insentif didalam aplikasi, insentif yang telah berakhir akan berpindah ke bagian paling bawah. Kemudian esok harinya akan berpindah ke blok “berakhir” dengan statusnya, memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat.

Ada kejadian lain sejak tanggal 13 Mei sampai saat artikel ini dibuat. Yaitu, status insentif akan menunjukkan tulisan merah tidak memenuhi syarat terlebih dahulu sebelum nantinya berubah menjadi hijau dan memenuhi syarat.

insentif grab tidak masuk
Tampilan menu insentif jika tidak memenuhi syarat

Pertama kali mengalami hal itu, Mtb agak panik. Tapi saat Mtb tanya kanan-kiri, ternyata teman-teman driver pun mengalami hal yang sama.

Mtb penasaran… Mtb buka pada bagian skema insentifnya dan tampilan strip insentif tetap hijau. (Biasanya hilang dan kembali putih jika memang tidak memenuhi syarat). Maka juga melihat performa Mtb berada di atas syarat minimal, yakni 85% penerimaan, 4.50 rating bintang dan 8% maksimal pembatalan.

insentif grab tidak masuk
Tampilan jumlah perjalanan yang memenuhi syarat insentif
insentif grab tidak masuk
Tampilan penilaian (rating) driver Grab Bike

Melihat gejala-gejala yang ganjil tersebut, Mtb tetap tenang dan yakin bahwa hal tersebut hanyalah sedikit masalah sistem. Dan benar… Beberapa jam kemudian, status insentif berubah menjadi hijau memenuhi syarat dan uang insentif telah masuk ke dompet tunai.

CARA MENANGANI INSENTIF GRAB TIDAK MASUK

Om Bro…!! Ada kalanya insentif Grab terlambat masuk ke dompet tunai, entah karena keterlambatan sistem atau pun karena ada indikasi pelanggaran kode etik yang Om Bro lakukan.

Pada kasus indikasi pelanggaran kode etik, jika hal itu tidak termasuk dalam kelompok pelanggaran berat, biasanya pihak Grab akan menahan insentif Om Bro selama 2-3 hari lamanya.

Jika Om Bro mengalami masalah insentif Grab tidak masuk ke dompet tunai, untuk mengetahui penyebabnya secara pasti, Om Bro ikuti langkah-langkah berikut ini,

. Dari aplikasi driver, masuk ke “menu” (di pojok kiri atas),

. Pilih menu “bantuan”,

. Pilih “pusat bantuan”,

. Pilih “insentif dan benefit”,

insentif grab tidak masuk

. Pilih pilihan “insentif yang saya terima tidak sesuai (Grab Car / Grab Bike)

insentif grab tidak masuk

. Isi data-data yang diminta,

insentif grab tidak masuk

* pilih kota (menu dropdown)

* masukkan plat nomor kendaraan Om Bro

* laporkan masalah sesuai dengan pilihan yang tersedia

* pilih jenis insentif, garansi tarif atau target harian

* masukkan kode insentif** dan pilih tanggal kejadian

** kode insentif dapat dilihat pada menu insentif pada bagian telah berakhir dan scroll ke bagian bawah. (Mtb – Insentif Grab tidak masuk).

Tinggalkan Komentar