ahm injector cleaner

Review Injector Cleaner Honda vs Yamalube Carbon Cleaner

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Ketinggalan jaman memang Mtb ini… Mtb baru tahu bahwa AHM telah punya produk Injector Cleaner Honda seperti yang dimiliki pabrikan sebelah…

Advertisement

Betul Om…!! Sebelum ini Mtb selalu menggunakan Injector Cleaner motor dari merk sebelah, yakni ‘Yamalube Carbon Cleaner’. Padahal motor Mtb dari brand sayap Om… Tapi ya ngga apa-apa. Toh hasilnya bagus…

Secara prinsip kerjanya, Injector Cleaner AHM dapat dikatakan sama dengan Yamalube Carbon Cleaner. Fungsinya ialah untuk membersihkan endapan karbon di ruang bakar, kepala piston, membersihkan njektor, busi, serta katup (klep) masuk-buang.

ahm injector cleaner

Dengan cara kerja seperti itu, Injector Cleaner Honda yang diklaim mengandung formula ‘Powerful Cleansing Agent’ bakal mengembalikan performa mesin dengan membuat pembakaran kembali sempurna. Dengan pembakaran yang sempurna, maka konsumsi bahan bakar pun menjadi lebih irit, dan gejala engine knocking (ngelitik) pun hilang.

Terus, apa benar begitu hasilnya??

Betul pisan Om… Ini bukan promosi. Mtb ngga dibayar sama AHM (mudah-mudahan nanti dibayar. Wkwkwkwk…).

Tapi ngga gitu juga sih Om… Mtb cuma mau sharing… Mtb bukan mau melebih-lebihkan produk AHM, karena Yamalube Carbon Cleaner pun bagus. Hasil dari keduanya hampir sama.

yamalube carbon cleaner

Apa hasilnya…??

Mtb ngga mau alay kek bintang iklan. Mtb tidak bisa katakan bahwa performa naik drastis dan sebagainya…

Kenapa??

Karena motor Mtb cuma skutik 108,2cc yang sudah lemot pisan tarikannya setelah beberapa tahun kebelakang kerja berat jadi armada kanvas motoris selama 3 tahun… Lah iya Om… Spacy Mtb yang pada dasarnya lemot, sekarang semakin lemot setelah turun mesin tanpa kalibrasi ulang. Jadi misale sekarang Mtb katakan akselerasinya njengat setelah menggunakan Injector Cleaner AHM, itu lebay banget Om… Bohong besar… Karena jika pun ada perubahan performa, kemungkinan perubahannya hanya sedikit sehingga Mtb tidak merasakannya secara signifikan. Jadi harus menggunakan alat ukur performa untuk mengetahuinya. Tidak cukup hanya dengan menggunakan feeling saja.

Tapi… Memang ada perubahan lumayan banyak yang Mtb rasakan setelah pemakaian sekira 100 km. Yaitu pada putaran langsam mesin.

Bener pisan Om… Spacy Mtb tadinya putaran idle alias stasioner alias langsamnya sering ngga stabil. Sering tiba-tiba putaran langsam naik… Sampai-sampai motor dapat melaju dijalan datar meski grip gas tidak diputar.

Nah, gejala tersebut kemudian hilang dengan sendirinya setelah sekira 100 km pemakaian Injector Cleaner AHM.

Mtb bukan lebay muji-muji produk AHM lho ya Om… Karena beberapa bulan lalu pun gejala tersebut hilang setelah Mtb menggunakan Yamalube Carbon Cleaner. Maka itulah di atas tadi Mtb katakan bahwa cara kerja Injector Cleaner Honda kurang lebih sama dengan Yamalube Carbon Cleaner.

Sayangnya Mtb sering malas pergi ke kota buat beli Yamalube Carbon Cleaner. Padahal jaraknya cuma 5 km dari rumah. Tapi dasarnya Mtb jorok (wkwkwkwk…!!). Hingga saat gejala itu kumat, barulah Mtb beli pembersih mesin ini…

Nah, sekarang Mtb ganti, bukan lagi pakai Yamalube Carbon Cleaner, melainkan AHM Injector Cleaner. Mtb jajal sesuaikan dengan merk motornya…

Mtb membuktikan manfaat dari penggunaan kedua cairan seperti ini bukan baru kali ini saja. Sekira tahun 2012 atau 2013 lalu pun Mtb merasakan manfaat Yamalube Carbon Cleaner pada Yamaha New Vega R lansiran 2008 milik Mtb. Saat itu gejalanya sama… Langsam susah di stel stabil. Langsamnya ndut-ndutan… Naik turun semaunya.

Jika Mtb setting langsam rendah, akibatnya rpm sulit stasioner saat mesin masih dingin. Tapi kalau setting langsamnya sedikit dinaikkan, nantinya putaran langsam jadi tinggi pisan saat mesin telah panas. Kan musingin itu Om???

Tiga bengkel yang Mtb datangi (termasuk salah satunya bengkel resmi Yamaha) tidak mampu menyelesaikan masalah tersebut. Entah komponen apa yang saat itu (katanya) harus diganti (Mtb lupa… udah lama pisan sih kejadiannya), tapi tidak Mtb ganti. Maksudnya sih belum sempat Mtb ganti. Tapi setelah beberapa hari Mtb jajal pakai Yamalube Carbon Cleaner, lah ternyata langsam Vega R Mtb tiba-tiba sembuh sendiri.

Advertisement

Jadi Mtb kira diagnosa dari mekanik yang saat itu menangani Vega R Mtb rada meleset Om…Tidak tepat. Terbukti masalahnya saat itu ada pada kotoran dalam mesin. Entah di bagian mana tepatnya… utamanya sih di ruang bakar dan klep kali ya??

Menariknya Om… Meskipun katanya Yamalube Carbon Cleaner itu recomended untuk motor injeksi, tapi nyatanya bagus juga untuk motor karburator. Terbukti pada New Vega R 2008 yang pernah Mtb miliki. Bahkan efek positifnya pada performa motor berasa banget. Tarikan jadi lebih enteng… Terus pas Mtb mudik via jalur Puncak, Bogor, pun power di tanjakan jadi lebih ngisi Om…

Nah, kali ini bersama Honda Spacy pun Mtb mengalami masalah yang sama. Dan sembuhnya pun sama, menggunakan cairan pembersih, yaitu AHM injector Cleaner.

Meskipun judulnya ‘injector cleaner’, tapi kerjanya bukan hanya membersihkan injektor saja. Dia juga membersihkan ruang bakar, klep, dan lain-lain.

Sekira dua tahun lalu Mtb juga pernah mengeluhkan masalah langsam Spacy ini ke bengkel resmi Honda. Kemudian montirnya membersihkan saluran bahan bakar dan sebagainya… Tapi hasilnya ngga begitu memuaskan… Langsamnya tetap kadang kumat, meski intensitasnya berkurang.

Malahan setelah Mtb servis besar (turun mesin) pun gejala itu sesekali masih muncul. Lah ya itu… Sembuhnya justru oleh cairan pembersih yang dituang ke tangki bensin ini.

Perbedaan Injector Cleaner Honda dan Yamaha Carbon Cleaner

Perkara persamaan, di atas sudah Mtb katakan bahwa keduanya punya fungsi yang sama. Yakni membersihkan ruang bakar, membersihkan injektor, dan lain-lain. Sedangkan perkara perbedaan keduanya, yang jelas beda merk, juga beda warna kemasan.

Secara spesifik, keduanya beda takaran dan beda harga. AHM Injector Cleaner di jaringan AHASS dijual Rp26.500 untuk satu botol 60 ml… Sementara Yamalube Carbon Cleaner di jaringan bengkel resmi Yamaha dijual seharga Rp29.000 perbotol 75 ml. (Harga area Banjar Patroman, Jawa Barat – Juni 2019. Di kota lain mungkin berbeda).

Cara Menggunakan AHM Injector Cleaner dan Yamalube Carbon Cleaner

Meskipun keduanya beda takaran, namun anjuran penggunaanya sama. Yaitu satu botol untuk maksimal 5 liter bensin. Bedanya AHM hanya menyebutkan angka ‘5 liter’ saja, sedangkan Yamalube lebih spesifik, yaitu ‘satu botol untuk 3 – 5 liter bensin’.

Artinya jika Om Bro pengguna motor bebek atau matic yang berkapasitas tangki 4 literan, maka pas pakai satu botol AHM Injector Cleaner atau pun Yamalube Carbon Cleaner.

Bagi Om Bro pengguna Honda Vario 125-150 atau Honda Spacy seperti Mtb, satu botol untuk satu tangki kurang sedikit. Jangan terlalu penuh isi bensinnya, karena ketiga motor tersebut punya kapasitas tangki sebesar 5,5 liter. Sedangkan kedua cairan pembersih di atas disarankan untuk dicampur pada maksimal 5 liter bensin saja.

Untuk pengguna Honda PCX yang berkapasitas tangki 8 liter, sebaiknya isi tangki setengah saja. Atau jika Om Bro ingin mencapurkan pada bensin full tank, maka Mtb kira Om Bro harus menggunakan dua botol pembersih. Jadi asumsinya per-satu botol untuk 4 liter bahan bakan.

Pamungkasnya, jika Om Bro pengguna motor sport yang (misalnya) berkapasitas tangki 13-an liter… jika ingin mencampur cairan pembersih pada bensin full tank, berarti Om Bro perlu tiga botol cairan AHM Injector Cleaner atau pun Yamalube Carbon Cleaner. Begitu seterusnya…

Untuk interval penggunaannya, kedua brand di atas menggunakan patokan anjuran service rutin sesuai jadwal perawatan berkala produk motornya masing-masing. Yaitu setiap 3.000 km untuk motor Yamaha, dan setiap 4.000 km untuk motor Honda. (Mtb).

Cara Merawat Motor: 8 Kesalahan yang Sering di Lakukan

Advertisement

4 komentar untuk “Review Injector Cleaner Honda vs Yamalube Carbon Cleaner”

  1. Kalo injector cleaner honda bisa buat motor bebek karbu, seperti honda revo fit dsb., dan apa bbm harus benar – benar kosong saat ingin memakai carbon cleaner ini?

    1. Bisa buat motor apa saja.

      Tangki justru harus terisi bensin. Karena cairan itu bekerja sebagai campuran bensin.

      Takarannya: satu botol dicampur dengan 3.5 liter hingga 5 liter.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *