Honda spacy fi 2013

Modifikasi Kecil Honda Spacy Agar Tidak Mentok Polisi Tidur

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro! Dulu Mtb sempat bingung memikirkan bagaimana caranya agar Honda Spacy tidak mentok polisi tidur.

Advertisement

Yup. Mtb punya satu unit Honda Spacy FI lansiran 2013. Dan salah satu kelemahan dari skutik gendut ini ialah ground clearance alias kolongnya yang teramat rendah sehingga mudah gasruk ke polisi tidur atau ketika Mtb pakai berkendara di jalanan rusak.

Modifikasi Honda Spacy Agar Tidak Mentok Polisi Tidur

Menurut beberapa saran yang Mtb terima, setidaknya ada 2 cara yang bisa dijajal untuk mengatasi masalah ini. Cara tersebut adalah dengan mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar, atau mengganti shock belakang menggunakan part Honda Vario 125.

1. Mengganti Ban

Honda Spacy FI 2013

Honda Spacy FI 2013

Besar ban maksimal yang pernah Mtb jajal adalah tipe tubeless ukuran:

  • Depan = 100/80-14
  • Belakang = 110/80-14

Betul Om. Ban standar skutik Honda Spacy adalah ban biasa (ban yang menggunakan ban dalam) berukuran:

  • Depan = 80/90-14
  • Belakang = 90/90-14

Ide modifikasi ini Mtb dapatkan dari ban standar Honda PCX 150 versi CBU yang berukuran:

  • Depan = 90/90-14
  • Belakang = 100/90-14

Idealnya, untuk mendapat ketinggian yang pas pada matic Spacy, ukuran ban PCX 150 CBU inilah yang tepat. Tapi sayangnya ukuran ini agak sulit didapat di pasaran. Bahkan di bengkel resmi motor Honda pun tidak selalu tersedia.

Nah, untuk menyiasatinya, Om Bro dapat menggunakan ukuran 100/80 didepan dan 110/80 dibelakang.

Bagaimana jika menggunakan ukuran yang lebih besar lagi?

Mtb rasa tidak bisa. Ban akan mentok kiri-kanan di kolong ban, yaitu pada arm dan shockbreaker belakang.

2. Mengganti Shock Breaker Belakang

Ukuran panjang shockbreaker belakang Honda Vario 125 adalah 32 cm, sedangkan kepunyaan Spacy adalah 30 cm. Maka jika shock Vario 125 tersebut diterapkan pada Spacy, maka kolong Spacy bakal terangkat naik.

Nah. Gamblang kan Om? Om Bro tinggal pilih salah satu dari dua cara di atas. Apakah akan mengganti ban atau mau ganti shock?

Advertisement

Bagaimana jika kedua cara itu digunakan?

Mtb kira sih bisa, tapi jadi tidak efisien secara biaya, dan jadi terlalu tinggi secara jok tempat duduk.

Tidak efisien karena dengan menerapkan shock Vario 125 tersebut, maka Om Bro jadi harus merubah atau mengganti standard tengah dengan yang lebih panjang. Pasalnya, dengan hanya memperbesar ukuran ban saja jarak ban belakang ke tanah hanya sisa sekira 0,5 cm saja, saat motor berdiri dengan standar tengah. Maka jika ditambah dengan memperpanjang ukuran shock, sudah barang tentu standar tengah bakal menggantung tanpa menyentuh permukaan tanah.

Selain itu jika motor terlalu tinggi, maka motor akan jadi terlalu miring ketika berdiri menggunakan standar samping.

Kesimpulan

Lebih baik Om Bro pilih salah satu saja. Apakah mau upgrade ukuran ban atau mau ganti shock belakang.

Jikapun Om Bro tetap ingin mengaplikasikan keduanya, maka Om Bro harus merombak standar tengah. Entah dengan menambahkan (menyambung) plat baja dibawah standar tengah, atau bahkan mengganti standar tengah dengan kepunyaan motor lain.

Dan ingat! Jika Om Bro menggunakan kedua cara tersebut sekaligus, maka ketinggian jok pun bakal naik. Ditambah ukuran jok Spacy yang cukup lebar, tentu akan menyulitkan pengendara yang tinggi badannya kurang mumpuni.

Note:

Untuk penerapan cara tersebut pada Honda Beat dan Honda Vario 110, Mtb belum punya sumber yang terpercaya. Tapi ketika Mtb intip kolong Honda Vario 110 dan Honda Beat, Mtb kira hasilnya akan sama dengan Spacy. Jadi, cara ini bisa di aplikasikan pada Beat dan Vario 110 juga.

Namun itu hanya perkiraan Mtb saja. Monggo Om Bro konsultasikan pada bengkel terpercaya, untuk jawaban yang lebih akurat. (Mtb – Modifikasi Honda Spacy agar tidak mentok polisi tidur).

Advertisement

29 tanggapan pada “Modifikasi Kecil Honda Spacy Agar Tidak Mentok Polisi Tidur”

  1. jadi kira2 pake standar samping pake siapa ya bro biar ga terlalu miring spacy nya? gw udah lakuin 2 hal yg bro saranin diatas.. jdnya miring bgt nih motor. kalo yg standar tengah masih aman

    1. Sy sendiri belom coba ganti standar samping. Iya sih jadi miring banget, tapi sejauh ini masih aman. Sy sendiri lebih suka pake standar tengah Om… Standar samping dipake sesekali aja kalo emang perlu banget.

      Lagi pula, konon, penggunaan standar tengah pada saat parkir lebih baik dibanding standar samping. Istilah singkatnya, suspensi (shockbreaker) jadi ada istirahatnya. Ngga selamanya menahan bobot badan motor. Pengaruhnya shock jadi lebih awet.

  2. Yth. motorisblog.com mohon informasi/review selama anda menggunakan motor Honda Spacy yg telah di ubah ukuran ban & shocbreakernya itu, apakah kekurangan & kelebihannya (terutama dari segi kemanan & kenyaman selama berkendara). Tksh.

    1. Singkat aja ya Om… Biar ngga kepanjangan narasinya…

      Shockbreaker ngga saya ubah. Itu cuma saran kalo misale dirasa masih kurang tinggi. Lagi pula jika diganti shock yang lebih panjang sekaligus ban lebih besar, resikonya standar tengah jadi menggantung. Jadi saya kira dengan upgrade ukuran ban saja sudah cukup.

      Dengan upgrade ban depan-belakang saja sisa space ban ke tanah saat pake standar tengah tinggal 1 cm kurang lebih. Jadi kalo ganti shock yang lebih panjang 2 cm, pastinya standar tengah jadi menggantung.

      Secara keamanan, stang jadi kurang responsif buat manuver. Soale ukuran ban lebih besar dari standar pabrikan. Tapi itu ngga lama Om… Setelah seminggu-dua minggu, kalo udah terbiasa sih rasanya enak aja Om…

      Secara kenyamanan dapet banget Om… Ketemu jalan rusak, ketemu lobang, itu feel hantamannya mampu di redam dengan baik karena ukuran ban lebih besar. Jadi laju motor lebih stabil. Ngga mudah limbung. Kalo kata orang Jawa / Sunda disebutnya jadi “tambleg”. Enak pisan buat ditarik sampe mentok gas.

      Tapi jangan di biasain ngebut lah. Bahaya. Lagian top speed spacy kan ngga kenceng-kenceng amat. Mesinnya juga cuma 108cc.

      Kekurangannya di akselerasi. Tarikan awal jadi rada lambat. Kalo di lampu merah, berasa banget saya ketinggalan melulu dari skutik-skutik yang masih pake ban standar pabrikan. Tapi ya kembali lagi… Saya sendiri ngga suka betot gas sekaligus, jadi sejauh ini ngga masalah buat saya.

      Dari awal pas ganti ban yang pertama, sampe sekarang saya pake ukuran ban di atas standar pabrikan.

      Tapi jangan terlalu besar ukuran bannya juga Om… Maksimal 110/80 untuk ban belakang. Lebih dari itu, ban mentok ke shock & arm.

      Ban depan maksimal 100/80. Jangan lebih. Kalo lebih, mentok juga ke shock depan.

      1. Kalo saya, lebih baik ganti shock punya vario cbs yg lebih tinggi 2 cm dng ban ukuran standar depan 80/90-14 dan belakang 90/90-14, karena sudah aman dari poldur, beban CVT lebih ringan & lebih awet daripada narik ban lebih besar dari ukuran standar, masih bisa standar tengah, standar samping bisa di-las tambah besi, busi NGK Platinum, oli Xten, kanvas rem Aspira depan belakang (awet, tahan panas, pakem), biaya ganti ban lebih hemat dng ukuran standar, lampu depan LED RTD 25 watt 6 led (3 led lampu dekat kuning, lampu jauh 3 led kuning & 3 led putih), ban Aspira Premio Terreno (bagiku ban terbaik utk matic, kembang offroad tapi tak licin jika hujan, tak licin menginjak cat putih marka jalan, lebih stabil di jalan beralur pasir yg dikerok utk diaspal lagi, mencengkeram jalanan tanah becek, ukuran lengkap mulai 70/90-14, 80/90-14, 90-90/14, 100/90-14, dan ukuran ring 17 juga ada). Daya tahan ban terreno ini diatas 10 ribu (tergantung gaya nyetir, kondisi jalan, gaya mengerem, cuaca, cara menyimpan motor, dll).

        Silahkan dicoba …

    1. Sy ngga dapet referensinya Om… Coba kalo Om Bro lagi servis motor sambil sharing-sharing ke montirnya. Barangkali disana bisa dpt jawaban yang tepat.

      1. Maaf mas bro.. kalau spacy injek standar apa bisa pakai ban ukuran 100/90.. kok saya tanya di saat mau beli ban ukuran 100/90 katanya gak bisa.

        Mungkin sampean yg pernah coba bisa kasih refrensi pengalaman nya.

        1. Kalo 100/90 sy blm pernah coba Om… Tapi sy pake ukuran 110/80 di roda belakang bisa banget.

          Kalo sebatas perkiraan,, sy rada yakin 100/90 juga bisa. Soale setelah di pasang pada velg standar, hasil dari 110/80 tidak akan jauh dari 100/90.

          Malahan secara lebar tapak ban,, 110 jelas lebih lebar dari 100. Itu pun sy pake aman.

          Mungkin si penjual yang bilang ngga bisa itu dia cuma takut salah. Khawatir kalo Om Bro nantinya complain & bannya di kembalikan ke penjual. Begitu asumsi sy.

          1. Kalau menurut sampean cocok tidak bila ban depan spacy pakai 80/90 dan belakang pakai 100/90..

            Terlalu nungging tinggi belakang tidak..?

          2. Sy kira ngga akan berasa terlalu nungging Om… Masih normal.

            Kalo mau lebih seimbang kayaknya sih lebih enak ukuran depannya 90/90. Lebih seimbang dengan ukuran 100/90 di belakang. Tapi itu cuma bayangan sih,, soale sy sendiri blm pernah coba langsung.

  3. Saya mau ninggikan spacy sy juga sesuai saran di blog ini. Sayangnya baru aja digantiin ban belakang dengan ukuran standar 90/90 sm sodara sy.
    Akhirnya sy putuskan ganti ban depan dulu sesuai saran yakni dgn ukuran 100/80.
    Setelah dipasang, langsung cus dipake jalan. Hasilnya tidak memuaskan, ban depan nyangkut slebor bagian dalam yg sambungan tengah. Sy bawa ke beberapa bengkel resmi / variasi, sarannya ada hrs ninggiin shock dan ganti ban standar.
    Setelah diam termenung beberapa saat, nemu ide buat dituker aja.
    Ane bawa ke tempat jual ban (semacam planet ban) buat di lukir. Jadi konfigurasi spacy ane skg:
    Ban depan 90/90
    Ban belakang 100/80

    Polisi tidur dah g gasruk lagi dan makin antep setelah modif pake roller 9gr + peer cvt 1500rpm.

    1. Bisa bantu saya pake corsa 110 yang tipe ban pacul kena shock tergesek klw boncengab.. Sampe skrg susah cari gantinya..

    1. Sy blm punya remomendasi Om… Barangkali Om Bro bisa konsultasikan sama bengkel modifikasi.

      Temen sy pengguna Yamaha Xride sih ada yang di modif sambung as shock. Tapi sy ngga paham itu apakah aman atau ngga.

  4. buat yang pake ban belakang ukuran 110 harus perhatiin shock juga, kalau shock di ganti pastiin dulu pernya gede apa kecil (kalau aftermarket pasti gede) efeknya kalau boncengan pasti kena shock terus.

    perhatiin juga karet bosnya, aus ga tuh bisa jadi karna karet bos kena jadi ban belakang abis di sisi kiri doang

  5. Permisi Gan,

    Saya udah ganti shock belakang dengan punya Vario 125 yang ukuran 32cm dengan ban standard 90/90, walhasil emang gak mentok poldur kalau sendiri (kalau berempat sama istri dan 2 anak masih nggasruk poldur yang tinggi)

    Tapi efek samping nya pinggang jadi lebih pegel gara2 shock breaker lebih menghentak-hentak), entah karena terlalu keras atau terlalu lembut jadi montal-mantul

    Rencana mau ganti shockbreaker tabung yang air suspension 32cm macam yss dkk apakah cocok Gan dan ada rekomendasi merk Gan?

    Katanya sih yang tabung lebih empuk, tapi ngeliat posisi lubang kunci jok jadi khawatir mentok sama si tabung nanti 😀

    1. Kalo shock tabung, yang sy ngga yakin itu tabungnya. Harus dipastikan dulu apakah mentok atau ngga.

      1. Oh, ok Gan, nanti saya cek di bengkel variasi terdekat.

        Btw berarti rekomended ganti shock tabung supaya lebih empuk dan enggak mantul2 ya Gan?

        1. Tergantung tingkat rebound shock-nya itu sendiri. Kalo shock panjang terus terlalu empuk, justru ngga enak. Saat bawa beban berat atau di kecepatan tinggi, dia bakal kurang stabil… Bahkan bisa menimbulkan efek limbung.

          Shock Vario itu kan lembut banget. Jadi kalo pake shock Vario ngga enak, saya rasa gantinya justru harus yang sedikit agak keras.

          Tapi itu cuma asumsi saya aja. Untuk lebih pastinya bisa konsultasi ke bengkel variasi yang punya reputasi baik. Bengkel variasi yang yang terpercaya.

  6. saya coba ganti pke shock vario 125 AhM tp lobang atas gk mau masuk ke rangka atas..lobang mur shock terlalu besar..tp untuk yg bawah bisa masuk..akhirnya saya ganti pke merk federal..bisa klop atas bawah..tp sayang nya ini shock empuknya kelewatan..jd gk nyaman ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *