Honda Sonic 150R 2017 red

Review dan Spesifikasi Honda Sonic 2017 Terbaru

Advertisement

Motorisblog.com – Honda Sonic 2017 Terbaru – Om Bro…!! Satu lagi kelas motor bebek sport 150 cc yang tak kalah panas adalah New Honda Sonic 150R. Motor berdesign ayago (ayam jago) terbaru ini disiapkan untuk menandingi kedigdayaan Suzuki Satria F150 di ranah persilatan motor tanah air.

Advertisement

Mengusung tagline ‘Aksi tanpa batas’, New Honda Sonic 150R diciptakan untuk biker muda yang menggandrungi kecepatan dan kelincahan motor yang keren dan stylish.

New Honda Sonic 150R didesain dengan bobot yang ringan dan ramping, sesuai untuk karakter perkotaan yang padat dan macet.

Honda Sonic 150R 2017 red

Sesuai dengan targetnya yang menyasar kaum muda serta target kelincahan motor, Honda Sonic 150R memberikan akselerasi yang cepat pada putaran bawah dan menengah.

Konsumsi Bahan Bakar Honda Sonic 2017 Terbaru

Meski New Honda Sonic 150R berkarakter lincah dan cepat, namun dia tetap irit bahan bakar. Hal itu didapatkan dari offset cilinder, roller rocker arm dan dinding piston yang bertekstur.

Menurut klaim dari situs resmi Honda (astra-honda.com) konsumsi bahan bakar Sonic 150R mampu mencapai 45,35 km / liter (Euro2) dan 40,9 km / liter (Euro3).

Honda Sonic 150R tersedia dalam 4 pilihan warna, yakni:

  1. Active white
  2. Energetic red
  3. Special repsol edition
  4. Aggresso matte black

Lalu bagaimana dengan pandangan bikers terhadap produk ayago berlogo sayap mengepak ini??

Beberapa waktu lalu Mtb sempat menjajal Sonic tunggangannya Kang Dani (tetangga Mtb di kampung). Hanya sekilas sih… cuma jajal sedikit saja, jadi kurang bisa mewakili pemaparan Mtb secara lengkap.

Demi mendapatkan pencerahan yang lebih detail, Mtb mengintip reviewnya Kang Eno (enoanderson.com) untuk mengorek kekurangan dan kelebihan sang ayago.

Kekurangan dan Kelebihan Honda Sonic 150R

Kelebihan Honda Sonic

Meski Honda Sonic mengusung desain ayago seperti Satria FU, tapi dari detail design kedua motor tersebut sama sekali berbeda.

Secara singkat, Honda Sonic 150R hadir dengan mengusung desain yang fresh, tajam dan agresif. Sangat cocok untuk menunjang gaya kawula muda yang lincah dan agresif.

Kekurangan Honda Sonic

Harga relatif lebih mahal dari kompetitor

Sebenarnya artikel tersebut adalah hasil review Kang Eno pada 2 tahun yang lalu (2015), tapi sepertinya tidak banyak ubahan yang dilakukan oleh Honda. So, review tersebut masih valid hingga sekarang.

Menurut Kang Eno, harga Sonic ini relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan kompetitor, yaitu Suzuki Satria F150 dan Yamaha MX King 150 (meski MX King berbeda model).

Bagi sebagian orang (termasuk Mtb), fenomena seperti ini bukanlah hal baru yang aneh. Bahkan lebih tepat disebut “lagu lama”.

Maksudnya begini:

Keberhasilan Honda menjadi merk sepeda motor terlaris di Indonesia bukanlah sebuah keberuntungan / keajaiban. Semua itu dapat diraih dengan kerja keras dan strategi promosi serta strategi marketing yang handal.

Nah, untuk bisa menjalankan semua strategi tersebut, Honda tentunya harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Dia harus membayar JKT48 yang menjadi icon Honda Beat, membayar para penyanyi panggung dalam setiap acara roadshow, dan biaya-biaya lainnya.

Yang intinya:

Segala biaya tersebut pada akhirnya dilimpahkan pada harga jual produk.

Masih jelas sampai sekarang bagaimana harga Honda CB 150R dan CBR 150R yang terpaut jauh dari Suzuki GSX S150 dan GSX R150. Dan itu hanyalah salah satu contoh saja. Masih banyak contoh-contoh lain pada lini produk Honda, seperti misalnya banderol skutik Honda yang setara dengan skutik kompetitor, padahal kapasitas mesin skutik Honda lebih kecil.

Tidak ada U box (bagasi) untuk muat-memuat

Target Honda pada Sonic 150R adalah desain ekstra ramping dengan bobot ekstra ringan. Nah, demi menggapai target tersebut, tentunya haruslah ada aspek yang dikorbankan. Dalam hal ini ya itu, tidak ada bagasi. Jadi bagi Om Bro yang menggandrungi Honda Sonic, janganlah berharap dapat membawa barang bawaan di dalam bagasi. Bahkan untuk menyimpan selembar jas hujan pun Om Bro akan kesulitan.

Model body terlalu slim sehingga targetnya menjadi sempit

Model slim yang ditawarkan oleh Honda Sonic tentunya hanya menyasar sebagian kecil kalangan saja. Pasalnya, (secara umum) orang-orang diluar usia muda tidak akan terlalu suka dengan desain seperti ini.

Selain itu desain yang terlalu slim tersebut tentu akan dihindari oleh orang-orang yang berbadan gambot. Karena pastinya tidak akan tampil keren seorang gemuk ketika menunggang motor sekecil Sonic.

Peminat New Sonic 150R harus menunggu perbaikan design

Jika Om Bro mengingat perjalanan Honda CB 150R vs Yamaha Vixion, mungkin Om Bro akan menunggu versi baru dari Honda Sonic. Ingatlah pada saat CB 150R pertama kali di luncurkan tahun 2012, dia mengusung desain “apa-adanya”. Barulah kemudian setelah Yamaha Vixion up-grade tampilan, maka Honda pun melakukan perubahan total pada desain body CB 150R supaya tampak lebih kekar.

Peminat New Sonic 150R menjadi beban orang tua

Khusus di poin ini, kelemahannya juga menyangkut Suzuki Satria F150 yang juga menyasar market yang sama.

Coba renungkan. Honda Sonic menyasar target konsumen muda. Nah, yang disebut “anak muda” itu adalah seorang yang berada pada rentang usia 15 hingga 25 tahun.

Advertisement

Lantas, apakah di usia tersebut seseorang sudah produktif?? Lalu dari mana lagi dia akan mendapatkan uang untuk membeli motor?? Paling-paling dari orang tuanya masing-masing kan??

Lah iya lah, masa dari orang tua saya. Wkwkwkwk…

Singkatnya, seseorang dari kalangan ekonomi ‘pas-pasan’ seperti Mtb, bakal pusing ketika sang anak bujang minta dibelikan motor tersebut.

Dan sepertinya faktor inilah yang membuat Honda (dulu) sempat menahan laju masuknya Sonic 125 ke tanah air. Honda sempat melakukan eksperimen menggunakan CS1 125, namun kemudian gagal di pasaran sampai akhirnya Honda merilis Sonic 150.

Spesifikasi Honda Sonic 2017 Terbaru

  • Tipe mesin: 4 langkah, DOHC, 4 katup

Meski desainnya menganut jenis bebek sport, tapi soal mesin dia telah menggunakan jenis DOHC 4 katup yang powerfull. Hal ini tentu menjadi nilai lebih, mengingat di luaran sana masih banyak motor-motor yang menganut jenis mesin SOHC.

  • Kapasitas silinder: 149,16 cc

Kapasitas mesin 150 cc tergolong besar untuk ukuran motor bebek (meski bukan bebek murni).

  • Sistem pendingin mesin: Cairan dengan kipas otomatis

Selain hanya cairan, Honda Sonic juga dilengkapi dengan kipas pendingin otomatis yang akan menyala pada suhu tertentu. Hal itu memiliki efek positif dalam sistem pendinginan mesin agar lebih maksimal.

  • Sistem bahan bakar: Fuel injection (PGM-FI)
  • Diameter×  langkah piston (bore× s troke): 57,3 x 57,8 mm
  • Perbandingan kompresi (compression ratio): 11,3:1

Spesifikasi mesin DOHC di sokong dengan rasio kompresi yang cukup tinggi. Efek positifnya tentu pada muntahan power yang menjadi lebih besar.

  • Power maksimum: 11,8 kW (16 PS) / 9000 rpm
  • Torsi maksimum: 13,5 Nm (1,38 kgf.m) /6500 rpm
  • Tipe transmisi: Manual, 6 percepatan
  • Pola pengoperan gigi: 1-N-2-3-4-5-6

Selain Suzuki Satria FU, Honda Sonic juga merupakan bebek sport yang menawarkan tingkat percepatan hingga 6 gigi. Om Bro akan merasakan putaran mesin yang “santai” pada kecepatan tinggi.

  • Starter: Pedal dan elektrik starter
  • Tipe kopling: Multiple wet clutch, coil spring (manual, tipe basah)

Meski berbadan bebek, model kopling manual pun di sematkan Honda pada New Sonic 150R. Efeknya tentu pada tarikan (akselerasi) yang lebih cepat (responsif).

  • Kapasitas tangki bahan bakar: 4 liter

Inilah salah satu aspek yang terpaksa harus di korbankan.

Meski Sonic disejajarkan dengan motor sport, tapi dia tetaplah seekor bebek. Apalagi dengan desain yang serba slim, mengakibatkan kapasitas tangki bahan bakar menjadi terlalu kecil untuk ukuran mesin 150 cc.

  • Kapasitas oli mesin: 1,1 liter

Kecuali jika Honda menyediakan oli mesin dengan kemasan khusus, maka Om Bro tidak akan merasa ribet.

Namun ini tidak. Om Bro harus membeli 2 botol oli.

Nah, yang bikin ribet adalah karena salah satunya hanya akan diambil sebanyak 100ml saja.

  • Dimensi (panjang × lebar × tinggi): 194,1 × 66,9 × 97,7 cm

Kebanyakan motor (bahkan motor bebek sekalipun), memiliki tinggi stang hingga lebih dari 1 meter. Namun tidak dengan Honda Sonic. Dia memang didesain supaya jadi motor yang lincah dan agresif, maka ketinggiannya pun relatif rendah sehingga pengendara harus menunduk di atas motor ini.

  • Jarak sumbu roda: 127,5 cm
  • Jarak terendah ke tanah: 14 cm
  • Tinggi tempat duduk: 76,2 cm
  • Berat kendaraan: 114 kg

Masih pada target “lincah dan cepat”, Honda Sonic memiliki bobot yang relatif lebih ringan. Bandingkan dengan bobot rerata motor sport 150 cc yang berada di kisaran 130 kg, bahkan lebih

  • Tipe rangka: Twin tube steel

Rangka twin tube Honda Sonic 150R

Dan disinilah kunci pokok kelincahan, kestabilan dan kecepatan Honda Sonic 150R. Dia dibekali rangka yang kokoh dan kompak.

  • Ukuran ban depan: Tubeless 70/90-17 38P
  • Ukuran ban belakang: Tubeless, 80/90-17 50P

Disini penampakannya menjadi dilematis bagi orang seperti Mtb. Pasalnya, pandangan mata Mtb menganggap ukuran ban tersebut terlalu cungkring untuk motor 150 cc.

Tapi ya tidak klop juga jika body yang serba slim tersebut dipasang kaki (ban) berukuran gambot. Betul??

  • Tipe rem depan: Cakram hidrolik
  • Tipe rem belakang: Cakram hidrolik

Apalah guna sebuah motor yang lincah jika aplikasi pengereman tidak seimbang (maksimal). Maka dari itulah Honda Sonic dibekali dengan double disc brake.

  • Suspensi depan: Teleskopik
  • Suspensi belakang: Lengan ayun dengan peredam kejut tunggal

Pun di bagian ini.

Sebuah motor sport slim pasti akan kehilangan sportifitasnya jika menggunakan model suspensi ganda pada roda belakang.

  • Sistem pengapian: Full transisterized (battery)
  • Tipe batterai (accu / aki): MF Wet, 12V-5Ah
  • Busi: NGK MR9C-9N / ND U27EPR-N9
  • Harga
  1. New Sonic 150R standar: Rp21.825.000
  2. New Sonic 150R repsol: Rp22.425.000
  3. New Sonic 150R special (black): Rp22.225.000

(Mtb – Spesifikasi & Review Honda Sonic 2017 terbaru).

Spesifikasi dan Harga Honda Sonic 2019 Terbaru

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *