Honda Skill Contest 2019 Seleksi 23.371 Orang Siswa dan 422 Guru

Motorisblog.com – Om Bro…!! Memasuki satu dekade kompetisi otomotif roda dua tingkat SMK, AHM menggelar Honda skill contest 2019 untuk mencari siswa dan guru berprestasi dari SMK binaan AHM di seluruh Indonesia. Event ini menjadi wujud konsistensi kontribusi AHM di dunia pendidikan, khusuanya SMK jurusan otomotif roda dua.

Yup… PT AHM kembali menggelar event Honda student skill contest di tahun 2019. Event yang merupakan penyelenggaraan ke-10 ini diberi judul ‘Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocation School’… Yaitu suatu kompetisi untuk mencari siswa dan tenaga pengajar terbaik dari SMK di seluruh Indonesia yang berada di bawah binaan AHM.

Skill kontes Honda AHSC for Vocational School 2019 digelar pada 14-17 Oktober. Kompetisi ini diikuti oleh 40 siswa terbaik yang diseleksi dari 23.371 siswa dan 27 guru terbaik hasil seleksi dari 422 guru SMK yang berada di berbagai wilayah tanah air.

astra honda skill contest ahsc 2019

Iya Om… Sebelum berkompetisi di tingkat nasional, para peserta telah lebih dulu mengikuti berbagai tahapan seleksi di tingkat sekolah dan tingkat regional sejak Januari hingga Agustus 2019.

astra honda skill contest ahsc 2019

Pada tahapan seleksi ringkat regional, AHM telah bekerja sama dengan 27 jaringan main dealer Honda yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Sedangkan jumlah sekolah yang turut dalam kompetisi AHSC ini adalah 686 SMK, dimana sekolah-sekolah tersebut telah mengimplementasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

astra honda skill contest ahsc 2019

Tahapan seleksi di tingkat sekolah dan tingkat main dealer terdiri dari uji tertulis, uji praktek, toubleshooting dan analisa serta penyelesaian masalah pada motor Honda. Disini para siswa di uji berdasarkan kurikulum TBSM Honda yang mereka pelajari selama semester 1 hingga semester 4 masa sekolahnya.

Sedangkan untuk para guru, ujiannya ialah pada pemahaman modul dasar dan modul lanjutan yang diberikan AHM pada setiap SMK TBSM.

Pamungkasnya, para peserta juga di uji pengetahuannya terkait teknologi terbaru Honda melalui materi yang dapat di akses via portal online e-Learning di https://edukasi.satuhati.id . Portal e-Learning yang selalu di update secara berkala oleh tim AHM dengan perkembangan isu, produk dan teknologi terkini untuk menjembatani ‘link & match’ dunia usaha dan industri.

Kompetisi AHSC for Vocational School merupakan bagian dari upaya AHM dalam berkontribusi untuk meningkatkan mutu pendidikan vokasi industri di Indonesia. Harapannya, AHSC dapat membantu pemerintah dalam menyiapkan generasi muda yang siap bersaing dalam menghadapi kemajuan teknologi di dunia persilatan roda dua tanah air.

Dengan AHSC ini, diharapkan akan lahir SDM berkualitas unggul dan mumpuni, baik dari kalangan siswa atau pun dari kalangan guru terpilih di SMK binaan AHM di seluruh Indonesia. (Ahmad Muhibbudin, General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM) – via press release ke redaksi Motorisblog, 8/10/2019).

Program pendidikan vokasi ini telah diadakan oleh AHM sejak tahun 2010 lalu. Hasilnya… Ada 689 SMK yang tergabung dalam pembinaan AHM di 34 provinsi di Indonesia.

Selain ujian AHSC di atas, para siswa SMK juga mendapat kesempatan Praktek Kerja Industri (Prakerin) langsung di jaringan bengkel resmi Honda. (Mtb).

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: