Honda Safety Riding Japan: 5 Instruktur AHM Berkompetisi di Negeri Sakura

Advertisement

Motorisblog.com – Honda Safety Riding Japan – Om Bro…!! 5 orang instruktur safety riding binaan PT Astra Honda Motor (AHM) siap berkompetisi di Jepang… Yaitu pada ajang ‘The 20th Safety Japan Instructors Competition 2019’ di Suzuka Circuit Traffic Education Center pada 3-4 Oktober 2019. Mereka masuk di kelas 750cc, 400cc dan 125cc.

Advertisement

Kelima peserta safety riding Honda tersebut adalah para pemenang kompetisi Astra Honda Safety Riding Instructor Competition (AH-SRIC) dan dua orang instruktur safety riding AHM. Mereka adalah:

1. Samsul Falah dari main dealer PT Wahana Makmur Sejati, pemenang AH-SRIC kategori Safety Riding Center Main Dealer Honda

2. I Gusti Ngurah Agung Iswahyudi dari Astra Motor Denpasar, Bali, juara pertama AH-SRIC kategori Big Bike

3. Ibnu Fachrizal dari Astra Motor Samarinda, juara pertama Safety Japan Instructor Competition 2018, kelas 400cc

4. Hendrik Ferianto Safety Riding AHM
5. Deni Surahman dari Safety Riding AHM

Pada kompetisi di Jepang, mereka masing-masing berlomba pada ketegori / kelas:

1. Samsul Falah di kelas 125cc menggunakan Honda MSX125
2. I Gusti Ngurah Agung Iswahyudi di kelas Big Bike
3. Ibnu Fachrizal di kelas 400cc menggunakan Honda CB400SF
4. Hendrik Ferianto di kelas 750cc menggunakan Honda NC750
5. Deni Surahman di kelas 750cc menggunakan Honda NC750

Untuk meningkatkan skill sebelum bertanding, para instruktur telah mengikuti berbagai program pelatihan Safety riding motor selama satu bulan di Bandung. Fokus pelatihannya adalah skill berkendara, mental dan latihan fisik untuk menjaga kebugaran.

Advertisement

Selain di Bandung, para peserta juga berlatih secara intensif di Traffic Education Rainbow Center (TERC) Hamanako dan di Suzuka Circuit Traffic Education Center (SETC), Jepang, selama 26 September hingga 1 Oktober 2019. Fokus latihannya ialah materi keselamatan berkendara dan motivasi untuk siap bertanding di ajang kompetisi internasional.

Selain latihan-latihan tersebut di atas, para instruktur jelas telah memiliki bekal besar dari implementasi teknik berkendara yang aman dan nyaman di jalan raya pada aktifitas harian mereka. (Andi Wijaya, Deputy General Manager Marketing Planning and Analysis – via press realase yang diterima Mtb, 30/9/2019).

Selain dari peserta Indonesia, ajang The 20th Safety Japan Instructors Competition 2019 juga diikuti oleh para instruktur terbaik dari 9 negara lainnya, yaitu:

1. Singapore
2. Malaysia
3. Thailand
4. Philippines
5. Vietnam
6. India
7. Taiwan
8. Australia
9. Turki

Pada lomba tersebut, para peserta di uji pengetahuannya oleh tim juri dengan dua cara:

1. Edukasi, para peserta harus memiliki kemampuan mengajar dalam berbagai kasus

2. Uji praktek, yaitu uji keterampilan berkendara, utamanya pada teknik pengereman, kestabilan diatas motor, pengoperasian motor dan posisi berkendara yang baik dan benar dalam berbagai kondisi. (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *