Honda PCX Terbaru: Paten Honda PCX 150 Vtec Sudah Terdaftar…!!

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Hembusan gossip Honda PCX 150 Vtec semakin hari semakin kuat. Bahkan saat ini paten skutik semi-premium besutan pabrikan sayap mengepak itu kabarnya telah di daftarkan. (Viva, 26/8/2019).

Advertisement

Betul Om… Sejak rilis resminya di tanah air pada 13 Desember 2017 lalu, Honda PCX terbaru yang berdesain gambot ini telah mendapat sambutan yang cukup baik dari khalayak tanah air… Meskipun hingga Juni 2018, angka distribusinya belum mampu menandingi rivalnya, Yamaha Nmax.

Sedikit kilas balik, Honda PCX mengaspal di Indonesia sejak tahun 2009 dengan kapasitas mesin 125cc… Saat itu PCX di impor secara utuh (CBU) dari Thailand dan tetap mempertahankan mesin 125cc hingga tahun 2013.

Memasuki tahun 2014, basis produksi PCX berpindah ke Vietnam dan kapasitas mesinnya di naikkan menjadi 153cc.

Setahun kemudian, yaitu di tahun 2015, Yamaha menelurkan produk tandingan PCX yang berjudul Nmax.

Kehadiran Yamaha Nmax di Indonesia mendapat sambutan yang luar biasa… Bahkan hingga pertengahan tahun 2018 lalu, Nmax selalu menjadi model terlaris dari pabrikan berlambang garpu tala tersebut. Mengalahkan skutik-skutik lain yang sepabrik, yaitu Mio M3, Mio Z dan kawan-kawan…

Luar biasa Om… Asli luar biasa. Biasanya dari pabrikan lain kan kelas entry level-nya yang paling diminati konsumen. Ini Yamaha lain… Kelas semi-premium malah lebih laris ketimbang kelas entry levelnya.

Wajar Om… Patut pisan jika Nmax meraih banyak pisan peminat di pasar tanah air.

Apa sebabnya??

Sebab yang paling berpengaruh besar ialah karena harganya yang saat itu jauh lebih murah dibanding Honda PCX.

Kenapa bisa jauh lebih murah??

Jelas karena Nmax diproduksi secara lokal di pabrik Yamaha Indonesia, sementara Honda PCX masih didatangkan secara CBU dari Vietnam.

Melihat fakta pasar yang seperti itu, PT Astra Honda Motor (AHM) tentu tidak tinggal diam. Dua tahun setelah Yamaha melahirkan Nmax, AHM pun melokalkan produksi PCX 150 ke pabrik Honda di Indonesia.

Honda PCX mendapat sambutan yang cukup baik dari konsumen Indonesia, meski pun hingga enam bulan awal perjalanannya, dia masih belum mampu menandingi kedigdayaan Nmax dalam hal jumlah penjualan.

Advertisement

Iya Om… Sejak brojol di bulan Desember 2017, PCX masih tertinggal dari Nmax hingga Juni 2018…

Sayang pisan Om, sekarang data AISI tidak boleh lagi dipublikasi secara detail. Jadi kita tidak pernah tahu lagi bagaimana persaingan kedua rival tersebut (Nmax vs PCX) secara jumlah distribusi.

Balik lagi ke perkara isu All New PCX Vtec…

Seperti yang Om Bro sekalian tahu, diluaran sana ramai sekali berhembus kabar akan adanya New Honda PCX terbaru. Menariknya, kabar tersebut menduga bahwa Honda akan memberikan ubahan yang lumayan besar pada PCX, yaitu aplikasi teknologi pengkatupan yang bakal meningkatkan performa si motor.

Jadi rada seperti teknologi VVA pada beberapa model motor Yamaha tuh Om…

Betul Om… Meski usia produksi lokalnya belum genap dua tahun, namun berita versi baru PCX sudah santer pisan… Menariknya, menurut kabar yang banyak beredar, ubahan yang diusung oleh PCX versi baru bukanlah hanya polesan di bagian eksterior dan fitur semata, tapi lebih dari itu.

Yup… Konon mesin 150cc PCX bakal dilengkapi dengan teknologi yang selama ini sudah di aplikasikan pada mobil-mobil Honda, yaitu teknologi Variable Timing and Lift Electronic Control (Vtec).

Secara detail, Vtec adalah suatu fungsi untuk mengatur bukaan katup masuk dan buang sesuai dengan kebutuhan berkendara. Rincinya, Vtec akan mengatur durasi dan bukaan klep yang sesuai dengan pola berkendara…

Jadi jika Om Bro tengah berkendara secara santai, saat itu katup hanya akan terbuka sedikit. Sebaliknya jika Om Bro memacu motor dengan kecepatan tinggi, maka saat itu komputer dari sistem Vtec akan memberi bukaan katup secara lebih lebar. (Mtb – Honda PCX terbaru 2019 – Honda PCX terbaru 2020).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *