honda pcx electric 2019

Honda PCX Electric Indonesia Resmi Meluncur, Belum Dijual Tapi di Sewa-kan

Motorisblog.com – Om Bro…!! Setelah sebelumnya resmi meluncur di Jepang, kini Honda PCX Electric Indonesia pun resmi dirilis oleh AHM.

Menurut informasi yang Mtb ciduk dari situs resmi PT Astra Honda Motor (AHM) (31/1/2019), PCX Electric 2019 belum memasuki tahap penjualan umum. Yup… Pengenalannya kepada masyarakat dilakukan dengan strategi bisnis yang lain, yakni dengan metode sewa.

Penyewaan PCX Electric akan mulai dilakukan pada kwartal pertama tahun 2019 ini dibeberapa kota besar di Indonesia. Target awalnya ialah penyewaan secara terbatas kepada perusahaan-perusahaan tertentu dengan periode yang nantinya disepakati oleh kedua belah pihak.

Metode penyewaan disediakan dengan dua paket, yakni include maintenance (dengan perawaran) dan exclude maintenance (tanpa perawatan). Sedangkan untuk harga sewa-nya akan di set pada nominal maksimal Rp2 juta/bulan.

Maksud dari include maintenance ialah bahwa segala perawatan motor dilakukan oleh pihak AHM, sedangkan exclude maintenance ialah metode dimana urusan perawatan motor menjadi tanggungan pihak penyewa.

Dalam hal ketersediaan unit produk, PT AHM akan mengkondisikan dengan jumlah permintaan sewa yang diterima dari perusahaan atau pun instansi pemerintah yang nantinya bersedia menjalin kerjasama.

Dalam hal sewa include maintenance, perkara perawatan, AHM menjamin pemeliharaan fast moving, semisal penggantian karet rem, swap baterai, pelayanan aftersales, battery management (termasuk urusan limbah baterai), dan lain-lain.

Tawaran penyewaan akan dilakukan oleh AHM untuk kurun waktu lebih dari setahun (bisa 2-3 tahun). Tujuannya ialah agar mendapatkan respon valid dari pengguna untuk pengembangan ke depannya.

Iya Om… Adanya Honda PCX Electrik saat ini masih dalam tahap studi perihal kebiasaan pengguna (user habit). Cakupannya pun luas, termasuk mempelajari jarak tempuh rata-rata pengguna, kecepatan rata-rata, performa motor, hal-hal yang berhubungan dengan keamanan, kenyamanan, keselamatan, ketangguhan motor, mutu/kualitas motor, keiritan energi, dan lain-lain…

honda pcx electric indonesia 2019

So… Dengan rilisnya PCX Electric Indonesia 2019, maka Honda telah menjadi salah satu brand yang masuk dalam fase awal era motor listrik di Indonesia (setelah Viar Q1 dan sebelum Gesits).

Di Indonesia, PCX Electric telah pernah dipajang pada pameran Indonesia Motorcycle Show (IMoS), Oktober-November 2018 lalu.

Pihak Honda mengatakan bahwa mereka telah melakukan riset dan pengembangan motor listrik sejak 25 tahun lalu. Dan sekarang, demi menyokong program pemerintah tentang percepatan kendaraan listrik, maka PCX Electric pun segera meluncur.

Honda PCX Listrik alias PCX Electrik ialah perpaduan lengkap antara desain, fitur dan ketangguhan.

AHM memproduksi PCX Electric Indonesia secara lokal di pabrik Honda, Sunter, Jakarta Utara.

Om Bro…!! Seperti yang pernah Mtb singgung pada ertikel terdahulu, PCX Electric masih punya kelemahan dalam hal power. Namun secara torsi, dia justru lebih bedas dibanding versi mesin konvensionalnya. Torsinya optimal sejak rpm rendah, yang artinya punya kemampuan menanjak yang amat mumpuni.

Tenaganya disuplai olah 2 unit baterai lithium portable berkapasitas masing-masing 50,4V …yang oleh AHM dinamai ‘Honda Mobile Power Pack’. Daya jelajahnya dapat mencapai 69 km dengan kecepatan konstan 40 km/jam.

Kedua baterai tersebut dapat diisi ulang dengan dua metode, yakni off board charging (ganti banterai / swap baterai) dan on board charging (cas langsung ke konektor listrik).

Konstruksi motor listriknya berstruktur Interior Permanent Magnet (IPM), yang menjamin efisiensi energi namun menghasilkan performa optimal.

Akselerasinya diklaim lembut dengan output power maksimun 4,2 kW dan torsi maksimum 18 Nm/500 rpm.

Masing-masing baterai dapat diisi ulang dengan waktu charging selama 4 jam dengan metode off board (dilepas dari motor) dan 6 jam secara on board (langsung dicolok ke konektor listrik).

Suspensi belakang dibuat lebih panjang sehingga motor sangat minim getaran. Haluss Om… Sedangkan disektor keamanan, AHM telah membekali rem depan dengan Antilock Breaking Sistem (ABS).

Lampu-lampu telah full LED… Panel intrumen digital dengan informasi lengkap, mencakup speedometer, jam, sisa baterai, status charging, dan lain-lain.

Sistem kuncinya menggunakan Keyless. So… Om Bro hanya perlu mendekati motor tanpa harus mengeluarkan anak kunci dari saku pakaian.

Honda PCX Electric Indonesia hanya tersedia dalam satu warna saja, yakni Pearl Glare White.

Selanjutnya, PCX Electric 2019 akan didukung oleh layanan kebutuhan swap baterai, cantact center 7×24 jam, Honda Care (Emergency Road Assistance) dan Service Visit. (Mtb).

Makasih udah singgah... Jika bermanfaat, monggo di share ke sosmed Om Bro masing-masing...

Tinggalkan komentar