honda monkey 2019 kuning

Honda Monkey 2019 Harga, Spesifikasi dan Fitur

Advertisement

Motorisblog.com – Om Bro…!! Honda Monkey 2019 harganya tembus Rp65 juta. Padahal fisiknya kecil, mesinnya juga cuma 125cc… Pokoke jauh lah dibanding CBR250RR yang punya rentang harga sama. Tapi ko ya ada yang mau ya?? Apa bagusnya?? Apa istimewanya??

Advertisement

Begitulah kalau kita bicara perkara hobi Om… Hal yang bagi orang lain serasa tidak menarik, tapi bagi sebagian orang yang menyukainya, harga berapa pun tetap masuk akal. Seperti pula Honda Supercub C125… Kan gitu juga Om… Banderolnya mendekati Rp60 juta,, padahal hanya motor bebek 125cc.

Terus kenapa motor-motor hobi seperti Honda Monkey dan Supercub C125 banderolnya mahal?? Apakah sengaja di mahal-mahalin??

honda monkey 2019 hitam

Ngga juga Om… Judul utama yang membuat harga mereka menjadi mahal ialah karena mereka dijual secara impor utuh alias CBU. Makanya mahal. Tidak seperti produk-produk lain yang diproduksi di sini Om…

Yup… Honda Monkey Indonesia baru-baru ini meluncur di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan,, bersamaan dengan rilisnya Honda ADV 150 yang fenomenal secara pemberitaan media.

Namun selaiknya motor yang punya konsumen spesifik di kalangan pehobi plus status pemasarannya yang melalui jalur CBU, Honda Monkey punya banderol yang fantastis. Yaitu Rp65 juta (on the road (OTR) DKI Jakarta).

honda monkey 2019 merah

Bukan hanya banderolnya saja yang fantastis Om… Status inden Honda Monkey 125 pun bikin Mtb bergidik… Lama Om… Perkiraannya sampai 6 bulan. Jadi kalo Om Bro inden dari sekarang, estimasinya Om Bro baru akan terima unitnya di akhir tahun ini atau bahkan di awal tahun depan. (Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor – Viva, 19/7/2019).

Bisa gitu ya??

Iya Om… Karena yang namanya produk CBU, biasanya ada kuota tertentu untuk tiap negara tujuan. Belum lagi bicara perkara kapasitas produksi pabriknya, juga perkara regulasi impor di negara tujuan… Ditambah lagi Honda Monkey ini produk yang sangat segmented. Target pasarnya sebatas konsumen hobi saja,, otomatis pabrikan juga tidak memproduksinya dalam jumlah besar. Tidak seperti produk massal yang umum digunakan sehari-hari.

Indonesia sendiri kabarnya cuma kebagian “jatah” Honda Monkey di kisaran 50-100 unit tok doang. Maka wajar jika masa indennya mencapai enam bulan atau bahkan lebih.

honda monkey 2019 kuning

Spesifikasi Honda Monkey 2019

Tipe Mesin
. 4-langkah SOHC berpendingin udara 125cc

Sistem Suplai Bahan Bakar
. PGM-FI (Programmed Fuel Injection System)

Diameter × Langkah
. 52,4 × 57,9 mm

Tipe Transmisi
. Manual 4-percepatan

Rasio Kompresi
. 9,3:1

Daya Maksimum
. 6,9 kW/7.000 rpm

Torsi Maksimum
. 11 Nm/5.250 rpm

Starter
. Elektrik

Tipe Kopling
. Basah, multiple clutch

Tipe Rangka
. Backbone, steel

Suspensi Depan
. Showa 31 mm inverted telescopic fork

Suspensi Belakang
. Showa, twin shock

Ukuran Ban
. Depan 120/80-12 65J
. Belakang 130/80-12 69J

Rem Depan
. Hydraulic single 220 mm disc, ABS

Rem Belakang
. Hydraulic single 190 mm disc

Sistem Rem
. ABS single channel

Dimensi
. Panjang 171 cm
. Lebar 75,5 cm
. Tinggi 102,9 cm

Tinggi Tempat Duduk
. 77,6 cm

Jarak Sumbu Roda
. 115,5 cm

Jarak Terendah ke Tanah
. 16 cm

Advertisement

Berat Kendaraan (Curb Weight)
. 107 cm

Kapasitas Tangki Bahan Bakar
. 5,6 liter

Kapasitas Oli Mesin
. 0,9 liter pada penggantian periodik

Sistem Pengapian
. Full transistorized, baterai

Busi
. NGK CPR6EA-9
. DENSO U20EPR9

Lampu Depan
. Hi 10,1W ×1 LED
. Low 5,1W ×1 LED

Pilihan Warna
. Banana Yellow
. Pearl Nebula Red
. Pearl Shining Black

Fitur Honda Monkey 2019

. Digital panel meter
. Anti-theft alarm
. Answer back system
. Rounded LED headlamp
. Inverted front suspension
. Double disc brake
. ABS with intertial measurement unit
. 12 inch tire
. SOHC 125cc PGM-FI
. Double RR suspension
. LED stoplamp

Honda Monkey telah terlahir ke dunia persilatan otomotif sejak 58 tahun lalu. Jauh lebih tua dari usia Mtb Om… Juga dari usia Om Bro juga mungkin…

Konon sepanjang perjalanan hidupnya hingga kini, Honda Monkey tetap mempertahankan desain dari generasi pertamanya,, menjadi sebuah motor dengan ukuran bodi compact yang khas serta memiliki lekuk simple.

Meski desainnya simple dan berbadan kecil, Honda Monkey versi 2019 telah dijejali dengan berbagai fitur kekinian. Diantaranya panelmeter bulat yang sudah full LED dengan kelengkapan indikator speedometer, odometer, tripmeter, indikator bahan bakar dan lampu-lampu yang juga telah full LED.

Tangki bahan bakarnya dibuat memiliki permukaan glossy. Pada sisi samping tangki terdapat logo 3D Old Wing yang memperkuat aura legendarisnya. Kapasitas tangkinya sendiri muat sebanyak 5,6 liter bensin.

Detail pewarnaannya dibuat senada antara sebagian tangki, swing arm dan shock belakang. Sementara untuk spakbor, cover knalpot dan spion bulatnya diberi balutan warna chrome.

Pemosisian stang dibuat tinggi demi kenyamanan pengendara… Mesin yang digunakannya berjenis SOHC silinder tunggal 125cc 4-speed berpendingin udara dengan diameter dan langkah piston sepanjang 52,4 × 57,9 mm. Spek tersebut diberi rasio kompresi 9,3:1 dan sistem pengabutan injeksi sehingga menghasilkan power maksimum sebesar 6,9 kW/7.000 rpm dengan torsi puncak berada pada angka 11 Nm/5.250 rpm.

Rangka yang digunakan telah melalui proses penyempurnaan dan penyeimbangan antara kekerasan dan fleksibelitas. Dengan rangka tersebut, Honda Monkey di klaim nyaman untuk berbagai kondisi jalan.

Honda Monkey punya wheelbase sepanjang 115,5 cm. Bobot motornya cukup ringan, hanya 107 kg saja,, sementara ketinggian joknya ialah setinggi 77,6 cm.

Suspensi depannya berjenis inverted telescopic dengan warna senada shock belakang. Remnya cakram depan-belakang dengan diameter piringan masing-masing 220 mm (depan) dan 190 mm (belakang),, plus ABS single channel. Sistem ABS-nya sendiri dilengkapi dengan fitur inertial measurement unit (IMU). Fungsinya untuk mencegah ban belakang mengangkat ketika Om Bro melakukan pengereman secara mendadak.

Diameter rodanya sebesar 12 inch,, tampak bannya gambot dengan, yaitu 120/80 di depan dan 130/80 di belakang.

Honda Monkey disajikan dalam tiga pilihan warna, yaitu Banana Yellow, Pearl Nebula Red dan Pearl Shining Black. Ketiganya di set pada harga Rp65 juta dengan status on the road (OTR) DKI Jakarta. (Mtb).

Advertisement

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *